Tips Sederhana Membangun Toko Online Untuk Para Wanita

membangun toko online

Image dari Dapurgaya.com

Menjalani hidup menjadi seorang pebisnis saat ini adalah sebuah pilihan yang sangat menjanjikan. Terlebih menjadi seorang pebisnis online, dengan semakin berkembangnya dunia internet, peluang #bisnis online pun juga semakin besar.

Cakupan pelaku dalam bisnis online pun juga semakin luas, bukan hanya terbuka untuk laki-laki, perempuan pun juga sangat mungkin untuk bisa menjadi seorang pebisnis online yang sukses. Bisnis online seperti membangun toko online misalnya, memang sangat potensial untuk dikembangkan.

Bagi wanita, peluang mengembangkan toko online itu akan semakin terbuka lebar karena pasar dan produk yang memang sangat kaya dan beragam. Yang sering menghambat wanita untuk memulai menjalankan #toko online adalah kebingungan bagaimana untuk memulai dan kemudian bagaimana menjalankannya.

Selain itu, tentunya adalah modal secara finansial, anggapan kebutuhan modal finansial yang besar dalam memulai dan menjalankan toko online masih begitu kuat sehingga membuat wanita takut untuk memulainya. Padahal masih banyak peluang toko online yang bisa dijalankan dengan modal yang pas-pasan. Untuk itu, jika Anda adalah wanita yang ingin menjalani karir sebagai pebisnis online, di bawah ini adalah beberapa tips sederhana membangun toko online yang bisa Anda lakukan.

1. Pilihlah Produk yang Sering Anda Gunakan Sehari-hari

Sebagai pemula, pilih saja produk yang sering Anda gunakan sehari-hari untuk dijual. Bukan apa-apa, karena jika Anda sudah sering menggunakannya, maka sedikit banyak Anda sudah mengetahui seluk beluk produk tersebut. Dan pengetahuan Anda ini akan sangat bermanfaat ketika Anda menjual produk pada orang lain.

Produk-produk seperti hijab, pakaian, bros atau barang lainnya, sangat akrab bagi wanita, itu akan sangat memudahkan Anda untuk bisa segera masuk pada pasar Anda. Selain itu, jika nantinya barang tersebut kurang laku, maka Anda bisa memakainya sendiri bukan.

Artikel lain: 3 Pengusaha Wanita Indonesia Dengan Pengaruh Besar di Asia

2. Jika Hobi Masak, Menjual Produk Makanan Juga Bagus

Jika Anda memiliki hobi masak, membuat kue, atau membuat makanan lainnya, maka itu bisa menjadi modal berharga Anda. Anda bisa juga menjual produk makanan Anda secara online. Memang menjual makanan secara online tentu lebih sulit daripada menjual barang karena makanan ada masa kadaluarsanya.

Satu tips untuk Anda yang akan memulai menjual produk makanan, sebaiknya cobalah untuk menjual produk Anda pada teman-teman terdekat Anda. Bisa teman kampus, teman kantor dan lainnya, jika memang produk Anda mendapat respon baik, maka Anda kemudian bisa mengembangkan pasar Anda secara lebih luas lagi. Dan jangan lupa untuk membuat kemasan yang lebih bagus lagi untuk branding juga.

3. Jadi Reseller Dulu Juga Tidak Apa-apa

Jika memang Anda kesulitan dengan modal, maka menjadi #reseller terlebih dahulu juga tidak apa-apa. Itung-itung untuk pembelajaran dan persiapan Anda terjun langsung dalam mengembangkan toko online Anda sendiri. Anda bisa banyak belajar di sini, bagaimana karakter pasar, produk apa yang disukai pasar, bagaimana tingkat persaingannya, dan tentunya banyak pelajaran lain yang bisa Anda ambil.




Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kesempatan sebagai reseller ini untuk mengumpulkan modal guna membuka toko online sendiri. Jadi, manfaatkan kesempatan menjadi reseller ini sebaik-baiknya agar Anda mendapatkan banyak keuntungan, baik secara finansial maupun dalam hal pengalaman dan pengetahuan.

4. Jangan Lupa Promosikan Produk Anda

Jika Anda sudah punya produk sendiri dan siap untuk diperdagangkan, maka jangan lupa untuk melakukan promosi. Saat ini untuk melakukan promosi sangat mudah sekali, Anda bisa melakukannya melalui media sosial, dengan membuatkan blog, atau bisa juga Anda mempromosikan produk Anda melalui marketplace yang sudah ada dan populer.

Untuk media sosial, ada banyak sekali media sosial yang bisa Anda manfaatkan, seperti #Facebook, Twitter, Instagram atau juga Google Plus. Untuk marketplace, situs seperti Bukalapak dan teman-temannya juga sangat potensial digunakan sebagai media promosi.

Baca juga: Inilah 5 Penyanyi Wanita Terkaya di Dunia yang Juga Sukses Karena Kegiatan Bisnisnya

5. Manfaatkan Komunitas Anda

Sebagai wanita, biasanya memiliki komunitas tertentu yang sangat aktif. Nah, Anda harus bisa memanfaatkan keberadaan komunitas tersebut. Lakukan #promosi juga pada komunitas yang Anda ikuti dan jangan lelah untuk menjual produk Anda. Untuk memaksimalkan cara ini, ikutlah beberapa komunitas yang aktif. Sehingga akan memudahkan Anda untuk melakukan promosi pada produk Anda.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Sangat cocok untuk pemula seperti saya yang baru memulai bisnis online, ditambah lagi dunia internet semakin berkembang saat ini, jadi peluang bisnis online pun juga semakin besar.

  2. cocok banget untuk anda yang memualai bisnis online saat ini… semoga sukses

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud