Ulang Tahun Ke 16, Mega Forum Kaskus Hadirkan Fitur Baru

Image dari Kaskus.co.id

Image dari Kaskus.co.id

Siapa yang tidak kenal dengan Kaskus, #komunitas online terbesar di Indonesia. Didirikan oleh Andrew Darwis pada 6 November 1999 silam, kini Kaskus sudah memiliki lebih dari 20.000 komunitas, 400 forum dan lebih dari 2 juta orang penjual aktif di dalamnya. Dengan usia yang menginjak ke 16 ini, Kaskus terus melakukan penyempurnaan untuk melayani dan memudahkan para anggotanya.

Salah satu forum yang paling ramai dijadikan tongkrongan di Kaskus adalah forum jual beli. Nah, pada usianya yang ke enam belas tahun ini tampaknya #Kaskus segera menghadirkan fitur baru untuk mendukung dan semakin memudahkan Kaskuser dalam beraktifitas dalam forum jual beli. Lalu apa saja fitur yang akan segera hadir di Kaskus, berikut liputannya.

Fitur Baru Kaskus Memudahkan Forum Jual Beli

Kaskus secara resmi akan memperkenalkan beberapa fitur baru yang nantinya akan memudahkan para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi mereka. Setidaknya ada enam fitur baru dalam forum jual beli Kaskus yang bakal memudahkan pengguna Kaskus, yaitu Verified Seller (VSL), BranKas, Merchant Dashboard, Shipping, Feedback dan Resolution Center. Fitur-fitur tersebut dimhadirkan untuk semakin memudahkan baik penjual ataupun pembeli yang aktif di Kaskus.

Seperti halnya fitur Verified Seller (VSL), jika selama ini informasi dari penjual hanya didasarkan dari rekomendasi dari pengguna Kaskus saja, namun dengan VSL kini pembeli bisa melihat status yang diberikan Kaskus untuk penjual tersebut. Verified Seller yang diberikan oleh Kaskus ini tentunya harus sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan oleh Kaskus. Untuk mendapatkan VSL, penjual harus memberikan data diri secara lengkap dan bisa dipertanggungjawabkan, seperti nomor rekening BCA yang terdaftar, tanda pengenal, NPWP dan juga alamat email.

Artikel lain: Andrew Darwis ~ Pemilik Situs Forum Terbesar di Indonesia, Kaskus.co.id

“Selama ini reputasi penjual di Kaskus masih menggunakan sistem secara viral saja (recommended seller) dengan adanya verified seller menjadi bukti nyata bahwa penjual memliki entitas dan bisa di percaya oleh pembeli,” jelas Vice President Head of Product Strategy & Management Kaskus Networks Ardy Alam.

Kemudian fitur BranKas, fitur ini memiliki fungsi sebagai jembatan dalam proses pembayaran antara seller dan buyer yang melakukan transaksi di Jual Beli. Fitur ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman pada penjual dan pembeli dalam bertransaksi. Dalam setiap transaksi melalui rekber BranKas ini akan dikenakan biaya sebesar Rp. 1.650 yang akan dibebankan pada penjual.

Semua transaksi di Kaskus nantinya juga akan bisa dimonitor secara real time melalui Merchant Dashboard yang bisa diakses oleh pembeli dan penjual. Selain fitur itu, para pengguna Kaskus juga bisa menyampaikan keluhan jika misalnya barang yang ia beli tak kunjung diterima melalui fitur Feedback juga Resolution Center.

Bukan itu saja, untuk semakin memudahkan transaksi dan memudahkan pilihan penjual dan pembeli, Kaskus juga meluncurkan #aplikasi mobile khusus untuk Jual Beli. Aplikasi ini masih dalam versi beta, namun sudah bisa diunduh melalui iOS dan Android.

Baca juga: Perkembangan Kaskus, Startup Forum Khas Generasi Muda Indonesia




Luncurkan Gerakan Sosial “MAR16ERAK”

Tidak hanya bakal menyuguhkan fitur-fitur baru, Kaskus juga akan meluncurkan sebuah gerakan sosial yang bernama “MAR16ERAK”. Melalui gerakan sosial MARI6ERAK ini Kaskus mengajak para member Kaskus untuk mengumpulkan donasi berupa masker N95, oksigen, dan obat-obatan yang berhubungan dengan ISPA. Semua donasi ini nantinya akan disalurkan ke 7 kota di Indonesia yang terdampak bencana kabut asap di Indonesia. Gerakan ini ditujukan untuk mengajak para Kaskuser berperan aktif dalam tindakan nyata memberikan bantuan kepada korban asap di berbagai daerah di Indonesia.

Gebrakan ini menjadi satu perubahan yang signifikan dalam perjalanan Kaskus setelah perjalanannya selama enam belas tahun sampai saat ini. Gerakan sosial yang digagas ini semakin menegaskan bahwa Kaskus merupakan social commerce platform yang ada di Indonesia.

“Mungkin ini adalah salah satu perubahan besar yang ada di Kaskus setelah enam belas tahun berdiri. Selain fitur baru di forum jual beli, lewat gerakan sosial ini Kaskus ingin menegaskan diri sebagai social commerce platform yang ada di Indonesia,” ucap Ronny W. Sugiadha, Chief Marketing Officer Kaskus.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud