Sering Transaksi COD, Simak Tips Amannya Berikut Ini!

Transaksi COD

Image dari abcnews.com

Anda sering Transaksi COD? Sebagai pelaku bisnis online teman-teman pasti tahu metode yang digunakan untuk bertransaksi. Salah satu cara transaksi jual beli online yang populer adalah COD ( Cash On Delivery). Metode ini adalah cara bertransaksi dimana penjual dan pembeli bertemu di waktu dan tempat tertentu yang telah disepakati untuk melakukan transaksi.

Nah, model transaksi COD ini, di daerah saya Trenggalek, saat ini begitu populer. Bahkan COD yang sesungguhnya adalah satu metode transaksi jual beli online, kini bergeser menjadi jenis bisnis dengan istilah “bisnis COD”.

Nah, bisnis COD ini ternyata sangat menarik terutama bagi kalangan pemuda. Dengan menggunakan berbagai media, mereka melangsungkan bisnis COD-nya dengan nyaman. Umumnya mereka memanfaatkan media sosial seperti Facebook untuk menjalankan bisnis mereka. Bermacam-macam barang yang bisa mereka perjual belikan, mulai dari gadget, helm bekas, batu akik dan bahkan sampai burung kicau pun mereka jual belikan dengan COD.

Artikel lain: Melihat Layanan Pembayaran COD eCommerce Di Indonesia

Memang bisnis ini sangat menjanjikan karena hampir semua barang bisa dijual jika ada pembeli dan sama-sama cocok dengan harga. Namun jika teman-teman sering menjalankan transaksi COD, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.




1. Saat Transaksi COD, Usahakan Jangan Sendirian

Ini penting sekali teman-teman, apalagi jika kalian adalah wanita. Selalu usahakan untuk membawa teman dalam melakukan transaksi COD. Saya kira lebih baik waspada daripada menyesal kemudian.

Jangan memaksaksn diri atau nekat melakukan transaksi sendirian, itu berbahaya sekali. Ingat, teman-teman sedang bertransaksi dan tentu saja ini berhubungan dengan uang. Bukan bermaksud menakut-nakuti namun untuk meningkatkan kewaspadaan saja.

2. Ketemuan di Tempat Aman

Sebisa mungkin ajak ketemuan di tempat-tempat yang aman, setidaknya di tempat yang ramai dan banyak orang. Tidak harus ketemuan di Kantor Polisi juga, tapi usahakan di tempat dimana banyak orang berkumpul di situ.

Kalau di daerah saya, kebanyak transaksi terjadi di stadion karena di area parkir stadion ramai pengunjung tiap malam. Atau kalau tidak, biasanya di warung kopi, di situ biasanya berkumpul banyak orang sampai malam.

3. Transaksi COD Sebaiknya di Siang Hari

Akan menambah aman transaksi Anda jika dilakukan di siang hari. Ajaklah klien Anda untuk melakukan transaksi di siang hari.




Ataupun misal klien tidak bisa bertransaksi di malam hari, berilah batasan waktu jika melakukan transaksi di malam hari. Beri batasan misalnya di bawah jam sembilan malam, beri pengertian kepada mereka untuk saling menjaga.

4. Berusahalah Selalu Fokus

Ini sangat penting juga kalian lakukan, jangan mudah hilang fokus atau teralihkan perhatiannya. Jika buyer atau seller mulai memperbincangkan sesuatu yang di luar konteks bisnis, maka sebaiknya teman-teman berhati-hati.

Usahakan jika teman-teman belum saling kenal, bicarakan pada hal-hal yang substansial saja. Selain menghemat waktu, juga bisa sedikit mengantisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

5. Cek Barang Selama Transaksi COD

Jika teman-teman sedang menjadi buyer, cek dengan teliti barang yang sedang ditawarkan. Tanyakan semua informasi yang dirasa diperlukan dari produk tersebut. Jangan sungkan tanyakan juga garansi, apakah masih ada atau sudah tidak ada.

Karena ide bisnis COD ini biasanya yang sering diperjual belikan adalah barang bekas, maka ini perlu sekali teman-teman lakukan. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi ketidakpuasan terhadap barang yang sudah terbeli nantinya.

Baca juga: 5 Fakta Dibalik Layanan COD Yang Harus Diketahui Pebisnis Online

6. Jangan Lupa Berdoa

Nah, ini penting sekali teman-teman lakukan. Mungkin terdengar klise, namun jangan sampai kalian tidak berdoa dalam setiap langkah teman-teman. Ya, kalau kalian seorang muslim, setidaknya ya jangan lupa baca bismillah setiap akan melakukan sesuatu.

Apa lagi ketika akan melakukan sebuah transaksi, berdoa adalah hal utama. Berdoa bisa membuat hati menjadi tenang dan memudahkan kita menjadi pribadi yang pasrah.

PENUTUP

Nah teman-teman, itulah beberapa tips menjalankan transaksi COD yang aman. Mengingat kondisi keamanan sekarang yang tidak bisa diprediksi, sebaiknya lakukan tips di atas dengan baik sekedar untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan. Ya bukan berharap terjadi hal buruk, tapi apa salahnya kita mengantisipasinya terlebih dahulu.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud