Tips Miliki Akun Media Sosial Pribadi Tanpa Harus Pertaruhkan Kredibilitas Bisnis

akun media sosial

Image dari Socialmediatoday.com

Bagi para pemilik usaha, sudah barang pasti senantiasa berupaya untuk menciptakan reputasi yang baik dan positif di mata konsumen. Reputasi ini tidak hanya menyangkut bisnis yang Anda kelola namun juga profil Anda sendiri.

Namun permasalahannya, saat ini sangat sulit untuk menemukan ranah pribadi terutama untuk sesuatu hal yang berurusan dengan media online. Salah satunya adalah memiliki akun media sosial pribadi, para pemilik bisnis cenderung khawatir nantinya akun pribadi mereka tersebut justru memberikan efek buruk terhadap reputasi bisnisnya.

Ketika di satu sisi kita juga ingin menyampaikan berbagai hal dan juga pandangan secara bebas melalui #media sosial, di sisi lain kita juga harus tetap mempertahankan reputasi baik konsumen terhadap bisnis kita. Lalu bagaimana untuk menjalankan keduanya agar tetap selaras? Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Perhatikan Tiap Kata-Kata Anda

Pilihan yang paling aman bagi Anda para pengusaha yang ingin tetap memiliki akun media sosial pribadi adalah dengan benar-benar menjaga semua hal yang kita bagikan lewat media sosial. Mulai dari kata-kata lewat update media sosial, konten yang dibagikan bahkan hingga hal kecil seperti lokasi Anda saat ini, harus benar-benar Anda pertimbangkan sebelum membagikannya.

Sebagai contoh ketika Anda sedang menjalani liburan bersama keluarga dan beberapa sahabat dekat, Anda hanya ingin membagikan konten ini dengan orang-orang tersebut. Hal ini dikarenakan, selain menjaga privasi, mungkin ada beberapa hal lain yang Anda tidak ingin konsumen tahu akan hal tersebut.

Artikel lain: Ingin Menghubungkan Akun Media Sosial dan Email Pemasaran? Mudah Kok!

Pilihannya adalah, jika memang konten atau kata-kata tersebut masih bisa “dipoles” kembali agar lebih aman, maka tidak apa-apa untuk membagikannya ke media sosial. Namun jika memang dimungkinkan akan timbul masalah atau kontroversi, sebaiknya Anda tidak memposting konten tersebut.

2. Jaga Kerahasiaan

Jika memang Anda tetap ingin membagikan sesuatu secara bebas melalui akun media sosial pribadi, solusi kedua yang bisa Anda ambil adalah dengan menjaga kerahasiaan akun pribadi Anda. Menjaga kerahasiaan ini bisa dimulai dengan memilih option agar akun pribadi kita tidak terlihat oleh orang lain kecuali teman. Selain itu, seperti contohnya media sosial Facebook memberikan pilihan agar akun kita tidak bisa muncul dalam halaman pencarian #Facebook ataupun mesin pencari lain.

Selain itu untuk beberapa konten seperti foto, terdapat juga fitur untuk membuat konten tersebut menjadi rahasia dan hanya bisa diakses oleh beberapa orang saja. Namun yang perlu diperhatikan adalah, solusi yang satu ini masih memiliki sejumlah celah. Sebagai contoh, mungkin saja ada teman dekat Anda yang bisa mengakses konten pribadi tersebut, kemudian membagikan secara luas karena dirasa lucu atau menarik.

3. Memanfaatkan Moderator Media Sosial

Selain 2 tips di atas, cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan moderator media sosial. Moderator media sosial dapat membantu Anda dalam mengawasi atau menyaring setiap konten atau update status yang Anda bagikan.




Jangan bayangkan Anda akan menyewa seorang jasa profesional untuk menjalankan akun media sosial pribadi Anda. Namun moderator media sosial di sini bisa siapa saja termasuk teman dekat atau rekan bisnis yang benar-benar Anda percaya. Karena tugas dari mereka adalah memberikan masukan apakah konten yang akan Anda bagikan pada akun media sosial pribadi Anda tersebut dapat memberikan pengaruh buruk terhadap reputasi bisnis.

Bahkan keuntungan dengan menggunakan solusi ini adalah, kita juga bisa lebih mengetahui bagaimana mengembangkan sebuah profil media sosial pribadi yang terlihat profesional dan dapat menunjang kesuksesan bisnis kita.

4. Gunakan Identitas Samaran

Cara terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan identitas samaran. Cara seperti ini sudah sangat jamak dilakukan, terutama bagi mereka yang bergelut di dunia marketing online. Istilahnya kita sering mendengar aku “klonengan” atau sebuah akun personal dari seseorang yang tidak ingin menunjukkan identitas aslinya.

Baca juga: 5 Tools Untuk Mengelola Banyak Akun Media Sosial Dengan Lebih Mudah

Menggunakan identitas samaran sangatlah efektif, karena kita tidak harus mempertaruhkan kredibilitas pribadi dan bisa dengan mudah datang dan pergi dalam komunitas atau percakapan di dunia maya. Selain itu, ketika seseorang ingin mencoba mengetahui lebih banyak tentang profil Anda, mereka tidak akan sampai dan mengetahui identitas asli di balik akun klonengan yang Anda buat.

Beberapa cara di atas bisa Anda pilih disesuaikan dengan tujuan yang ingin Anda capai. Namun jika memang apa yang ingin Anda bagikan melalui akun media sosial pribadi tidak begitu dirasa membahayakan bagi bisnis Anda, sebaiknya Anda membuka diri seluas-luasnya. Karena, secara tidak langsung memiliki sebuah akun pribadi yang nampak profesional juga mampu mendukung perkembangan usaha dan mendatangkan kepercayaan konsumen.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. jadi tambah ilmu nihh, mkasih ya gan atas infonya, smga sukses terus

  2. Thankyou tipsnya kang… ane sedang nemulai bisnis nih :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud