Tips Membuat Video Bisnis yang Menarik di Facebook

Membuat-Video-Bisnis-di-Facebook

Sejak tahun 2009, masyarakat pengguna internet di Indonesia mengenal #Facebook sebagai media sosial yang sedang tren, dan penggunanya terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun rupanya popularitas tersebut tidak membuat Facebook cepat berpuas diri. Karena kini Facebook bukan hanya sekedar media sosial untuk berkomunikasi, tapi juga menjelma menjadi salah satu media sosial paling powerful untuk berbagi video.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Social Bakers, popularitas Facebook untuk berbagi video bisnis bahkan mampu melampaui popularitas Youtube. Hal ini tentu mencengangkan dan membuat kita mulai tergoda untuk mengunggah video-video bisnis di Facebook.

Video bisnis seperti apa ya yang mampu menarik para pengguna Facebook? Berikut ini adalah kriterianya:

1. Durasi yang Tidak Terlalu Panjang

Tidak butuh video berdurasi panjang untuk membuat video bisnis jadi menarik ketika diunggah ke Facebook. Jika Instagram memiliki kekuatan video berdurasi 15 detik, maka di Facebook kita cukup mengunggah video berdurasi kurang lebih 30 detik. Durasi tersebut cukup untuk membuat video yang simpel, menarik dan membuat orang jadi penasaran.

Artikel lain: Facebook Riff, Aplikasi Baru Untuk Membuat Video Kolaborasi

2. Membuat Video yang Edukatif

Video yang sifatnya edukatif rupanya dapat menimbulkan ketertarikan bagi para pengguna Facebook. Contoh nyatanya sangat mudah. Bila kita memiliki bisnis kecil-kecilan di bidang decorating cake, maka kita bisa mengunggah video singkat mengenai proses pembuatan banana cheese cake yang sedang menjadi salah satu jenis kuliner populer saat ini.

Video tentang banana cheese cake yang diolah secara serius dan tampil menarik pasti membuat pengguna Facebook penasaran untuk menyaksikan videonya.

3. Video Behind The Scene Juga Menarik Lho

Hal apa saja yang terjadi pada proses produksi di pabrik coklat? Semua penggemar coklat tentu ingin tahu lebih jauh mengenai hal-hal menarik dibalik pembuatan coklat. Untuk alasan ini, mengunggah video behind the scene menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menarik perhatian para pengguna Facebook.

Adegan “dibuang sayang” yang lucu biasanya menjadi daya tarik yang luar biasa.

4. Serunya Video yang Menghibur

Video yang menghibur dengan kualitas rekaman yang baik pasti akan membuat siapa saja yang melihatnya bisa tertawa atau tersenyum kecil. Hati yang sedang galau jadi bisa sedikit terobati dengan video yang menghibur.

Tidak perlu membuat video menghibur yang terlalu complicated. Siapkan saja video humor singkat tentang produk bisnis yang ingin kita perkenalkan secara tidak langsung. Pastikan humor pada video tersebut bersifat original dan seru supaya makin banyak pengguna Facebook yang terkesan.

5. Launching Produk Baru di Video Facebook? Keren!

Meluncurkan produk baru melalui video Facebook sangat keren dan inovatif lho. Kita jadi bisa memperkenalkan produk baru dengan angle yang berbeda. Jangan lupa beritahu para pelanggan atau pengguna Facebook untuk menantikan tanggal peluncuran produk baru.

Tugas kita selanjutnya tinggal menyiapkan video keren yang mewakili definisi produk secara lengkap namun tidak terlalu berlebihan. Dijamin deh para penonton video akan merasa takjub saat melihat peluncuran produk baru dengan kemasan promosi yang lebih unik dan modern.

6. Jangan Lupa Berterima Kasih

Baru menyelesaikan proyek besar yang sukses menyita perhatian banyak orang? Berarti ini saatnya untuk membuat video berupa ucapan terima kasih untuk pihak-pihak yang terlibat dalam kesuksesan proyek bisnis kita.

Video yang tepat sasaran akan membuat pihak-pihak yang bekerjasama dengan kita jadi merasa dihargai dan senang bisa menjalin kerjasama dengan kita. Pelanggan dan pengguna Facebook juga mengetahui apresiasi yang kita berikan, bisnis pun jadi mendapatkan reputasi yang positif.

Baca juga: Facebook Kembangkan Format Iklan Cinemagraphs Yang Lebih Menawan




7. Video FAQ untuk Membantu Pelanggan

Kalau pelanggan bisnis atau pengguna Facebook lainnya sering menanyakan informas terkait dengan bisnis kita, itu tandanya kita harus segera membuat video FAQ yang mudah dipahami. Video FAQ berdurasi singkat dengan tampila huruf yang mudah dibaca pasti membuat para pelanggan menjadi terbantu saat harus mencari informasi dari kita.

Video FAQ juga membuat pekerjaan kita jadi lebih efisien karena tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama secara satu per satu.

So, sudah siap untuk membuat video Facebook yang menarik? Ini saatnya membuat konten video bisnis yang keren dan seru. Sebab konten yang berformat audio visual ternyata lebih diminati oleh para pengguna internet. Mari menyiapkan video bisnis menarik dengan mengikuti panduan ini, ya!



1 comment on this postSubmit yours
  1. Kalau saya kurang berminat kalau memakai Video, sebab kalau video apa lagi kita taruh di sosmed pasti jarang mau dklik karena orang kadang tidak mau kuota internetnya habiz gara-gara nonton video, dan satu lagi kadang waktu orang buka video di sosmed itu lambat banget..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud