UberMotor ~ Layanan Ojek Online versi Uber, Seperti Apakah Wujudnya?

UberMotor

Image dari Kompas.com

Setelah me-review beberapa jenis ojek online di situs ini. mulai kehadiran Gojek, Grab Bike, Ojek Syar’i, LadyJek hingga TopJek. Saya kira bisnis layanan ojek online ini tidak akan lagi muncul nama baru dalam waktu dekat. Sebab bisnis transportasi daring ini masih banyak menuai kontroversi (pro dan kontra). Dari penolakan beberapa golongan hingga masih mengambangnya penerimaan pemerintah terhadap bisnis transportasi berbasis #aplikasi ini.

Namun ternyata prediksi saya salah besar. Bisnis ojek online ternyata masih diminati banyak pihak. Hal ini terbukti saat perusahaan rintisan digital (startup) asal California, Amerika yaitu Uber meluncurkan jasa terbarunya yaitu UberMotor pada Rabu, (13/4/2016) kemarin. Lalu seperti apa layanan terbaru UberMotor dari Uber ini sendiri? berikut ulasannya.

Wujud Layanan UberMotor

UberMotor sendiri merupakan layanan transportasi online berbasis aplikasi dari Uber yang berwujud kendaraan roda dua (sepeda motor), atau biasa lebih dikenal dengan ojek. Dengan kehadiran UberMotor ini maka makin memeriahkan bisnis ojek online di Indonesia. Di masa awal perilisan ini sendiri, layanan UberMotor baru menyediakan jasanya di kota Jakarta.

Menurut pihak Uber sendiri kehadiran UberMotor diharapkan bisa menjadi solusi untuk menghemat waktu dan uang melalui aplikasi Uber. Sementara dalam halaman blog-nya, Uber menyatakan bahwa pihaknya sangat gembira dan antusias dengan peluncuran UberMotor. Pasalnya dengan UberMotor maka pelayanan ini akan membuat siapapun yang menggunakannya akan dimudahkan dari pemesanan maupun untuk menembus kemacetan kota besar.

Artikel lain: UberChopper ~ Layanan Pesan Helikopter Gratis Terbaru dari Uber

Meluncur di Jakarta, UberMotor Tawarkan 2 Cara Pembayaran

Dalam pelayanannya ini Uber Motor menawarkan dua pilihan pembayaran yaitu secara tunai dan dengan kartu kredit. Ya, pembayaran dengan kartu kredit dalam ojek online ini memang tergolong baru dan ditawarkan Uber setelah dikonfirmasi oleh Uber dalam postingan di blog resminya. Jadi di akhir tujuan setelah diantar dengan UberMotor maka Anda dapat membayar dengan uang tunai atau dengan kartu kredit. Setelah proses pembayaran sendiri pihak Uber akan mengirimkan tanda terima pembayaran elektronik kepada pengguna.

Pilihan pembayaran dengan kartu kredit ini memang tergolong baru dalam layanan ojek online. Pasalnya beberapa pesaing besarnya seperti GoJek dan GrabBike masih belum memilikinya. Grab pada awal Februari kemarin memang diketahui telah mempunyai GrabPay dimana hal ini bisa digunakan untuk pembayaran melalui data kartu kredit (Visa/Mastercard).

Tapi ternyata diketahui bahwa GrabPay ini masih baru bisa digunakan untuk melakukan pembayaran layanan rental mobilnya, yaitu GrabCar. Sedangkan GoJek sendiri masih memiliki dua jenis pembayaran tunai dan kredit yang bisa di-top up melalui rekening.

Sudah Resmi, Tapi UberMotor Belum Beredar di Jalanan Jakarta

Walaupun pihak Uber telah menyatakan bahwa UberMotor telah diluncurkan di Jakarta pada Rabu (13/4/2016), tapi keberadaan armada motor Uber masih belum terlihat di aplikasi. Dalam pemberitahuannya sendiri pihak Uber menyatakan bahwa menu Ojek Motor pun sudah dimunculkan dalam aplikasi. Tapi saat dicoba ternyata armada Uber Motor di layar aplikasi Uber, seperti layanan rental mobilnya.

Pada aplikasi tersebut tertulis “No Motors Avaliable”. Dan ketika akan melakukan pemesanan, aplikasi juga cuma menampilkan informasi “Requesting” serta tidak ada satu pun yang menerima order selama lebih dari lima menit. Selain tak hanya tak terlihat di aplikasi, layanan UberMotor juga tak terlihat di jalanan ibu kota Jakarta. Hal ini terjadi karena pada hari pertama pasca peluncuran UberMotor armada belum sepenuhnya beroperasi.




Baca juga: UberBUKA ~ Layanan Pesan-Antar Menu Berbuka Khas Uber 

Uber Motor untuk Negara-negara Berkembang

Layanan yang pertama kali telah diluncurkan di Thailand pada bulan Februari kemarin ini berpusat di kota Bangkok. Menurut pihak Uber sendiri, Uber Motor memang sengaja dikembangkan di kota-kota di negara berkembang dengan tingkat kemacetan yang tinggi.

Di Indonesia sendiri layanan ojek motor online dirintis dan dipelopori oleh perusahaan Go-Jek yang diluncurkan oleh Nadiem Makarim. Maka saat Uber Motor ini hadir maka layanan ini akan langsung bersaing dengan Go-Jek, Grab Bike, Top Jek, Ladyjek dan Ojek Syar’i.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud