Tuti Nurhayati ~ Kisah Sukses Founder Zhovy Toys, Bisnis Berbekal Pengalaman Sebagai Buruh Pabrik

Tuti Nurhayati Zhovy Toys

Image dari Kontan.co.id

Keinginan untuk mandiri dan membuka lapangan pekerjaan membuat Tuti Nurhayati memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya sebagai buruh di sebuah pabrik boneka milik investor asal Korea Selatan. Setelah keluar dari pekerjaannya, Tuti langsung mendirikan usahanya yang dinamakan Zhovy Toys di tahun 2000.

Meski di awal usahanya Tuti mendapatkan banyak kendala, namun dengan semangat dan kerja kerasnya maka ia mampu membuat bisnis bonekanya menjadi besar seperti sekarang ini. Bahkan karena suksesnya Tuti juga pernah berkesempatan memamerkan produknya hingga ke Negeri Jiran Malaysia. Lalu seperti apakah kisah Tuti Nurhayati untuk bisa menjadikan Zhovy Toys ini sukses? Berikut ulasannya.

Pemasaran Zhovy Toys

Pada awal usahanya, Tuti menjalankan pemasaran produksi boneka dengan cara door to door dan langsung menjualnya di pasar yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggalnya. Namun itu dulu, karena saat ini produk boneka Zhovy Toys kreasi Tuti seperti boneka beruang Teddy Bear dan boneka satwa telah dipasarkan di seluruh wilayah Jabodetabek.

Tak hanya di Jabodetabek, saat ini pemasarannya bahkan sudah mencapai Batam dan Pontianak. Untuk memenuhi pesanan yang makin banyak, Tuti pun mempekerjakan sekitar 15 orang karyawan yang tak lain adalah rekan-rekannya di pabrik boneka tempat bekerjanya dulu.

Artikel lain: Ratu Yuliana ~ Perjuangan Dari Waitress Hingga Sukses Berbisnis Aksesoris




Kendala dan Kesulitan Usaha Milik Tuti Nurhayati

Meski terlihat sukses, namun dalam usahanya ini Tuti juga menemui kesulitan. Menurut Tuti, salah satu kendala yang seringkali menghantui usaha bisnis boneka adalah kurangnya tenaga terampil untuk menciptakan boneka. Keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat boneka ini memang tergolong cukup komplit. Sebab tak hanya menjahit, namun tenaga kerja dalam membuat boneka memerlukan orang yang sangat teliti dan detail dalam mengerjakan bagian-bagian dari boneka.

Dari sinilah maka mencari tenaga ahli untuk usahanya ini dirasakan sangat sulit, ujar Tuti. Untuk harga boneka Zhovy Toys ini sendiri beragam, tergantung ukuran boneka. Seperti untuk harga boneka ukuran kecil adalah Rp 15.000/pcs dan boneka ukuran besar adalah Rp 200.000/pcs.

Terbantu Dengan Fasilitas Perbankan

Kesuksesan yang diperoleh Tuti dari usahanya ini juga tak terlepas dari fasilitas perbankan yang didapatnya dari Bank Negara Indonesia (BNI). Sejak tahun 2007 Tuti memang sudah menjadi nasabah BNI. Menurut Tuti ketika menjadi nasabah BNI ia memang sangat terbantu dengan fasilitas pinjaman yang ada. Bahkan sampai saat ini pun Tuti mengaku tak terlepas dari bantuan pembiayaan dari perbankan.

Awalnya, Tuti sendiri mengambil fasilitas kredit mikro dari BNI sebesar Rp 5 juta. Dan ketika sudah dipercaya maka Tuti kini bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan hingga Rp 150 juta. Selain mendapatkan fasilitas pembiayaan, Tuti juga memperoleh fasilitas lain seperti adanya pelatihan-pelatihan dan juga kesempatan mengikuti pameran produk UMKM di berbagai tempat dan negara.

Untuk ke depannya Tuti sendiri menargetkan untuk dapat melakukan ekspor dengan memasarkan produknya ke luar negeri. Selain itu, Tuti juga ingin bisnis Zhovy Toys yang digelutinya ini agar dapat terus berlangsung dan berkembang.




Baca juga: Novita Tandry ~ Berawal Dari Kecintaan, Hingga Sukses Bangun Bisnis Pendidikan Anak

Tips Sukses Berbisnis dari Tuti Nurhayati

Dengan beragam pengalaman yang ada hingga pencapaian kesuksesannya, Tuti pun memberikan beberapa tips sukses dalam menjalankan bisnisnya . Tips sukses pertama adalah sebuah bisnis yang dijalankan harus dikerjakan dengan penuh keuletan. Tanpa adanya keuletan maka akan sangat sulit bisnis untuk berkembang.

Berikutnya tips sukses berbisnis dari Tuti adalah memperlakukan pelanggan sebagai keluarga. Jadi bukan hanya sebagai rekan bisnis, tapi para pelanggan ini juga harus diperlakukan seperti keluarga sendiri. Dengan perlakuan ini maka pebisnis dan pelanggan akan bisa saling memahami dalam segala hal, bahkan untuk urusan selain bisnis.

Tips terakhir dari Tuti untuk siapapun yang ingin berbisnis boneka adalah pelaku bisnis harus terus berinovasi dalam mengembangkan produknya. Mengapa harus berinovasi? Sebab dengan adanya inovasi ini maka pebisnis akan mampu membuat produknya terus disukai dan diminati konsumen. Cara untuk mendapatkan ide inovasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas #internet. Dari sana pengusaha akan banyak memiliki banyak ide dan inspirasi untuk model-model bonekanya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud