Tips Mengembangkan Strategi Digital Marketing Bagi UMKM

strategi-digital-marketing

Image dari Smallbiztrends.com

Ketika kita terjun dalam sebuah bisnis, tidak melihat berada dalam skala seperti apa bisnis Anda tersebut, semuanya tetap membutuhkan adanya inovasi. Ketika kita masih berada di tahap pengembangan usaha, inovasi dibutuhkan untuk mendorong brand bisnis kita agar dapat lebih cepat dikenal oleh konsumen.  Demikian juga ketika bisnis tersebut sudah berjalan dalam skala besar, inovasi nyatanya tetap dibutuhkan namun kali ini untuk me-maintain agar bisnis kita dapat terus maju ke depan.

Lebih khusus lagi, dalam artikel ini kita akan membahas tentang pentingnya inovasi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Dan salah satu inovasi yang tidak bisa dilewatkan oleh para penggiat UMKM adalah pemanfaatan sarana digital marketing.

Pentingnya Digital Marketing Bagi UMKM

Menurut General Manager dari Ralali.com, Irwan Suryady, menyatakan bahwa digital marketing adalah salah satu perkembangan teknologi yang tidak bisa dilewatkan oleh para pelaku UMKM. Ketika semua hal sudah dikaitkan dan dapat diakses secara online, pelaku usaha kecil menengah juga tidak boleh ketinggalan untuk mengambil peluang dan mampu menghasilkan pundi keuntungan lewat dunia maya.

Keuntungan yang bisa didapatkan lewat adanya upaya digital marketing tentu tidak melulu langsung berkaitan dengan urusan finansial. Namun masih ada keuntungan lain seperti brand awareness hingga untuk semakin memantapkan dan memenangkan persaingan dengan bisnis lain.

Artikel lain: 6 Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan




Irwan menyampaikan bahwa setidaknya ada 3 hal yang bisa diperhatikan para pelaku UMKM ketika hendak mengembangkan strategi Digital marketing.

1. Memiliki Tujuan Jelas

Pertama yang harus diperhatikan benar-benar untuk bisa sukses menjalankan digital marketing adalah tujuan. Jadi sebelum kita mengembangkan aspek lain yang lebih bersifat teknis seperti membuat situs atau akun #media sosial, akan lebih baik bagi para pelaku UMKM membuat serangkaian daftar terkait dengan tujuan bisnis yang sedang ingin diraih.

Ada banyak sekali tujuan pemanfaatan digital marketing seperti contohnya untuk promosi dan pemasaran hingga untuk meningkatkan basis pengguna dengan cakupan wilayah yang lebih luas. Baru setelah kita mempunyai tujuan, pergerakan selanjutnya mengarah kepada strategi seperti apa yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

Semakin banyak kita mampu menuliskan dan menganalisa keperluan serta kemungkinan yang bisa terjadi, maka akan semakin baik pula hasil strategi digital marketing yang kita lakukan nantinya.

Sebagai contoh nyata, bagi sebuah UMKM yang menargetkan peningkatan jumlah pengunjung workshop dengan menggunakan digital marketing, bisa dihitung seberapa banyak target pengunjung yang ingin kita dapatkan dalam rentan waktu tertentu. Dengan memasukkan variabel-variabel tersebut, kita akan lebih mudah untuk menghitung efektivitas strategi yang telah kita lakukan.




2. Membangun Konten Yang Catchy

Bagi mereka yang sudah terbiasa bergelut di bidang digital marketing, tentu sudah paham betul bahwa konten merupakan hal yang tidak bisa ditinggalkan ketika kita ingin membesarkan sesuatu lewat fasilitas internet. Singkatnya konten adalah raja di dunia maya.

Demikian juga bagi para pelaku UMKM yang ingin memaksimalkan digital marketing, upayakan untuk memilih dengan baik konten seperti apa yang akan kita suguhkan bagi para konsumen online. Dalam hal ini ada 2 syarat utama yang harus dipenuhi yakni yang pertama memiliki nilai guna dan mampu menghibur pembaca. Sebenarnya hanya dengan 2 suara tersebut ini saja kita sudah bisa menjalankan upaya digital marketing yang maksimal.

Namun untuk beberapa kalangan menilai masih membutuhkan sokongan dari satu poin lagi yakni penerapan search engine optimization atau #SEO. Memang hal tersebut ada benarnya, namun tentunya disesuaikan dengan kemampuan ataupun target yang ingin diraih.

Mengenal jenis konten yang bisa kita sajikan pada situs online sebuah UMKM, banyak riset yang menyebut bahwa akan lebih baik jika kita tidak hanya mengandalkan konten dalam bentuk teks saja. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, ikut kan pula konten kreatif dalam bentuk gambar maupun video yang tentunya dapat menarik tidak hanya secara visual namun juga audio. Bisa juga kita memasukkan konten-konten yang dapat memancing interaksi seperti contohnya kuis atau kontes yang tentunya masih berkaitan dengan bidang usaha kita.

Baca juga: Hindari 5 “Penyakit” Ini Jika Ingin Capai Target Bisnis UKM Lebih Maksimal

3. Memanfaatkan Marketplace Online

Tips ketiga yang disampaikan oleh Irwan Suryady adalah memanfaatkan adanya marketplace online. Dalam upaya internet marketing, kita bisa saja mengandalkan situs serta media sosial, namun akan lebih baik lagi jika kita juga mencoba untuk bergabung di #marketplace online.

Marketplace online secara sederhana merupakan platform online pihak ketiga yang memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk memperkenalkan bisnis seperti menjual produk secara langsung. Keuntungan menggunakan online marketplace tentunya kita tidak repot untuk membuat situs serta sudah secara otomatis diperkenalkan dengan calon pembeli.

Yang unik adalah, saat ini di Indonesia juga sudah ada beragam jenis marketplace online yang disesuaikan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Jadi kita bisa memilih sesuai dengan bisnis UMKM kita.



1 comment on this postSubmit yours
  1. wow betapa pentingnya digital marketing bagi UMKM ya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud