Tips Cerdas Menciptakan Bisnis Ramah Lingkungan

Tips Cerdas Menciptakan Bisnis Ramah Lingkungan

Menciptakan Bisnis Ramah Lingkungan
Image dari google.com

Saat ini isu tentang keberlangsungan lingkungan sudah menjadi hal yang dianggap sangat penting dan perlu sesegera mungkin dicarikan solusinya. Dengan kondisi lingkungan yang sudah semakin memburuk, nyatanya tidak sedikit orang yang mulai melirik langkah penyelamatan lingkungan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Sebagai contoh dengan memasyarakatkan pelaksanaan program 3R (reuse, reduce, recycle), terbukti banyak sekali peluang yang bisa dikembangkan dengan upaya untuk mengantisipasi pemanasan global. Memanfaatkan banyak benda yang tidak lagi terpakai menjadi berdaya guna kembali, tak jarang justru melahirkan kreasi baru yang tidak hanya kreatif namun juga inovatif.

Dan bagi rekan-rekan yang mempunyai pandangan terkait dengan bisnis ramah lingkungan, berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan untuk mendukung bisnis anda.

Menciptakan Bisnis Ramah Lingkungan dengan Minimalisir Produksi Limbah

Ketika kita ingin memutuskan terjun dalam bisnis ramah lingkungan, hal pertama yang wajib kita lakukan adalah dengan meminimalisir produksi limbah itu sendiri. Semakin tingginya tingkat konsumsi masyarakat modern ditambah dengan kurangnya akses untuk pengolahan sampah dan limbah, membutuhkan langkah nyata utamanya bagi kita yang ingin berbisnis ramah lingkungan.

Cara yang paling mudah adalah untuk mengurangi limbah yang dihasilkan dari bisnis kita terutama yang bersifat B3, Bahan Berbahaya dan Beracun. Jenis limbah seperti ini, akan memberikan dampak buruk secara langsung terhadap lingkungan baik itu ekosistem maupun tanaman dan secara tidak langsung juga berdampak pada manusia.

Artikel lain:

Manfaatkan Kembali Limbah yang Ada

Sesuai dengan ruh yang terkandung dalam bisnis ramah lingkungan, pada dasarnya kita mencoba untuk menyelesaikan masalah penumpukan limbah. Sampah yang dulunya dianggap sangat mengganggu bisa menjadi sesuatu yang lebih berguna dan dapat dimanfaatkan kembali. Inilah tantangannya bagaimana kita bisa melihat peluang dari tumpukan limbah.

Jenis limbah yang bisa kita gunakan juga sangatlah beraneka ragam. Mulai dari sampah plastik, kertas, logam bahkan beberapa jenis sampah organik seperti tulang ikan hingga humus dari hewan.

Tinggal bagaimana kita bisa keluarkan kreatifitas dalam pengolahan limbah yang ada. Akan lebih baik jika kita kisah mulai dari limbah yang ada di sekitar kita. Jadi selain bisa menjadi lahan peluang bisnis, namun juga akan memberikan dampak positif yang nyata bagi lingkungan sekitar.

Optimalkan Penggunaan Energi Terbarukan

Seperti kita tahu kebanyakan dari bisnis utamanya bisnis produksi, membutuhkan energi bahan bakar seperti untuk proses memasak hingga membuat bagian dari produk kita. Dan bagi anda yang mempunyai pandangan untuk berbisnis ramah lingkungan, tips yang bisa dilakukan adalah dengan mengoptimalkan penggunaan energi terbarukan.

Jenis energi terbarukan ini sebagai contoh dengan menggunakan cahaya matahari untuk pengganti lampu. Selain itu, bahan bakar bioetanol yang terbuat dari tanaman sebagai pengganti bahan bakar fosil, hingga penggunaan potensi tenaga air untuk menggerakkan turbin listrik. Pemanfaatan tersebut bisa Kita sesuaikan dengan kondisi lingkungan serta skala bisnis yang kita jalankan.

Baca juga: Warung Kencana ~ Bermisi Kepedulian Lingkungan, Menu Makanan Bisa Dibayar Sampah

Tempat Usaha yang Ramah Lingkungan

Bagi rekan-rekan yang telah mempunyai bisnis dalam skala cukup besar, tentu membutuhkan ruang ataupun gedung produksi yang cukup. Lagi-lagi kita bisa menerapkan pola bisnis ramah lingkungan, dengan membuat gedung yang ramah lingkungan pula.

Contoh sederhananya yakni, dengan memperbanyak ventilasi udara. Dengan begitu baik udara segar maupun cahaya matahari bisa bebas masuk ke dalam ruang produksi. Ini tentu menguntungkan, karena kita perlu memasang pendingin ruanga atau lampu sebagai penerangan.

Selain itu penggunaan material yang bebas dari bahan kimia juga menjadi bukti bahwa kita memiliki concern terhadap kelestarian lingkungan. Penggunaan bahan yang bebas dari unsur kimiawi, tentu juga akan membuat kondisi gedung saham menjadi lebih sehat dan nyaman.

Pada dasarnya untuk bisa mendukung upaya pelestarian lingkungan tidaklah membutuhkan langkah yang berat biaya yang sangat besar. Yang terpenting adalah keyakinan dan juga langkah nyata untuk segera memulai aksi penyelamatan lingkungan tersebut.

1 KOMENTAR

  1. Sangat bisa jadi solusi nih…karena sekarang emang sudah krisis ruang. Asal kreatif kita bisa menciptakan peluang usaha dari keadaan ini

Tinggalkan Balasan