Mau Pakai WiFi Gratisan? Lakukan 7 Cara Berikut Ini Supaya Internetan Lebih Aman

wifi gratis

Image dari Wakingtimes.com

Internet saat ini memang sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Dari penggunaan #internet pribadi hingga wifi, semua diperlukan untuk bisa memenuhi pencarian data, mengunduh aplikasi atau sekedar bersosialisasi.

Dari kondisi ini maka tak ayal bila kemudian banyak pihak yang memasang wifi di tempat usahanya untuk memuaskan konsumennya dan juga di beberapa ruang publik yang dilakukan oleh pemerintah. Keberadaan wifi yang menguntungkan karena banyak di antaranya yang gratis memang sangat membantu publik.

Namun meski terkesan menguntungkan, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai pada penggunaan wifi gratis ini. Mengapa demikian? Ini disebabkan penggunaan wifi gratis ini bisa menjadi celah yang dapat digunakan oleh para hacker untuk meretas data Anda lewat jaringan WiFi palsu. Dari sinilah maka keamanan data privasi Anda bisa sangat rentan terancam. Lalu bagaimana caranya agar internetan dengan Wifi gratis bisa berlangsung dengan aman? Berikut ulasannya.

1. Jangan Percaya Pada Jaringan Wifi Gratis yang Tidak Memerlukan Password

Cara pertama untuk bisa berselancar via wifi gratis dengan aman adalah dengan selalu mencurigai jaringan wifi yang tidak memiliki password. Mendapatkan jaringan wifi tanpa password memang sangat menyenangkan, karena kita bisa langsung internetan tanpa harus mengetikkan password yang belum tentu kita ketahui.

Meski terkesan menyenangkan, namun justru di sinilah Anda harus waspada atau berhati-hati. Mengapa demikian? Sebab banyak dari wifi gratis tanpa password yang ternyata diciptakan cracker (hacker jahat) untuk melacak data pribadi pengguna.




Artikel lain: 7 Teknik Jitu Dongkrak Kecepatan Koneksi WiFi, Wajib Dicoba!

Meskipun kita harus berhati-hati pada wifi gratis tanpa password bukan berarti kita lantas tidak mewaspadai wifi dengan password. Karena beberapa hacker jahat ternyata juga ada yang memanfaatkan hal ini. Para hacker jahat ini memang bisa dengan mudah mengetahui kata sandi (password) yang digunakan pada WiFi di sebuah kafe ataupun pusat perbelanjaan. Dari sini mereka kemudian menggunakannya untuk menciptakan sebuah jaringan Wi-Fi palsu dengan nama yang sama.

2. Matikan WiFi Saat Tidak Menggunakannya

Mematikan wifi saat tidak digunakan akan mampu melindungi Anda dari metode pelacakan yang dipergunakan oleh berbagai organisasi. Dengan posisi WiFi yang diaktifkan maka perangkat Anda memang akan akan mencari jaringan yang tersedia. Dan pada saat yang sama jaringan akan mentransmisi alamat MAC yang dimiliki oleh masing-masing ponsel.

Dari sini maka para ahli marketing pun seringkali memetakan rute klien untuk mencari tahu barang apa yang dapat menarik perhatian mereka. Selain melindungi privasi dan data posisi Anda, mematikan wifi ketika Anda tidak menggunakannya juga akan membantu Anda untuk menghemat daya baterai perangkat Anda.

3. Membatasi Kebutuhan

Jika Anda memiliki akun perbankan via #internet banking atau mobile banking disarankan agar Anda tidak mengaksesnya dengan menggunakan wifi gratis.




Mengapa demikian? Karena dengan wifi gratis data-data penting pada akun perbankan Anda bisa jadi diretas oleh hacker jahat yang membuat wifi gratis yang palsu. Maka jika Anda memang sangat membutuhkan untuk mengakses internet atau mobile banking maka lebih baik Anda menggunakan koneksi data mobile Anda agar lebih aman.

4. Pertimbangkanlah Menggunakan Jaringan Virtual Private Network (VPN)

Dengana menggunakan jaringan virtual prvate network (VPN) maka data Anda akan dilindungi dengan aman. Layanan VPN memang akan mampu melindungi data Anda dengan mengenkripsi semua data yang dikirimkan. Jika Anda masih terbebani karena koneksi VPN yang berbayar, Anda bisa mencari versi gratisnya seperti dengan menggunakan ProXPN, Cyber Ghost, Your Freedom dan HotSpot Shield. Meskipun memiliki batasan kecepatan, namun Anda akan lebih terlindungi dengan aman dan nyaman.

Selain mendapatkan jaringan yang aman, dengan VPN ini Anda juga akan mendapatkan layanan akses pada berbagai sumber yang disensor di dalam maupun luar negeri (jika Anda membutuhkannya).

Baca juga: Zona WiFi ~ Padukan Wi-Fi dengan Media Sosial untuk Keperluan Marketing Digital

5. Mengunduh Solusi Keamanan

Terakhir, langkah untuk mendapatkan keamanan saat mengakses wifi gratis adalah dengan mengunduh atau mendownload #software antivirus yang mumpuni. Beberapa software antivirus memang terus diupdate dan diperbarui untuk bisa mengatasi segala jenis kemungkinan virus jahat dan potensi kebocoran data atau password dari jaringan yang tidak aman yang dibuat oleh hacker jahat. Untuk itu pastikan perangkat Anda memiliki software antivirus yang mumpuni tersebut.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. kalau saya biasa pakai vpn saat akses wifi biar aman :D

  2. ya benar sekali tuh gan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud