Perkembangan Kaskus, Startup Forum Khas Generasi Muda Indonesia

Kaskus-Rekam-Jejak-Startup-Forum

Mayoritas pengguna #internet di Indonesia berasal dari kalangan usia muda dan produktif. Kalangan generasi muda tersebut biasanya menggunakan internet sebagai sarana untuk memperoleh informasi, berita terkini maupun sebagai media komunikasi antar generasi muda. Tak heran bila hal tersebut menjadi latar belakang munculnya beragam startup khusus untuk mewadahi kebutuhan komunikasi generasi muda. Salah satu startup Indonesia yang sukses mewadahi komunikasi dan kegiatan berbagi informasi di Indonesia adalah Kaskus.

Lahir dan berkembang menjadi sebuah media berbentuk forum, Kaskus perlahan juga menjadi media jual beli yang amat potensial saat ini. Nah buat rekan-rekan utamanya para agan-aganwati kaskuser tentunya sudah tahu bahkan Kaskus baru saja merayakan ulang tahunnya ke 15 dan Maxmanroe akan sedikit membahas mengenai perkembangan Kaskus hingga saat ini.

Kaskus di Masa Kini

Kaskus saat ini telah menjelma menjadi forum online terbesar di Indonesia. Hingga akhir tahun 2014 ini Kaskus berhasil memfasilitasi berbagai forum diskusi, forum jual beli, forum lelang dan memuat beragam informasi seru khas anak muda Indonesia. Jumlah anggota aktif Kaskus sudah menginjak angka 6.3 juta pengguna bahkan lebih.

Artikel lain: Andrew Darwis ~ Founder Forum Terbesar di Indonesia, Kaskus.co.id

Dengan 150 forum dan sub forum, 400 komunitas dan 500.000 penjual di forum jual beli, Kaskus bisa mencetak hingga 3.500 posting setiap detik. Sungguh suatu angka yang mencengangkan dan menjadi prestasi tersendiri bagi bidang startup teknologi di Indonesia.

Pada tanggal 6 November 2014 yang lalu, Kaskus merayakan 15 tahun perjalanan karir sebagai salah satu startup teknologi Indonesia.Ya, startup kecil-kecilan yang dirilis pada tahun 1999 tersebut akhirnya mulai menggurita dan menjadi salah satu raksasa teknologi di Indonesia. Lalu apa saja inovasi yang dilakukan Kaskus setelah menginjak usia 15 tahun?




Perayaan Ulang Tahun Bersama Semua Kaskusers

Di momen ulang tahunnya yang ke 15, Kaskus meluncurkan sub domain sebagai bentuk perayaan bersama seluruh anggota Kaskuser se-Indonesia. Sub domain tersebut digunakan untuk lomba adu harga dan tebak harga. Pada lomba adu harga, tim Kaskus telah menyiapkan berbagai produk yang dilepas dengan sistem lelang untuk seluruh Kaskuser. Sedangkan untuk lomba tebak harga, Kaskuser dapat mencoba menebak harga yang sudah ditetapkan tim Kaskus setelah melihat 3 petunjuk harga yang diberikan. Pemenang lomba adu harga dan tebak harga berhak membawa pulang hadiah dengan membayar sejumlah uang yang sudah diajukan dalam lomba tersebut.

Selama 15 hari terhitung sejak tanggal 6 November, akan ada 15 produk yang diajukan di lomba tebak harga dan 15 produk pada lomba adu harga. Ketiga puluh produk tersebut terdiri dari berbagai gadget, sepeda motor, tas eksklusif, laptop dan produk keren lainnya.

Beragam Fitur Baru di Playground Kaskus

Selain merayakan ulang tahunnya melalui berbagai lomba dengan hadiah menarik, Kaskus juga meluncurkan beberapa fitur terbaru di playground Kaskus. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah Infokost (layanan direktori untuk membantu pencarian tempat kost), Kaskus Radio dan Groupee. Selain ketiga fitur baru tersebut, Kaskus juga menyertakan fitur adu harga dan tebak harga pada playground Kaskus.

Jika berbagai fitur baru tersebut mendapatkan respon yang positif dari para Kaskuser, maka Kaskus akan berupaya memperbaiki dan melengkapi fitur-fitur tersebut agar semakin bermanfaat bagi seluruh Kaskuser.

Sejarah Kaskus akan Difilmkan!

Kisah pendirian Kaskus oleh 2 orang sahabat, Ken Lawadinata dan Andrew Darwis rupanya sangat menarik dan inspiratif untuk disimak. Hal ini pula yang mendorong 700 Picture untuk membuat film mengenai Kaskus menjadi salah satu proyek film terbarunya. Film tentang perjalanan Kaskus tersebut rencananya akan mulai digarap pada Maret 2015. Naya Anindita merupakan sosok host lulusan Curtin Universityyang akan menyutradarai film Kaskus tersebut.

Film yang menceritakan tentang proses pendirian Kaskus tersebut akan mengambil setting di Jakarta dan Seattle (Amerika Serikat). Segmentasi film ini ditujukan untuk menginspirasi seluruh generasi muda Indonesia dengan memanfaatkan internet sebagai salah satu sumber daya teknologi dan komunikasi.

Baca juga: Enda Nasution ~ Bapak Blogger Indonesia

Ternyata sangat menyenangkan sekali ya mengintip sejarah dibalik pembuatan Kaskus yang kini telah menjadi salah satu startup teknologi terbesar di Indonesia. Segala sesuatu yang besar tentu diawali dari hal yang sederhana. Dengan dedikasi dan keinginan yang luar biasa untk terus belajar, maka bukan mustahil kita dapat meraih kesuksesan yang tadinya hanya sekedar jadi impian. Belajarlah dari perjalanan panjang Kaskus, dan jadilah generasi muda yang lebih produktif dan berkualitas.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Selamat ulang tahun kaskus yang yang ke 15, jujur saya pelaku bisnis online yang baru belajar dan memakai kaskus sebagai media berjualan online dan alhasil banyak pembeli saya datangnya dari kaskus, thanks FJB kaskus.

    Salam…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud