Tips Sukses Mengembangkan Bisnis Kerajinan Tangan

bisnis kerajinan tangan

Image dari Pondokibu.com

Salah satu lini bisnis di Indonesia yang memiliki perkembangan cukup baik adalah bisnis kerajinan tangan. Hal ini dikarenakan kekayaan alam yang begitu melimpah dan juga keanekaragaman budaya dari banyaknya suku di Indonesia. Dengan begitu produk kerajinan tangan juga banyak dibuat utamanya di beberapa wilayah seperti tempat pariwisata serta kota besar di Indonesia. Inilah yang kemudian mendorong banyak pihak untuk mencoba peluang bisnis yang satu ini.

Namun tentunya mengembangkan bisnis kerajinan tangan tidaklah selalu semudah yang kita bayangkan. Tentu ada tantangan dan juga kendala khusus dalam mengembangkan bisnis ini. Dan berikut beberapa tips sukses yang bisa kita terapkan saat ingin mengembangkan bisnis kerajinan tangan.

1. Selalu Utamakan Inovasi

Dalam menjalankan sebuah bisnis kerajinan tangan, inovasi tentu menjadi harga mati yang harus kita utamakan dalam mengembangkan produk kerajinan tangan kita. Tanpa adanya inovasi, kita akan sulit untuk bersaing tidak hanya dengan produk kerajinan tangan sejenis bahkan dengan produk kerajinan tangan yang berasal dari luar negeri.

Para pelaku usaha kerajinan tangan wajib untuk selalu siap sedia bersaing dalam menciptakan inovasi baru yang bahkan belum ada sebelumnya. Mengenai jenis inovasi apa yang bisa kita buat, kita bisa memulai dari jenis bahan kerajinan tangan, bentuk, ukuran bahkan hingga kualitas serta strategi pemasaran yang dijalankan. Inovasi-inovasi ini akan sangat berarti, terlebih di saat persaingan pasar bebas sudah makin terbuka seperti saat ini.

Artikel lain: Industri Kreatif : Memulai Bisnis Kerajinan Tangan Berkonsep Craft Indie

Tips lain yang kini juga makin diperhatikan adalah, terkait dengan kemasan produk kerajinan tangan. Dengan terbukanya pasar tidak hanya di dalam namun juga di luar negeri, produk kerajinan tangan yang dikemas dengan kemasan yang lebih menarik dan profesional tentu akan semakin meningkatkan harga jual produk tersebut.

2. Angkat Potensi Daerah

Tips kedua yang bisa kita terapkan ketika akan mengembangkan bisnis kerajinan tangan adalah dengan mengangkat potensi yang ada di lingkungan sekitar kita. Banyak kisah sukses bisnis kerajinan tangan yang bermula dari kejelian melihat potensi yang ada di sekitar. Tak jarang pula, justru dari kekayaan alam ataupun ide budaya di lingkungan tempat kita tinggal bisa menjadi nilai jual yang tinggi di mata konsumen.

Alasan mengapa kita bisa mengangkat potensi daerah dalam bisnis kerajinan tangan adalah, yang pertama tentang keunikan serta nilai khas yang dibawa dalam produk tersebut. Setiap daerah di Indonesia memang dikenal kaya dengan budaya serta tradisinya masing-masing. Inilah yang terkadang diburu oleh wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung di suatu daerah.

Keuntungan kedua adalah, dengan mengembangkan produk kerajinan yang khas, kita memiliki kesempatan untuk memasarkan produk tersebut di luar daerah. Bahkan jika memang produk kerajinan tangan yang kita kembangkan benar-benar unik dan belum pernah dijumpai sebelumnya, tentu akan lebih mudah untuk menciptakan ceruk pasar mandiri yang akan mendatangkan keuntungan lebih besar.

Baca juga: Qlapa ~ Startup Marketplace untuk Jual Beli Produk Kerajinan Tangan Unik Asli Indonesia

3. Terus Perluas Wawasan

Hampir sama dengan lini bisnis lain, bagi Anda para pelaku usaha kerajinan tangan juga wajib untuk terus mengupdate pengetahuan serta jaringan bisnis agar tidak kalah bersaing dengan pelaku usaha lain. Dan khusus untuk para pelaku usaha kerajinan tangan, umumnya wawasan serta jaringan bisa dibangun melalui komunitas sesama pengrajin.




Komunitas pengrajin semacam ini bisa yang berada di lingkup lokal atau mungkin wilayah yang lebih luas. Dan biasanya kelompok pengrajin rutin menyelenggarakan pertemuan ataupun pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para anggotanya di berbagai bidang. Utamanya untuk pemasaran, dengan semakin banyaknya fasilitas mulai dari pemasaran offline seperti bazar dan pameran kesenian hingga online lewat website maupun media sosial, tentu sangat penting artinya untuk kemajuan bisnis kita.

Beberapa tips di atas, bisa kita terapkan agar bisnis kerajinan tangan yang kita kembangkan bisa meraih kesuksesan. Utamanya bagi para pelaku usaha kecil atau UKM, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kesuksesan bersama.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. sebenarnya banyak usaha kerajinan tangan yang bisa dirintis, tp kdg pasarkan nya yg susah

  2. bisa di terapkan nih ke-3 tips nya biar sukses menjalankan bisnis kerajinan tangan nya! :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud