4 Strategi Efektif Untuk UKM Siasati Labilnya Harga BBM

UKM-Siasati-Labilnya-Harga-BBM

Harga BBM (Bahan Bakar Minyak) akhirnya kembali naik per 28 Maret 2015 kemarin setelah beberapa bulan sebelumnya sempat turun dan naik. Kenaikan BBM sebesar Rp 500 per-liternya untuk area Jawa-Madura dan Bali ini membuat harga BBM jenis premium menjadi Rp 7.400 dari harga sebelumnya sebesar Rp 6.900 dan harga solar menjadi Rp 6.900 dari harga sebelumnya Rp 6.400.

Untuk area luar Jawa-Madura-Bali, harga premium naik dari Rp 6.800 jadi Rp 7.300. Sedangkan harga solar sama dengan area Jawa. Kali ini alasan pemerintah menaikkan harga BBM adalah karena rata-rata harga minyak dunia yang mengalami kenaikan dan melemahnya nilai tukar rupiah dalam satu bulan terakhir.

Meski pemerintah sudah menyatakan sebelumnya bahwa harga BBM akan dievaluasi setiap satu bulan sekali, namun kenaikan BBM yang pasti berimbas pada kenaikan harga-harga yang lain akan selalu menjadi hal yang berpengaruh pada sektor bisnis dan #UKM (Usaha Kecil Menengah). Bagi sektor usaha kecil menengah, kenaikan BBM jelas akan menambah beban pada beberapa pos pengeluaran, entah itu dari bahan baku atau transportasi pemasaran dalan lain-lain.

Tak ayal kemudian banyak UKM yang lantas mau tak mau juga menaikkan harga atau juga mengurangi ukuran, kualitas atau juga pekerjanya agar mampu bertahan.  Namun sebenarnya ada beberapa strategi efektif yang bisa dilakukan oleh UKM selain beberapa hal ekstrim sebelumnya. Berikut beberapa strategi tersebut:

Artikel lain: 6 Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan

1. Tingkatkan Brand Anda

Strategi pertama yang bisa dilakukan oleh para pelaku UKM adalah meningkatkan posisi brand. Dengan brand yang meningkat dan kuat, Anda tak perlu lagi pusing-pusing melakukan hal-hal ekstrim seperti mengurangi kualitas atau memangkas jumlah pekerja.

Para pelaku UKM ini harus bisa berkreasi dan berinovasi bagaimana caranya agar konsumen dan pelanggannya tetap membeli produk dan jasanya meski BBM sedang naik. Maka disini brand yang kuat akan memiliki sesuatu yang memberikan persepsi positif terhadap produk atau jasa yang berkualitas dan akan dicari orang dimanapun dan dalam situasi apapun.

2. Lakukan Terobosan Baru

Daripada melakukan sesuatu yang bersifat shortcut dan merugikan orang lain, lebih baik Anda melakukan terobosan terhadap produk dan jasa Anda. Terobosan dan cara shortcut tadi akan sama-sama lahir dari sebuah pemikiran. Namun saat Anda memilih untuk memikirkan sebuah terobosan, maka disini tidak ada yang akan merasa dirugikan.

Terobosan bisnis yang baik akan menghasilkan sesuatu yang khas dan unik. Hal ini disebut juga dengan konsep diferensiasi. Saat produk dan jasa Anda telah memiliki sesuatu yang berciri khas dan berkarakter dari sebuah terobosan yang telah Anda lakukan, maka produk dan jasa Anda akan memiliki ketahanan bisnis pada kondisi dan situasi apapun, termasuk pada fluktuatifnya harga BBM ini.

3. Jalin Retensi Dengan Pelanggan

Langkah berikutnya adalah Anda bisa melakukan sesuatu untuk pelanggan Anda dalam sebuah jalinan retensi yang baik. Dengan hubungan dan jalinan silaturahmi yang baik dengan para konsumen dan pelanggan Anda, sebuah bisnis akan mendapatkan kepercayaan karena mereka telah merasa puas dengan pelayanan yang ada.

Kepercayaan ini tentu sesuatu yang sangat baik bagi sebuah usaha dan bisnis. Saat konsumen dan pelanggan puas dan semakin percaya karena usaha retensi Anda, maka mereka akan selalu setia menggunakan dan membeli produk Anda meski BBM sedang fluktuatif.




Baca juga: Menjalankan Bisnis Musiman Secara Berkelanjutan? Mengapa Tidak!

4. Target Konsumen Prospektif

Terakhir, strategi untuk bisa mengatasi labilnya harga BBM adalah dengan menjaring konsumen yang lebih prospektif. Hal ini bukan berarti pelanggan sebelumnya Anda lepas begitu saja. Menjaring konsumen prospektif disini maksudnya adalah memperluas dan menambah pelanggan, terutama yang lebih prospektif dan menguntungkan.

Berfokus pada kalangan menengah ke atas merupakan salah satu cara untuk dapat bertahan dari strategi ini. Tentu untuk menjaring konsumen dan pelanggan prospektif dan menguntungkan ini Anda harus lebih #profesional dalam hal produk atau layanan Anda. Karena mereka ini adalah orang-orang yang mengutamakan kualitas dan service. Namun saat Anda sudah bisa menjaring mereka, Anda tak akan lagi kesusahan dengan adanya harga BBM yang labil dan fluktuatif ini.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Mantab, cocok nih buat siasatin harga bbm yang naik turun wkwkwk

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud