Tiga Tantangan Besar Dalam Perkembangan Bisnis Ecommerce Indonesia

Image dari e27.co

Image dari e27.co

Perkembangan bisnis #ecommerce di Indonesia bisa dikatakan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Beberapa tahun terakhir seperti menjadi trend di masyarakat bahwa bisnis online menjadi sebuah pilihan dalam berbisnis. Pelaku bisnis ecommerce pun juga semakin mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Mereka melihat potensi pasar yang ada di Indonesia yang sangat menggoda kemudian berlomba-lomba untuk melakukan sebuah ekspansi.

Meski banyak pengamat dan pakar menyebut bahwa ranah ecommerce di Indonesia akan semakin berkembang di masa depan, namun hambatan dan tantangan di dalamnya tentu harus mendapatkan porsi perhatian yang lebih. Setidaknya ada tiga tantangan besar menurut Aulia E Marinto, Dewan Pengawas Asosiasi ecommerce Indonesia (idEA) yang harus di hadapi.

1. Alat Pembayaran Bukan Dari Rekening Bank

Sejauh ini, alat pembayaran dalam setiap transaksi ecommerce masih menjadi masalah yang menjadi hambatan besar dalam perkembangan bisnis ecommerce. Ini dikarenakan kebanyakan sarana yang disediakan dari ecommerce mewajibkan konsumen untuk memiliki rekening bank, kartu kredit, ATM, mobile banking atau yang lainnya.

Masalahnya terletak pada kondisi masyarakat di Indonesia sendiri secara keseluruhan. Masih banyak warga masyarakat di Indonesia belum mempunyai rekening bank. Nah, ke depan akan lebih baik jika disediakan lebih banyak pilihan metode pembayaran untuk melakukan transaksi belanja secara online.

Artikel lain: 5 Pelajaran Penting Dari Raksasa Ecommerce China Alibaba

2. Koneksi Internet yang Lambat

Tantangan selanjutnya yang harus segera mendapatkan solusi adalah koneksi internet yang lambat. Sudah jamak diketahui bersama bahwa #internet di Indonesia ini terbilang sangat lambat jika dibanding dengan negara lain. Selain cukup lambat, biaya untuk mendapatkan jaringan juga sangat mahal sekali. Ketersediaan koneksi internet jelas mutlak diperlukan untuk mendukung perkembangan bisnis ecommerce di Indonesia.

Terutama untuk pemerataan di daerah-daerah yang selama ini tidak memiliki jaringan internet. Jika keadaan ini bisa segera diperbaiki, tentu saja perkembangan bisnis ecommerce di tanah air akan semakin cepat dalam perkembangannya, dan pemerataan pertumbuhan ekonomi tentunya juga akan bisa tercapai.

“Ketersediaan internet diperlukan agar mendukung pemerataan bisnis ecommerce di seluruh Indonesia,” tutup Marine Novita, Tim Humas idEA sekaligus General Marketing Property OLX Indonesia.

3. Standarisasi Logistik Pengiriman Dalam Bisnis Ecommerce

Selain pada metode dalam melakukan pembayaran pada setiap transaksi, tantangan besar yang lain yang mesti dihadapi adalah pada masalah logistik. Selama ini, belum ada standar logistik yang mencakup pada waktu pengiriman dan harga pengiriman barang. Kenapa harus ada standarisasi pada hal ini, seperti kita ketahui bersama bahwa banyak masalah terjadi pada hal ini.

Banyak sekali konsumen dirugikan karena berbagai masalah terkait pengiriman barang dari ecommerce Indonesia. Seperti keterlambatan pengiriman, barang yang dikirim mengalami kerusakan bahkan sampai ada barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan. Nah, keadaan seperti ini seharusnya tidak boleh terjadi lagi untuk ke depannya.




Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan Pemerintah Guna Mendukung Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Pentingnya Peran Pemerintah 

Jika melihat ketiga tantangan di atas, kiranya peran besar dari pemerintah sangat diperlukan. Pemerintah diharapkan bisa lebih pro aktif dalam memperhatikan bisnis ecommerce di Indonesia sebagai salah satu alternatif bisnis yang sangat strategis untuk meningkatkan taraf hidup rakyat Indonesia. Setidaknya pemerintah mampu memberikan regulasi yang bisa mewadahi kepentingan para pebisnis ecommerce dan juga bisa memberikan perlindungan kepada konsumen.

Lebih dari itu, dalam meningkatkan ketersediaan fasilitas kebutuhan dasar untuk mendukung perkembangan ecommerce pemerintah juga harus lebih intens. Seperti menyediakan koneksi internet cepat di berbagai daerah dan menyediakan internet murah untuk warganya. Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini koneksi internet belum bisa dinikmati seluruh rakyat Indonesia, terutama di daerah pelosok dan pegunungan.

Semoga saja ke depan bisa terjadi keseimbangan antara perkembangan pada bisnis ecommerce di Indonesia dengan peran aktif dari Pemerintah Indonesia. Sehingga kemajuan bisnis ecommerce tidak hanya dinikmati oleh beberapa orang saja, namun seluruh warga bisa turut serta di dalamnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud