Bisnis Barang Rongsokan: Peluang Usaha yang Sering Diremehkan

Bisnis Barang Rongsokan

Bisnis Barang Rongsokan – Daya beli masyarakat yang semakin meningkat ternyata menimbulkan sejumlah permasalahan baru. Permasalahan tersebut datang dari gaya hedonisme yang akhirnya menciptakan sejumlah tumpukan barang-barang tak terpakai di setiap rumah tangga.

Padahal banyak barang yang masih dapat berfungsi dengan baik. Namun meskipun masih berfungsi dengan baik, barang-barang tersebut kerap kali ditinggalkan dengan alasan sudah ketinggalan zaman dan sudah tidak ngetren.

Fenomena ini menciptakan sebuah peluang brilian bagi bidang bisnis barang rongsokan atau barang bekas. Barang rongsokan kini tak lagi identik dengan sesuatu yang kotor, sampah yang menjijikkan atau setumpuk besi berkarat. Bahkan anda tak perlu ragu lagi untuk merintis bisnis barang rongsokan setelah mempelajari mekanisme bisnis tersebut.



Apa saja sih poin-poin penting yang perlu diketahui seputar bisnis barang rongsokan? Untuk memperkaya wawasan anda seputar bisnis barang rongsokan, silahkan simak dulu ulasan singkatnya berikut ini:

Artikel lain: Bisnis Daur Ulang Sampak Plastik, Menjijikkan Tapi Omsetnya Ratusan Juta

Bisnis Barang Rongsokan Tak Hanya Sekedar Pekerjaan Pemulung

Mengumpulkan barang bekas atau barang rongsokan kini tak hanya sekedar bisnis remeh yang digeluti kaum pemulung. Melalui strategi bisnis yang baik, Anda bahkan dapat mengklasifikasikan bisnis barang bekas anda ke dalam 2 kategori yang berbeda. Dua kategori tersebut yakni kategori barang bekas layak pakai seperti produk #fashion, peralatan elektronik atau buku-buku bekas serta kategori barang bekas yang akan didaur ulang (plastik, besi tua atau bahan kaleng).

Prospek dari bisnis barang rongsokan ini tidak seremeh apa yang terlihat. Tentu saja banyak orang yang tak segan untuk memburu barang-barang bekas branded atau pun barang bekas dengan nilai histori yang tinggi. Sedangkan barang bekas yang dapat didaur ulang biasanya juga banyak menjadi incaran sejumlah industri seperti industri kertas atau industri plastik.

Pelajari Mata Rantai Bisnis Barang Rongsokan

Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis barang rongsokan, Sebaiknya Anda terlebih dahulu mempelajari mata rantai yang akan terlibat dalam proses bisnis. Anda dapat mulai mengira-ngira siapa saja pihak yang dapat anda andalkan untuk mengumpulkan pasokan barang rongsokan yang masih berkualitas.

Selain itu, Anda juga harus mencari tahu mengenai pihak mana yang akan menerima barang rongsokan anda dengan harga yang tinggi. Dengan demikian, anda bisa membuat perencanaan yang matang mengenai konsep bisnis yang akan anda jalankan.

Mengenai pengenalan mata rantai bisnis, wilayah usaha juga menjadi hal yang sangat berpengaruh. Kebanyakan potensi untuk membuka usaha ini memang yang dekat dengan perumahan atau tempat dimana banyak barang bekas yang dihasilkan.

Artikel lain: Tips Cerdas Menciptakan Bisnis Ramah Lingkungan

Bisnis Barang Rongsokan Dapat Dijalankan di Rumah

Bila anda memiliki sebidang tanah yang tak terpakai atau halaman rumah yang luas, anda bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk memulai bisnis barang rongsokan. Agar banyak orang yang mengetahui bisnis yang sedang Anda jalankan, pasanglah plang yang berisi informasi bahwa Anda menerima sejumlah jenis barang rongsokan.

Hal ini dapat memancing keingintahuan dan partisipasi dari para tetangga untuk ikut memasok barang rongsokan bagi bisnis Anda. Mulailah untuk menata lahan kosong anda agar dapat menjalankan bisnis barang rongsokan sambil tetap menjaga kebersihan dan kerapian. Tak ada salahnya kan memanfaatkan lahan kosong, karena Anda dapat menghemat biaya sewa tempat untuk dialokasikan bagi kepentingan bisnis lainnya.

Memperhatikan Kualitas Barang Rongsokan

Bila anda membuka bisnis barang bekas layak pakai, tentu anda harus memperhatikan kualitas barang-barang yang anda jual. Lakukanlah penyortiran dan pemantauan kualitas sebelum menyajikan barang bekas anda pada pelanggan. Cobalah untuk membersihkan kotoran atau noda yang menempel pada barang bekas anda. Untuk peralatan elektronik, sambungkan dulu perlaatan tersebut pada arus listrik untuk menguji konektivitas dan kualitasnya.

Sedangkan bila anda membuka bisnis barang rongsokan daur ulang, proses pembersihan barang-barang rongsokan menjadi suatu nilai tambah bagi para pelanggan yang akan membeli rongsokan anda. Pelanggan anda tentu merasa sangat terbantu karena tak perlu lagi membersihkan setumpuk barang rongsokan yang hendak didaur ulang.

Baca juga: Bagaimana Memilih Bisnis yang Menjanjikan?

Wah, dengan berbekal ketekunan dan kerja keras ternyata setumpuk barang bekas tak terpakai dapat disulap menjadi bisnis yang menjanjikan. Peluang bisnis tak selalu berasal dari sesuatu yang sifatnya mahal atau baru. Manfaatkan saja sumber daya yang ada di sekitar anda untuk mulai merintis bisnis sesuai dengan kemampuan. Dengan tekad dan semangat inovasi, niscaya bisnis Anda dapat berkembang menjadi bisnis yang semakin sukses.






11 total comments on this postSubmit yours
  1. buat teman teman yang ingin dapat update harga rongsokan terbaru bisa langsung ke fapspage facebook dibawah ini dan jika kalian ingin menjual atau membeli barang rongsokan bisa download aplikasi kami di google playstore untuk langsung di proses ke penjual atau pembeli barang kalian thx..
    https://www.facebook.com/Ro-Sok-528456380827898/

  2. mau jadi pengusaha barang rongsokan

  3. kami sedang mengumpulkan sampah elektronik seperti motherboard, Monitor, panel,papan sirkuit dll baik dalam jumlah besar n kecil silakan hubungi saya di nomor 081222695262

  4. kami sedang mengumpulkan sampah elektronik seperti motherboard , papan sirkuit dll baik dalam jumlah besar n kecil silakan hubungi saya 081372556669

  5. Semakin banyak sekarang pesaing bisnis rongsokan.

  6. Saya menampung semua barang rongsokan daerah mojokerto

  7. Saya sdh mengumpulkan barang bekas lampu dan akan memperluas barang plastik,kertas,logam dimana ya tempat nampungnya??

  8. Sampah jadi uang! Daripada penuhi rumah ϑĕπǵάπ rongsokan, mending dijual. ßîśã ϐųǻt tambah uang saku loh :)

  9. adalagi bisnis sampah. biasanya dan banyak di plastik dan kertas
    dari sampah jadi melimpah.
    untuk terjun di usaha ini syarat awal “berani kotor”

  10. Dulu ada keluarga saya yang pengen bisnis barang rongsokan. Masalahnya itu kita gak tau pemasoknya mas. makanya gak jadi.. Kira2 ada info mengenai pemasoknya gak mas ?

  11. Daerah saya ad seorang polisi yg buka usaha rongskan ini Mas, mungkin krna hasilnya yg besar ya..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud