5 Update Fitur Video Facebook Ini Dapat Membantu Upaya Pemasaran Online Bisnis Anda

Image dari Masable.com

Image dari Masable.com

Seperti yang sudah kita ketahui, #Facebook sudah meluangkan waktu dan idenya untuk mengembangkan fitur video secara maksimal. Fitur video yang kini dihadirkan Facebook memang membuat banyak pengguna Facebook biasa maupun pengguna Facebook untuk kepentingan bisnis jadi semakin tertarik.

Demi memenuhi kebutuhan para penggunanya akan fitur video yang lengkap dan unggul, Facebook kembali melengkapi videonya dengan update fitur berguna bagi pihak marketing maupun pihak pengiklan.

Fitur apa saja yang sudah di-update pada video Facebook?

1. Fitur Tambahan untuk Pemutar Video

Kalau dulu kita hanya mengenal fitur untuk memberikan komentar, share, atau like pada video di Facebook, maka lain halnya dengan video Facebook yang sekarang. Cara meningkatkan penyebaran #video juga didukung dengan fitur pemutar video itu sendiri.

Sekarang kita bisa memilih untuk mengaktifkan suara video atau tidak serta memutar video dalam ukuran layar penuh. Dengan demikian, diharapkan pengalaman menyenangkan yang diperoleh saat menyaksikan video di Facebook membuat ketertarikan pengguna Facebook akan video menjadi semakin tinggi.




Artikel lain: Fokus Dongkrak Konten Video, Facebook Rilis Fitur Watch Later

2. Video Ad Pricing (Memasang Video Berbayar)

Pandangan Facebook terhadap pengembangan video salah satunya memang difokuskan pada pemasangan video berbayar pada News Feed Facebook. Video berbayar tersebut akan diputar secara autoplayed pada News Feed para pengguna Facebook. Kendati bisa disisihkan secara cepat dengan men-scroll halaman Facebook, namun hal tersebut akan tetap dihitung sebagai 1 view bagi video tersebut.

Tugas selanjutnya bagi Facebook maupun tim marketing dan pengiklan adalah menampilkan video berdurasi singkat yang istimewa untuk menggugah ketertarikan para pengguna Facebook.

3. Kehadiran Metrik Iklan Video Facebook

Tim marketing dan pengiklan yang menggunaan fasilitas video berbayar di Facebook akan memperoleh tambahan fitur untuk mengamati dan mengevaluasi kinerja video mereka. Akses fitur yang akan diperoleh pada halaman video meliputi jumlah views dan viewers 30 detik pada video yang dipasang, tanggal yang menunjukkan video disaksikan oleh jumlah viewers terbanyak, data statistik untuk menampilkan viewers video dari waktu ke waktu serta beragam rincian lengkap lainnya.

Penambahan metrik iklan video ini jelas membantu tim marketing dan pengiklan dalam mengamati dan membuat koreksi terhadap konten video yang mereka tampilkan di Facebook.




4. Floating Video Player

Menyaksikan video di Facebook tidak membuat kita jadi terpaku dengan tayangan video tersebut. Kini fitur Floating Video Player bisa membuat video tetap berjalan sementara kita masih bisa mengakses News Feed secara leluasa.

Fitur Floating Video Player ini termasuk sebagai salah satu fitur unggulan yang masih diuji oleh Facebook. Nantinya kita jadi bisa menikmati video sambil tetap melihat-lihat isi NewsFeed. Hal ini juga menguntungkan bagi sistem pemasaran sebab peluang untuk menyaksikan video berbayar di Facebook akan jadi lebih besar. Tentu tidak ada yang ingin menyia-nyiakan biaya pemasarannya untuk video iklan kalau video tersebut hanya dianggap angin lalu oleh para pengguna Facebook.

Baca juga: Facebook Rilis 2 Fitur Baru, Facebook Floating Video dan Custom News Feed

5. Peluang untuk Berbagi Pendapatan dengan Kreator Konten

Kreator konten yang bekerjasama dengan Facebook untuk menciptakan konten video bisa memperoleh pendapatan yang pembagiannya sudah disepakati bersama Facebook. Publisher besar semacam NBA, Fox Sports dan Funny or Die mendapatkan bagian pendapatan mereka dari #Youtube.

Langkah yang dipilih oleh Facebook untuk berbagi pendapatan sepertinya akan mulai menyaingi kesuksesan Youtube. Keputusan untuk berbagi pendapatan dengan kreator konten bisa memberikan semangat baru bagi para kreator dalam menampilkan video iklan yang lebih kreatif dan menarik. Sehingga bukan hal yang mustahil jika di masa depan popularitas video iklan di Facebook bisa menyaingi Youtube.

Fitur video di Facebook memang belum terlalu banyak dimanfaatkan oleh tim marketing dan pebisnis di Indonesia untuk mempopulerkan bisnisnya. Tetapi kabar tentang 5 fitur terbaru ini akan menjadi angin segar bagi keberadaan Facebook sebagai media pemasaran yang efektif.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud