Format dan Ukuran Video Terbaik untuk Upload ke YouTube

Ukuran Video Terbaik untuk Upload ke YouTube

Ukuran Video Terbaik untuk Upload ke YouTube – Memang, ada beragam motivasi masing-masing orang ketika mereka mengupload video ke YouTube. Mulai dari keinginan untuk bersenang-senang, kegiatan promosi produk, promosi bisnis, branding, bahkan keinginan untuk menghasilkan uang dari iklan di video mereka.

Apapun tujuan kita mengupload video ke YouTube, salah satu hal terpenting yang tidak boleh dilupakan adalah memperhatikan kualitas video itu sendiri.

Kualitas video yang kita upload ke YouTube sangat dipengaruhi oleh format dan ukuran video yang kita buat. Sebenarnya ada beberapa format dan ukuran video yang bisa kita buat, namun bila kita ingin mengupload video tersebut ke YouTube maka kita harus mengetahui dan menerapkan ukuran video terbaik untuk video yang akan kita unggah.

Lalu, bagaimana format dan ukuran video terbaik untuk diupload ke YouTube? Berikut ini ulasan singkatnya:

Rekomendasi Format dan Ukuran Video Terbaik untuk Youtube

Kalau kita perhatikan, kebanyakan video yang ada di internet saat ini dibuat dengan format MP4, MP3, MKV, dan 3GP. Sayangnya, tidak semua format video tersebut bisa diupload ke YouTube karena tidak support. Jika kita mencoba untuk upload video yang tidak support untuk YouTube, maka akan ada notifikasi bahwa format file tersebut tidak valid.




Artikel lain: Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Format Video Terbaik untuk YouTube

Berdasarkan keterangan dari Google, ada 9 format video yang didukung oleh YouTube saat ini. Diantaranya adalah:

  • .MOV
  • .MPEG4
  • .MP4
  • .AVI
  • .WMV
  • .MPEGPS
  • .FLV
  • 3GPP
  • .WebM

Dari kesembilan format video tersebut, format video yang direkomendasikan adalah MP4 dan Mpeg4.

Bila video Anda dibuat dalam format lain, maka sangat disarankan untuk mengubahkan ke format yang telah disebutkan di atas. Ada beberapa software gratis dan berbayar untuk mengedit format video Anda, misalnya Windows Movie Maker, Filmora, Corel Video Studio, dan lain-lain.

Ukuran Video Terbaik untuk Youtube

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ukuran video sangat berpengaruh pada kualitas tampilan video tersebut di YouTube. Jika ukuran video Anda cukup besar, maka kualitas tampilan di sisi penonton akan terlihat bagus.

Sebagai informasi, saat ini YouTube menggunakan aspek rasio 16:9. Jika Anda menginginkan hasil terbaik pada video yang diupload, maka Anda harus upload video dengan resolusi 16:9.

Ukuran video terbaik tersebut diantaranya:

  • 240pixel: 426×240 (16:9)
  • 360pixel: 640×360 (16:9)
  • 480pixel: 854×480 (16:9)
  • 720pixel: 1280×720 (16:9)
  • 1080pixel: 1920×1080 (16:9)
  • 1440pixel (2k): 2560×1440 (16:9)
  • 2160pixel (4k): 3840 x 2160 (16:9)

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa harus menggunakan ukuran video Youtube seperti yang disarankan di atas? Jika kita mengupload video dengan resolusi yang berbeda, maka tampilan video tersebut di YouTube tidak akan full dan kurang menarik.




Jadi, jika ingin tampilan video Anda terlihat sempurna di YouTube, pastikan Anda membuat video dengan ukuran yang sesuai.

Baca juga: Cara Download Video YouTube Tanpa Software

Tingkatkan Kualitas Video untuk Youtube

Ada aspek pendukung lain yang bisa kita lakukan bila ingin meningkatkan kualitas video yang akan diupload ke YouTube. Khusus bagi Anda yang menyukai video dengan resolusi tinggi, silahkan baca artikel mengenai Recommended Encode Settings dari Google berikut:

  • Pilih resolusi dengan kualitas High Definition (HD), minimal 1080pixel
  • Pengaturan Audio Codec: AAC-LC (Channels: Stereo or Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz)
  • Pengaturan Video Codec: H264
  • Gunakan Frame Rates sesuai dengan video asli, agar hasilnya tidak rusak
  • Simpan file video dengan format yang direkomendasikan (lihat di atas)

Demikianlah ulasan singkat mengenai format dan ukuran video terbaik untuk upload ke YouTube yang bisa kita terapkan. Jika ada informasi tambahan lainnya terkait topik ini, mohon berbagi di kolom komentar



5 total comments on this postSubmit yours
  1. Nah, ini merupakan info paling digemari oleh para youtuber. Selain dapat bertambah ilmu sisi upload juga sudah mendapatkan sedikit wawasan terkait dengan ukuran video yang perlu di unggah/ upload.

  2. Wah, informasi sangat ditunggu untuk saya sebagai pemula yang suka main youtube. Sejauh ini bisa dibilang sesuai dengan penjelasan diatas. Artinya salah satu dari semua ukuran serta format saya gunakan om. Semoga channel saya juga berjalan lancar ya om..

  3. Halo mas,

    mau tanya soal resolusi video nih. Saya kan suka buat tutorial lewat laptop nah ukuran resolusi layarny kan 1366×768, nah itu kalau diupload ke youtube otomatis jadi 720p atau gimana mas? pas saat editing juga suka bingung gak ada ukuran yg pas

    makasih

  4. berarti yang saya lakukan ini sudah hampir benar. Terimakasih infonya gan :)

  5. Wah membantu sekali artikelnya, saya juga lagi coba-coba main Youtube. Tapi masih butuh banyak pelajaran lagi :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud