Tips dan Trik Memanfaatkan Video Online Sebagai Sarana Media Promosi Produk

video online sebagai media promosi

Image dari Linkedin.com

Perkembangan media sosial sebagai alat marketing tidak diragukan lagi kehebatannya. Itu bisa dilihat dari banyaknya pengguna #internet yang mempunyai akun Twitter, Facebook dan Instagram dan yang lainnya memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis yang dijalaninya. Dan selain itu juga biasanya pelaku bisnis membuat sebuah perkumpulan antar pebisnis lainnya untuk sekedar sharing dan bertukar pikiran mengenai hal-hal yang bisa mendukung kemajuan usahanya.

Melakukan #promosi produk melalui media sosial biasanya berupa pesan teks panjang yang mendeskripsikan produk yang dijual. Dan untuk hal pendukungnya biasa ditambahkan gambar produk atau malah menggunakan video online, agar langkah promosi bisa berjalan dengan maksimal. Ini merupakan peluang besar dalam dunia marketing untuk melakukan strategi promosi bukan? Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dengan sebaik mungkin dan menuju kesasaran yang tepat.

Keuntungan Penggunaan Video Online Sebagai Media Promosi

Masalahnya adalah berbagai informasi melalui media sosial membuat para pelaku bisnis harus lebih selektif dan kreatif membuat calon konsumen tertarik, jika tidak pesan promosi yang telah sampaikan akan tenggelam oleh informasi lainnya. Salah satu fenomena yang menarik belakangan ini memaksimalkan peranan #video online sebagai media promosi yang lebih bisa membuat calon konsumen anda tertarik. Daripada hanya mengandalkan sekumpulan teks panjang yang disisipkan dengan sebuah desain gambar.

Artikel lain: Ikuti 5 Tips Ini Agar Video Marketing Online Anda Kian Spektakuler

Jika anda ingin mencoba cara yang satu ini, maka pada kesempatan kali ini akan dibahas secara jelas hal apa saja yang mendukung potensi video online sebagai media promosi sebuah produk. Tidak perlu berlama-lama lagi mari simak ulasannya berikut ini.

1. Video Online Memiliki Efek yang Beragam

Media video online memiliki multi efek baik secara kognitif, afektif maupun psikomotorik. Pesan yang disampaikan dalam video online jauh lebih baik dipahami dibanding hanya berupa audio, tulisan bahkan sebuah gambar. Karena cara kerja file sebuah video itu merekam dan memaparkan apa yang telah kita jelaskan mengenai produk yang dijual secara terperinci. Dan yang paling penting tidak membuat si calon konsumen merasa kebingungan dengan apa yang telah dilihatnya.




2. Memacu Kreatifitas

Video online lebih kreatif dalam menuangkan ide-ide bisnis yang dimiliki oleh seorang pebisnis jika dibandingkan dengan sosial media pada umumnya. Sehingga dengan begitu calon konsumen Anda akan lebih tertarik dengan ide kreatif tersebut. Produk yang tadinya dianggap biasanya saja di pasaran akan lebih menambah nilai jual bila dikemas dengan ide yang kreatif.

3. Kemudahan Fasilitas

Fasilitas yang mendukung pembuatan video online semakin mudah dipahami dan diaplikasikan oleh kebanyakan orang, khususnya yang bergelut di dunia bisnis. Hanya bermodalkan sebuah #smartphone saja anda sudah bisa merekam dan mengedit video online yang sederhana. Dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan langkah promosi sebuah produk.

4. Lebih Hemat Biaya

Jika anda tadinya ingin melakukan langkah promosi produk dengan sebuah iklan, Anda dapat menghemat biaya yang lebih besar jika dilakukan dengan mengunggah video online. Dan orang-orang yang melihatnya kan dengan sukarela men-share video online anda ke semua grup yang diikutinya. Sesuatu hal yang bersifat menarik memang cepat beredarnya di dunia maya. Bayangkan dalam sehari saja sudah tidak bisa dihitung lagi berapa banyak orang yang melihat dan menyebarkannya.

Bahkan bukan tidak mungkin mereka dengan sengaja mengunduh dan menyimpannya dalam perangkat smartphone-nya lalu dibagikan ke orang-orang terdekatnya. Cara seperti ini efektif bukan untuk kemajuan bisnis anda? Jika dibandingkan anda harus menunggu dalam kurun waktu yang lama produk yang dijual diketahui oleh masyarakat luas.

Baca juga: 5 Update Fitur Video Facebook Ini Dapat Membantu Upaya Pemasaran Online Bisnis Anda

5. Kemudahan Dalam Akses Internet

Kuota internet belakangan ini semakin murah dan bisa dijangkau setiap kalangan. Dan membuat banyak orang lebih konsumtif dalam hal penggunaaan internet. Selain itu fasilitas wifi / hotspot gratis sudah banyak dan bisa dijumpai di mana-mana. Mengunduh video online pun bisa dilakukan di manapun dan kapanpun hanya dalam hitungan detik saja.

Pada intinya potensi yang dihasilkan dari video online sangatlah besar bagi kemajuan bisnis anda. Dan sebagai seorang pelaku usaha anda wajib mengambil peluang ini untuk dapat naik ke taraf yang lebih tinggi lagi. Dan hal yang jangan dilupakan pada pembuatan video online adalah tambahkan nilai-nilai edukatif dengan begitu orang yang melihatnya pun bisa mendapatkan tambahan ilmu bukan hanya sekedar mendapatkan informasi mengenai deskripsi produk yang anda jual.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud