5+ Situs E-Commerce di Indonesia yang Paling Sukses Saat Ini

Ketika membahas tentang e-commerce terbaik di Indonesia saat ini, maka kita akan dihadapkan dengan beberapa brand situs e-commerce ternama. Para pemain besar ini sudah menancapkan ‘taringnya’ begitu dalam di pasar Indonesia sehingga boleh dikatakan tidak akan mengalami masalah dalam hal pemasaran dan penjualan.

E-commerce atau electronic commerce adalah model bisnis yang memungkinkan individu atau perusahaan untuk melakukan bisnis melalui jaringan internet. Di Indonesia bisnis e-commerce mengalami perkembangan yang sangat pesat dan sehat.

Menurut prediksi beberapa pengamat bisnis, e-commerce di Indonesia masih akan terus berkembang lebih besar lagi. Bahkan menurut hasil riset Frost & Sullivan, pertumbuhan e-Commerce di Indonesia mencapai angka 17% setiap tahunnya.

Memperhatikan begitu besarnya ekosistem jual-beli online ini, tentu muncul pertanyaan, Siapa sih e-commerce terbaik di Indonesia dan paling sukses saat ini? Berikut ulasan singkatnya

1. Tokopedia, Situs E-Commerce Terbaik di Indonesia

Situs E-Commerce Tokopedia

Bila Anda sering berbelanja online, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan Tokopedia. Marketplace yang didirikan oleh Wiliam Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison ini merupakan salah satu situs e-commerce terbaik di Indonesia saat ini.

Hingga saat ini Tokopedia sudah memiliki lebih dari 20 ribu penjual, 60 ribu member terdaftar, dan ratusan ribu produk yang dijual. Ketika artikel ini dibuat, aplikasi Tokopedia telah diunduh oleh lebih dari 10 juta orang, baik pengguna Android maupun iOS.




Baca juga: 10+ Situs Belanja Online Terpercaya di Indonesia

2. Situs E-Commerce Matahari Mall

Situs E-Commercer Matahari Mall

Mataharimall adalah bentuk digital dari bisnis retail Matahari milik Lippo Group. Situs e-commerce ini diluncurkan pada 9 September 2015 lalu untuk menindaklanjuti tren belanja online Indonesia yang semakin marak.

Kabarnya, Mataharimall mendapat pendanaan dari investor dengan nilai investasi mencapai Rp6 triliun. Dengan pendanaan sebesar itu, tidak heran bahwa Mataharimall nantinya akan menjadi salah satu penguasa pasar online di Indonesia.

3. Situs E-Commerce Bukalapak

Situs E-Commerce Bukalapak

Bukalapak adalah situs Marketplace yang mempelopori keamanan transaksi online. Walaupun konsep e-commerce ini sangat mirip dengan situs lainnya, Bukalapak sangat konsen pada keamanan pihak penjual dan pembeli.

E-commerce ini didirikan oleh Achmad Zaky pada Januari 2010 silam. Dengan misi untuk meningkatkan kualitas pemasaran produk UKM di Indonesia, Bukalapak yang dulunya dibangun di sebuah garasi kecil telah berubah menjadi salah satu raksasa e-commerce Indonesia.

Hingga saat ini Bukalapak sudah mengumbulkan lebih dari 200 ribu penjual di seluruh Indonesia.




4. Situs E-Commerce Elevenia

E-Commerce Terbaik di Indonesia

Elevenia adalah salah satu e-commerce hasil kerjasama perusahaan Indonesia dan Korea Selatan yang sudah cukup populer saat ini. Situs e-commerce ini berada di bawah naungan PT XL Axiata Tbk dan SK Planet (perusahaan digital asal Korea selatan).

Situs e-commerce ini terkenal sebagai e-commerce yang memiliki program-program unik, salah satunya adalah program “Mendadak Dijajanin”. Program Elevenia tersebut adalah salah satu cara untuk menarik pembeli online dimana para konsumen dapat memilih 3 produk ke dalam wishlist. Elevenia akan memilih tiga orang yang beruntung untuk mendapatkan produk impiannya.

5. Situs E-Commerce Lazada Indonesia

Situs E-Commerce Lazada Indonesia

Lazada merupakan jaringan online store yang berpusat di Jerman, yaitu sebuah perusahaan ritel bernama Rocket Internet. Selain Indonesia, perusahaan ini sudah melakukan invasi kebeberapa negara asia lainnya seperti Vietnam, Thailand, Filipina, dan Malaysia.

Di Indonesia sendiri, Lazada baru berdiri pada tahun 2012. Situs e-commerce ini menawarkan berbagai jenis produk di pasar online, mulai dari produk elektronik, buku perlengkapan bayi, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.

6. Situs E-Commerce OLX Indonesia

Situs E-Commerce OLX Indonesia

OLX (online Exchange) adalah sebuah situs e-commerce dimana para penggunanya bisa mengiklankan barang bekas ataupun barang yang masih baru. OLX merupakan pasar iklan yang punya jaringan internasional dan tersebar di lebih dari 106 negara.

Pada tahun 2014 silam, OLX berhasil mengakuisisi dua e-commerce Indonesia, yaitu Tokobagus dan Berniaga yang kemudian menjadi OLX.co.id. Langkah tersebut dinilai sangat cerdas karena mengincar potensi pasar Indonesia yang sangat potensial.

Walaupun situs ini tidak memiliki pasar sekuat Tokopedia dan Bukalapak, OLX tetap merupakan salah satu e-commerce yang harus diperhitungkan.

7. Situs E-Commerce Blibli.com

Situs E-Commerce Blibli.com

Situs e-commerce Blibli.com merupakan pelopor mall online di Indonesian termasuk salah situs e-commercer terbaik di Indonesia saat ini. Layaknya mall pada umumnya, di Blibli.com kita bisa mencari berbagai produk yang kita butuhkan, atau sekedar cuci mata secara online.

E-commerce ini berdiri pada tahun 2010 di bawah naungan PT Global Digital Niaga. Situs yang memiliki slogan “anytime, anywhere, shopping” ini juga berkolaborasi dengan beberapa perusahaan lain untuk mendukung layanan mereka.

Perusahaan yang bekerjasama dengan Blibli diantaranya di bidang logistik, perbankan, merchant partner, dan juga perusahaan teknologi provider kelas dunia.

Baca juga: 10+ Toko Online Terbesar di Dunia Saat Ini

Penutup

Di atas tadi adalah beberapa situs e-commerce terbaik di Indonesia dan paling sukses saat ini. Apakah list di atas akan berubah di tahun-tahun mendatang, mungkin iya mungkin juga tidak. Hanya waktu yang bisa menjawabnya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Jika melihat perkembangan startup di indonesia seperti ecommerce, tetap akan dukung produk anak bangsa. Karena itu menjadi sebuah kebanggaan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud