Tips Meningkatkan Performa Bisnis Kecil Anda Jadi Lebih Baik

Meningkatkan-Performa-Bisnis-Kecil

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sebuah bisnis yang besar pada awalnya berangkat dari bisnis kecil terlebih dulu. Meskipun bisnis yang Anda kelola saat ini bukan termasuk dalam kriteria bisnis yang besar, tetap saja memerlukan pengelolaan yang serius. Dan perjalanan bisnis Anda tidak ditentukan oleh orang lain, namun Anda sendiri.

Walaupun hanya sebuah usaha kecil, jika Anda benar-benar serius dalam pengelolaannya tentu tidak menutup kemungkinan ke depan akan menjadi sesuatu yang besar. Jangan ragu ataupun minder dengan usaha kecil yang Anda kelola saat ini karena performa usaha kecil bisa ditingkatkan dengan banyak cara.

Ada beberapa tips yang bisa kita coba untuk mendongkrak performa sebuah usaha kecil. Berikut ini ulasannya.

1. Menetapkan Sebuah Tujuan

Menetapkan tujuan dalam berbisnis adalah salah satu faktor penting sukses tidak nya sebuah bisnis yang sedang Anda jalankan. Tidak terbatas pada bisnis yang besar saja, namun bisnis kecil yang Anda geluti harus lebih fokus dalam menetapkan sebuah tujuan. Lebih penting lagi jika bisnis kecil yang Anda kelola masih dalam tahap mulai atau #startup, maka sejak awal Anda harus menetapkan tujuan dari bisnis Anda lalu kemudian fokus dengan serius.

Artikel lain: Saat Akan Memulai Bisnis, Karyawan Akan Dihadapkan Dgn Pilihan Ini

2. Buat Laporan Keuangan Secara Berkala

Betapa hebatnya jika bisnis kecil Anda memiliki laporan keuangan baik harian, mingguan maupun bulanan. Laporan keuangan yang Anda butuhkan dalam mengelola usaha kecil Anda tidak perlu serumit laporan keuangan pada sebuah perusahaan. Yang terpenting adalah adanya laporan keuntungan, pengeluaran atau pendapatan secara garis besar saja. Hal ini akan mempermudah Anda dalam melihat kemajuan pada bisnis Anda dari waktu ke waktu.




3. Gunakan Strategi Marketing Yang Efektif dan Efisien

Jangan terlalu membuang-buang uang Anda untuk melakukan promosi yang tidak perlu. Pelajari target market Anda, lalu tentukan strategi marketing yang tepat. Marketing yang ideal tidak harus mahal, namun bisa lebih tertarget dan lebih bisa menghasilkan dengan maksimal.

Misalnya saja jika mayoritas pelanggan Anda adalah pengguna sosmed, maka berpromosi menggunakan sosmed adalah pilihan yang sangat tepat. Tapi jika pelanggan Anda rata-rata berusia tua dan tidak menggunakan sosmed, maka jangan habiskan dana Anda untuk beriklan di media sosial.

Artikel lain: Kenali 4 Dasar Marketing Online Ini, Sudah Menerapkannya?

4. Jangan Lupa Memantau Tren

Selalu pantau apapun yang sedang tren saat ini, meskipun bukan berhubungan langsung dengan bisnis kecil Anda, jika Anda jeli bisa Anda manfaatkan tren yang sedang in. Isu yang sedang menghangat, atau peristiwa yang sedang ramai dibicarakan bisa Anda gunakan untuk mendongkrak penjualan Anda. Jika sedang demam batu akik misalnya, Anda bisa mendesain bisnis kecil Anda dengan nuansa batu akik yang warna-warni indahnya sekedar untuk menarik pelanggan.

5. Ketahui Batas Kemampuan Anda

Bukan berarti merendahkan kemampuan Anda, namun lebih pada bagaimana memanage diri dalam menghadapi rintangan bisnis kecil Anda. Dengan mengetahui kemampuan dan batas keahlian yang Anda miliki, Anda bisa menghitung seberapa besar kebutuhan yang Anda perlukan untuk mendorong usaha kecil Anda lebih maju.




Jangan malu apalagi minder dengan keterbatasan Anda, Anda bisa memanfaatkan sumberdaya lain untuk menambal kekurangan Anda. Selama bantuan yang Anda manfaatkan bisa menambah perkembangan bisnis Anda ke depan.

Baca juga: 7 Tips Agar Mendapatkan Kepercayaan Dari Tim Bisnis Anda

6. Jangan Lupa Untuk Bersantai

Menjalankan sebuah bisnis kecil adalah pekerjaan yang berat, jadi jangan lupa untuk berlibur dari pekerjaan barang sebentar. Jangan memforsir diri karena hanya akan menghabiskan energi tanpa menghasilkan apa-apa. Bersantai dalam sebuah rekreasi kecil bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kemudian meningkatkan gairah Anda dalam menjalankan sebuah bisnis.

Stres yang tinggi bisa sangat mempengaruhi kinerja Anda yang pada akhirnya menghambat inovasi kreatif Anda sendiri. Jika hal demikian dibiarkan saja, sangat berbahaya dalam perjalanan bisnis Anda ke depan.

Demikian sedikit tips untuk meningkatkan atau mendongkrak bisnis kecil Anda agar semakin cepat berkembang dan menjadi besar. Semoga bisa membantu Anda dalam mengembangkan sayap-sayap bisnis Anda. Salam Sukses!



4 total comments on this postSubmit yours
  1. sangat bermanfaat sekali saya ingin bisa berbisnis online

  2. trims atas tipnya gan sangat bermanfaat sekali buat saya yang belum mentepkan tujuan dari bisnis yang saya kelola

  3. Makasih info yang sangat membatu sy yg baru mnjalani bisnis online, kalo saya masih bingung dalam hal marketingnya.

  4. akhir – akhir ini saya sampai lupa untuk bersantai…tidak sehari cuma 4 jam demi membangun sistem :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud