Ulang Tahun OLX Ke 10, Terasa Manis Dengan Beberapa Pencapaian Gemilang

Ulang Tahun OLX Ke 10, Terasa Manis Dengan Beberapa Pencapaian Gemilang

ulang tahun OLX ke 10
Image dari Sidomi.com

Usia 10 tahun memang bukan waktu yang sebentar bagi sebuah perushaan untuk tumbuh dan berkembang. Tepatnya hari Selasa 26 Januari kemarin, platform #ecommerce OLX tepat menginjak usia ke sepuluh tahun. Dalam perjalanan selama sepuluh tahun tersebut tentu banyak terjadi berbagai perubahan. Baik secara intern OLX sendiri maupun perubahan secara keseluruhan di ranah ecommerce tanah air.

Selama sepuluh tahun perjalanan bisnisnya, OLX adalah perusahaan yang jarang bahkan tidak pernah membeberkan prestasi atau pencapaian yang berhasil mereka raih. Namun sedikit berbeda dengan perayaan ulang tahun OLX ke sepuluh kemarin, bertempat di Kawasan Bisnis Terpadu Sudirman, Jakarta, OLX Indonesia memaparkan perjalanannya yang diawali oleh Daniel Tumiwa selaku CEO OLX Indonesia.

Pencapaian Transaksi yang Diraih Oleh OLX Indonesia

Daniel Tumiwa mengawali pemaparannya dengan menyatakan bahwa memang selama ini OLX hanya berfokus pada pengguna dan konsumen. Daniel kemudian melanjutkan bahwa kehadiran OLX di Indonesia bertujuan untuk menciptakan kondisi dan keadaan yang lebih baik serta bisa menciptakan peluang-peluang baru yang bisa memperbaiki kehidupan para penggunanya.

Terkait dengan transaksi yang bisa dicapai oleh OLX, Daniel kemudian menjelaskan secara global bahwa Desember tahun lalu OLX mampu mencapai sekitar 1,4 juta transaksi dengan nilai transaksi mencapai Rp 16 trilliun rupiah. Dalam setiap transaksi yang terjadi di OLX tidak dipungut biaya sepeser pun. Pada bulan tersebut sekaligus menjadi bulan yang sangat gemilang bagi OLX karena mampu mencetak rekor transaksi terbesarnya.

“Desember 2015 OLX Indonesia menangani 1,4 juta transaksi, senilai Rp 16 Triliun, dengan biaya Rp 0. Selama sepuluh tahun ini kami tak pernah mengutip satu rupiah pun baik dari pembeli maupun penjual,” jelas pria yang sekaligus adalah ketua umum idEA tersebut.

Artikel lain: 5 Situs E-Commerce Yang Sedang Mendominasi Market Online Indonesia

Daniel Tumiwa menjelaskan bahwa ada 260 juta pengguna aktif setiap bulan di OLX. Tak hanya itu saja, bahkan aplikasi yang digunakan oleh OLX diklaim sebagai #aplikasi terbaik di Google Playstore di 27 negara. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa di Indonesia, menurut Daniel sendiri khusus di Indonesia transaksi yang terjadi di OLX mengalami peningkatan yang signifikan.

Pertumbuhan OLX Indonesia Secara Terperinci

Pemaparan tentang pencapaian OLX dari Daniel Tumiwa tersebut kemudian dilanjutkan secara lebih terperinci oleh Edward Killian, CMO OLX Indonesia. Pria yang akrab disapa Kiki tersebut menjelaskan bahwa di OLX Indonesia kunjungan tiap bulannya mencapai 3 miliar. Angka tersebut mengalami pertumbuhan 7 kali lipat dari pada kunjungan di OLX dua tahun terakhir. Dari segi engagement, rata-rata dalam setiap kunjungan berlangsung selama kurang lebih 10 menit.

Kiki kemudian menambahkan bahwa 90 persen dari kunjungan ke OLX berlangsung melalui perangkat mobile. Untuk sistem operasi, 65 persen dari kunjungan ke OLX dilakukan melalui perangkat #Android. Untuk iklan, Kiki menuturkan setiap harinya ada 100 iklan baru yang terdaftar di OLX. Dalam satu bulan iklan di OLX bisa mencapau lebih dari 4 juta iklan baru yang bermunculan. Masih menurut Adward Killian, yang unik dari iklan-iklan tersebut adalah, 6 dari 10 iklan di OLX Indonesia dibuat dari Android.

Baca juga: Tiga Tantangan Besar Dalam Perkembangan Bisnis Ecommerce Indonesia

Fitur Baru Melengkapi Ulang Tahun OLX Ke 10

Dalam usianya yang sudah sepuluh tahun, OLX terus melakukan pembaruan untuk memberikan kepuasan lebih kepada para penggunanya. Ada beberapa fitur baru yang ditambahkan untuk memanjakan pengguna, tampilan pun juga diubah menjadi lebih mudah dan menarik.

Kelengkapan dalam komunikasi juga diperhitungkan dengan tambahan fitur chatting untuk diskusi. Selain fitur untuk memudahkan pengguna dan pembeli, OLX juga menambahkan fitur untuk berpromosi seperti label istimewa, kuning, sundul dan top listing.

Untuk fitur sundul akan membuat iklan penjual otomatis kembali ke nomor satu, sedangkan top listing adalah iklan yang dimiliki penjual berada di posisi atas. Perbedaan sundul dan top listing ini adalah terletak pada pembayaran, jika sundul per satu event Rp 5.000 per sekali waktu, sedangkan top listing per sequence selama tujuh hari. Selain itu OLX juga melengkapi sistem pembayaran dengan penggunaan #kartu kredit.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan