Tips Aman Berinternet Ria Ala Melissa Luu-Van, Pakar Keamanan Facebook

Melissa Luu-Van

Image dari About.me

Dunia internet saat ini semakin berkembang dengan segala macam kecanggihan yang sangat modern. Pengguna #internet pun juga semakin besar dan semakin luas. Hampir semua sendi kehidupan menggunakan layanan yang berbasis pada penggunaan internet. Dengan semakin berkembangnya dunia internet, ternyata hal ini juga berbanding lurus dengan kejahatan dunia maya yang juga semakin meningkat.

Banyak kasus kejahatan dunia internet yang mengemukakan dan bisa berakibat sangat buruk. Untuk itu, jika Anda adalah pengguna internet aktif, maka Anda harus bisa menjaga keamanan akun Anda dari berbagai serangan kejahatan cyber yang datang secara tiba-tiba. Setidaknya Anda bisa mencegah terjadinya hal tersebut sejak dini. Di bawah ini adalah beberapa tips aman menggunakan internet dari pakar keamanan Facebook, Melissa Luu-Van, perhatikan.

1. Selalu Gunakan Password yang Bagus

Bagaimanapun juga ketika Anda bermain internet, atau bekerja dengan internet, anda tidak bisa terlepas dengan penggunaan password. Untuk itu Anda harus memperhatikan dengan benar pemilihan password yang bagus untuk akun Anda. Hindari penggunaan satu password untuk banyak akun, ini sangat berbahaya.

Melissa Luu-Van menyarankan untuk menggunakan kata sandi yang cukup panjang dan sulit ditebak oleh orang lain. Dan jangan lupa, jangan sampai menggunakan kata “password” sebagai kata sandi, itu sangat berbahaya sekali. Jadi pemilihan password yang bagus bisa sangat membantu Anda dalam mengamankan berbagai akun online yang Anda miliki.

Artikel lain: Mau Pakai WiFi Gratisan? Lakukan 7 Cara Berikut Ini Supaya Internetan Lebih Aman

2. Jangan Remehkan Perlindungan Ekstra

Sangat disarankan untuk selalu menggunakan perlindungan ekstra untuk mengamankan akun Anda. Artinya adalah Anda disarankan untuk membuat perlindungan keamanan secara berlapis.

“Anda harus selalu menggunakan ekstra layer untuk melindungi akun Anda,” demikian kata Luu-Van.

Pernyataan Luu-Van di atas diasumsikan pada penggunaan sistem verifikasi dua langkah atau two-step verification untuk memberi keamanan double pada akun Anda. Cara ini dirasa sangat bagus untuk pencegahan dari kejahatan cyber yang selalu mengancam pengguna internet setiap saat.

3. Pahami Apa yang Diminta Oleh Aplikasi

Ketika mengunduh aplikasi tertentu, biasanya kita membaca beberapa pemberitahuan yang muncul. Dan seringkali kita hanya membaca sekenanya, tanpa memahaminya dengan betul. Karena kadang pemberitahuan tersebut meminta izin pada netizen untuk mengakses informasi yang ada dalam ponsel. Nah, maka dari itu, Anda harus rajin memeriksa informasi apa saja yang bisa diakses oleh #aplikasi yang baru diunduh tersebut.

“Kami berharap orang-orang akan lebih terbiasa untuk meninjau informasi yang mereka bagi dengan aplikasi-aplikasi,” tegas Luu-Van.




4. Buatlah Kontak Cadangan Untuk Berjaga-jaga

Lupa adalah kodrat manusia yang tidak bisa kita hilangkan. Dengan banyaknya akun yang kita miliki ketika mengakses internet, maka potensi kelupaan tentu semakin tinggi. Maka tidak ada salahnya ketika Anda membuat suatu akun di internet, buatlah kontak cadangan. Kontak cadangan artinya adalah biasakan selalu membuat email cadangan atau nomor ponsel agar ketika suatu ketika Anda lupa password, Anda masih bisa mendapatkan kode khusus melalui #email cadangan atau nomor ponsel tersebut.

Kontak-kontak cadangan yang Anda buat tersebut bukan menyimpan password, tapi hanya berfungsi untuk me-reset password. Jadi ketika Anda lupa password atau kehilangan password, masih ada peluang untuk memulihkan akun Anda melalui kontak cadangan tersebut.

Baca juga: 5 Tips Aman Akses Internet Dan Media Sosial Bagi Anak

5. Membuat Warisan Online

Terdengar konyol memang, namun percayalah, ini juga penting. Di sini Anda harus memastikan memiliki orang yang terpercaya untuk menjaga akun yang Anda punyai. Ini dilakukan sebagai salah satu bentuk antisipasi terhadap sesuatu yang tak diinginkan. #Facebook sendiri juga memiliki fitur yang mendukung hal ini, fitur itu bernama Legacy Contact dimana dengan fitur tersebut memungkinkan orang-orang terpercaya bisa mengurus akun Anda setelah meninggal.

“Hal ini super penting untuk dipertimbangkan, meski ini bukan sesuatu yang Anda pikirkan. Anda perlu menyiapkan cara bagi seseorang untuk mengurus berbagai hal jika sesuatu terjadi pada Anda,” jelas Luu-Van.

Itulah beberapa tips keamanan yang dibagikan oleh Melissa Luu-Van, ahli keamanan dari Facebook. Semoga tips di atas bisa membantu Anda menjaga keamanan dalam berinternet ria.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud