Trik Mudah Pacu Konsumen Berikan Ulasan Online

ulasan konsumen

Image dari Mix.co.id

Ketika seseorang menjalankan bisnis online, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana agar bisnis yang mereka jalankan tersebut dapat dipercaya oleh konsumen. Bagi mereka yang sudah menjalankan bisnis online cukup lama, mungkin akan lebih mudah untuk menarik kepercayaan karena sudah memiliki track record yang baik. Namun bagaimana dengan bisnis yang baru berkembang?

Salah satu contoh kasus yakni dalam mendapatkan ulasan dari konsumen. Terkadang masalah yang dihadapi oleh bisnis online yang baru merintis usahanya bukan karena munculnya banyak ulasan negatif, melainkan sulitnya untuk menarik minat konsumen memberikan ulasan terhadap bisnis yang kita tawarkan. Oleh karena itu kita harus kreatif dan tahu bagaimana cara memancing para konsumen memberikan ulasan atau testimoni.

Untuk mewujudkan hal tersebut, berikut ini terdapat beberapa trik mudah yang bisa Anda terapkan untuk memancing konsumen memberikan ulasan online.

1. Usahakan Konsumen Mudah Memberikan Ulasan

Dalam beberapa kasus sebenarnya konsumen ingin memberikan ulasan baik itu yang bernada negatif ataupun positif terkait sebuah bisnis online baru. Namun masalahnya adalah mereka kesulitan untuk mencari fasilitas atau fitur pemberi ulasan. Oleh karena itu, kita harus membuat fitur tersebut mudah untuk diakses oleh pengunjung.

Salah satunya dengan menempatkan kotak ulasan berada bersampingan dengan review produk yang kita tawarkan. Selain itu pemberian ulasan juga bisa dilakukan dengan mengirimkan email serta lewat komentar #media sosial.




Artikel lain: Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan Online di Bisnis Anda

2. Sediakan Alternatif Dalam Memberikan Ulasan

Trik berikutnya yang bisa kita gunakan untuk memacu minat konsumen memberikan ulasan online adalah dengan menyediakan alternatif platform di mana mereka bisa memberikan ulasan. Jangan hanya terpaku untuk mengarahkan ulasan konsumen terpusat di situs bisnis kita saja. Karena pada dasarnya konsumen juga bisa menyampaikan ulasan lewat kanal online yang lain seperti akun media sosial, forum online hingga situs direktori usaha seperti Google Local dan Yahoo Local.

Tawarkan pada konsumen untuk memberikan ulasan lewat akun di layanan online tersebut sesuai dengan tingkat kepuasan yang telah kita berikan. Upayakan jangan sampai konsumen justru merasa tertekan akibat adanya paksaan memberikan ulasan.

3. Sampaikan Dengan Tepat Dan Efektif

Ketika kita ingin mendapatkan ulasan yang jujur dari para konsumen, tentu kita tidak boleh menutup diri dan hanya menunggu. Kita bisa menyampaikan keinginan kita tersebut secara langsung kepada konsumen namun dengan cara yang tempat dan efektif. Ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya yakni agar jangan sampai konsumen justru merasa tertekan karena kita seakan memaksa mereka memberikan ulasan.

Selain itu kita juga bisa menerapkan strategi khusus seperti pemberian giveaway atau promo potongan harga untuk ulasan yang telah masuk dari konsumen. Sesuaikan strategi tersebut dengan skala dan juga anggaran bisnis yang kita miliki.




4. Tetap Hargai Ulasan Negatif

Ketika kita meminta ulasan dari produk ataupun layanan yang kita tawarkan secara online, tentu tidak menutup kemungkinan akan adanya ulasan ataupun komentar negatif. Ini merupakan hal yang sangat wajar dan bukan merupakan “aib” yang harus ditutup tutupi.

Bahkan, justru ulasan negatif seperti inilah yang harus mendapat perhatian lebih besar dari kita selaku pemilik usaha. Karena nantinya jika kita bisa menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh konsumen pemberi ulasan negatif, maka kredit poin bisa kita dapatkan karena menunjukkan sikap profesionalisme tinggi. Bagi calon konsumen lainpun, keberhasilan menanggapi sebuah komentar negatif juga bisa menjadi pertimbangan bagi mereka untuk tertarik dengan bisnis kita.

Baca juga: Inilah 4 Jurus Jitu untuk Cegah Pelanggan Anda Melirik Toko Online Sebelah

5. Sesuaikan Dengan Target Konsumen

Ketika menginginkan bisnis online yang kita jalankan bisa diapresiasi oleh konsumen, kita juga wajib melihat lebih dahulu bagaimanakah demografi target konsumen kita. Maksudnya adalah, jika kita mempunyai target konsumen yang tergolong generasi muda, tentu tidak akan terlalu sulit untuk meminta mereka memberikan ulasan karena mereka memang sudah akrab dengan beragam fasilitas #teknologi.

Namun berbeda jika target konsumen yang kita sasar adalah golongan dewasa hingga orang tua. Tentu akan lebih sulit bagi kita untuk mengedukasi mereka akan pentingnya memberikan sebuah ulasan. Oleh karena itu jika memang bisnis kita menyasar target usia dewasa dan tua, meminta konsumen untuk memberikan ulasan bukan menjadi pilihan yang terbaik. Akan lebih bijak kita mencari strategi marketing lain yang sesuai dengan target pasar tersebut.



1 comment on this postSubmit yours
  1. ini bener bener konten yang menarik, memang bener dalam menjalankan bisnis membutuhkan banyak trik, makasih ya udah share info yang sangat bermanfaat, salam sukses :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud