7 Tips Agar Mendapatkan Kepercayaan Dari Tim Bisnis Anda

Mendapatkan-Kepercayaan-Dari-Tim-Bisnis

Untuk mendapatkan kesuksesan dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya kita harus memiliki sebuah tim yang solid dan saling mempercayai. Bagaimana kita bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumen jika kepercayaan dari tim bisnis sendiri tidak bisa di dapatkan. Sedaangkan dalam dunia bisnis, kepercayaan klien adalah salah satu faktor penting keberhasilan seseorang dalam berbisnis.

Keberadaan team yang solid sangat dibutuhkan dalam menyokong pergerakan bisnis Anda. Kepercayaan memang kadang sulit didapatkan, bahkan dari tim kita sendiri. Coba lakukan beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan kepercayaan dari tim Anda.

1. Jadilah Contoh Yang Baik

Dalam dunia usaha berlaku kata-kata “sebuah tim adalah cerminan dari pemimpin” jadi jika Anda menginginkan tim bisnis Anda bekerja dengan baik, maka Anda harus memberi contoh yang baik juga. Tindakan Anda yang baik, akan lebih mudah ditiru daripada Anda banyak menyuruh mereka. Contoh yang baik juga akan meningkatkan etos kerja dari masing-masing anggota tim.

Artikel lain: 10 Etika Dalam Berbisnis, Sudahkah Anda Memilikinya?

2. Bekerja Dengan Penuh Karisma

Seorang pemimpin yang baik dalam sebuah tim adalah pemimpin yang pandai memotivasi diri yang nantinya juga membuat tim Anda menjadi termotivasi. Berlaku bijaksana dalam memotivasi sebuah tim akan memunculkan karisma yang kuat dalam diri Anda. Jangan selalu menyalahkan tim Anda, lebih baik Anda berikan dorongan dan masukan setiap kali ada kesalahan dari tim. Hal itu lebih berguna dan bermanfaat daripada hanya menyalahkan dan memarahi tim Anda.

3. Layani Dengan Ketulusan

Anda juga harus pandai melayani tim Anda, apa yang mereka inginkan dan apa yang merkea butuhkan juga harus Anda perhatikan. Sederhananya adalah Anda harus menjadi pendengar yang baik. Model pemimpin yang paling disukai oleh karyawan biasanya adalah model pemimpin dengan gaya komunikasi yang akrab dan hangat. Mereka menjadi nyaman berbicara dan berkeluh kesah terhadap pemimpinnya. Ciptakan situasi dan kondisi nyaman dalam hubungan kerja Anda dengan ketulusan.




Artikel lain: 7 Tanda Anda Berbakat dan Berpotensi Jadi Pengusaha Sukses

4. Hargai Kinerja Mereka

Penghargaan tidak harus berhubungan dengan finansial saja. Sebuah pengakuan dan apresiasi juga bisa membantu Anda menjadi semakin mudah dipercaya oleh sebuah tim kerja. Selalu sediakan waktu untuk mereview kinerja mereka secara reguler, bisa setiap bulan atau setiap tri wulan. Di sini Anda bisa memberlakukan reward and punishment untuk menstimulasi kinerja tim work Anda.

5. Kembangkan Passion Serta Potensi Tim Anda

Bekerja yang sesuai dengan passion dan potensi pasti akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Coba ketahui kompetensi dan passion dari tim Anda, lalu posisikan mereka pada keahlian dan passion nya masing-masing. Setelah itu kembangkan potensi mereka dengan baik melalui pelatihan-pelatihan yang sesuai.

Fasilitasi potensi nya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam kinerja nya. Bantu mereka untuk mendapatkan kemampuan yang tinggi, selain secara kinerja akan lebih baik tentunya secara emosional mereka juga akan merasa nyaman dalam bekerja.

6. Sampaikan Pada Tim Bahwa Anda Bisa Diandalkan

Tidak harus disampaikan secara verbal, namun tanamkan keyakinan pada tim bahwa Anda bisa diandalkan. Cara yang sederhana adalah Anda selalu turut serta berperan aktif dalam menjalankan sebuah pekerjaan dengan tim. Tunjukkan komitmen tinggi Anda dalam berbagai hal untuk membuat tim Anda bekerja dengan tentram. Jika memimpin sebuah tim, jangan sekali-kali hanya duduk manis di belakang meja saja. Itu akan membuat kredibilitas kerja Anda hancur di mata tim.




Baca juga: 5 Tips Menjalankan Bisnis dari Rumah, Coba Terapkan Sekarang

7. Tanamkan Dari Awal Rasa Memiliki

Rasa memiliki terhadap bisnis yang sedang dijalankan sangat penting keberadaanya untuk menjamin kinerja tim Anda. Ketika ada rasa memiliki sejak dini, keinginan untuk selalu menjaga keberlangsungan bisnis akan timbul secara alami dari tim Anda.

Tanamakan pada tim Anda bahwa bisnis yang dikelola adalah bisnis mereka juga. Dengan demikian mereka akan merasa memiliki yang pada akhirnya akan dengan senang hati turut serta membesarkan bisnis. Jika ini sudah berjalan dengan baik, tentu keberhasilan dalam bisnis akan semakin cepat tercapai.

Demikian cara mendapatkan kepercayaan dari sebuah tim kerja untuk menjalankan bisnis dengan baik. Semoga Anda bisa menjadi seorang pemimpin yang dengan tulus dipercayai oleh tim Anda. Salam Sukses.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud