Tipe Pengguna Facebook Yang Perlu Anda Remove Dari Pertemanan

Tipe-Pengguna-FacebookFacebook adalah salah satu jejaring sosial terbesar di dunia dan sudah pasti Anda miliki akunnya saat ini. Menurut pihak Facebook, pada bulan September 2012 media sosial ini sudah memiliki lebih dari satu miliar pengguna yang aktif dan tentunya akan terus bertambah seiring bertambahnya pengguna internet di dunia.

Dengan berbagai fitur yang tersedia di #Facebook, membuat penggunanya lebih mudah dalam hal berkomunikasi dengan kolega dan keluarga mereka secara online. Namun sudahkah kita memanfaatkan Facebook dengan benar? Ok kalau kita memang sudah menggunakan Facebook dengan bijak, pertanyaannya kemudian apakah Anda memiliki teman-teman Facebook yang memanfaatkan media sosial ini dengan bijak?

Bijaklah Memilih Teman di Facebook

Tentu tidak semua orang bisa memanfaatkan #media sosial dengan baik dan bijak. Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi kita untuk berteman dengan akun-akun yang wajar dan tidak mengganggu aktivitas kita selama bersosial di Facebook.

Jika ada teman Facebook yang melakukan aktivitas tidak wajar dan mengganggu Anda, sudah sewajarnya Anda perlu menghapusnya (remove) dari pertemanan. Lalu, seperti apa saja tipe pengguna Facebook yang harus segera Anda remove (unfriend) dari pertemanan? Apakah benar-benar harus di remove? Berikut ulasannya:



Artikel lain: Cara mengintegrasikan blog dengan Facebook

1. Teman Yang Sering Update Status Dengan Kata-Kata Kasar

Terkadang kita sering melihat ada beberapa teman Facebook kita yang menulis status dengan kata-kata kasar atau bahkan jorok. Pantaskah kata-kata kasar dan jorok diposing di depan umum? Jika satu atau dua kali mungkin masih bisa diterima karena mungkin dia sedang bermasalah dan butuh tempat untuk meluapkan uneg-unegnya. Walaupun begitu, update status dengan kata-kata kasar menurut saya tidak pantas di tempat umum apalagi di media sosial yang bisa terlihat oleh banyak orang.

Lalu bagaimana jika hal itu dilakukan terlalu sering? Tentu hanya akan mengotori time line Facebook Anda, dan membaca kata-kata kasar sedikit banyak pasti akan mempengaruhi kita. Jika Anda tidak begitu kenal akun tersebut segeralah remove dari pertemanan, atau jika akun tersebut adalah teman Anda di dunia nyata bisa gunakan opsi sembunyikan kiriman.

2. Teman Yang Sering Menggunggah Foto-Foto Tidak Sopan

Facebook sebaiknya digunakan sebagai media sosial untuk kemudahan berkomunikasi dengan orang lain dengan cara yang menyenangkan. Jadi jika ada teman Facebook Anda yang sering menggunggah foto-foto tidak sopan dan tidak ‘user friendly” segeralah remove akun tersebut dari teman Anda di Facebook.

Dikhawatirkan foto-foto tersebut akan diakses oleh anak-anak dibawah umur, terlebih jika anak atau adik Anda melihatnya dengan tidak sengaja. Tentunya Anda tidak mau hal ini terjadi.

3. Teman Yang Sering Melakukan Tag Foto dan Postingan

Anda harus berterimakasih jika teman Anda melakukan tag atau menandai foto dimana dalam foto tersebut memang ada foto Anda. Tetapi bagaimana dengan aktivitas tag atau menandai foto maupun postingan yang ternyata sama sekali tidak berhubungan dengan Anda? Bukankah itu hal yang tidak penting dan menggangu?

Jika dilakukan satu kali atau dua kali mungkin masih bisa kita terima. Namun jika teman Anda sering melakukan hal itu tentu sangat mengganggu dan solusi yang disarankan adalah melakukan remove terhadap akun tersebut. Melakukan tag selain membuat penuh foto, juga rentan membuat notifikasi yang banyak dan mengganggu.

4. Teman Yang Terlalu Sering Promo Dagangan

Facebook memang media sosial yang ampuh untuk menawarkan produk. Namun jika sebuah akun sudah terlalu sering promosi dagangan dan mengganggu kenyamanan beraktivitas di Facebook, tentu saja harus disingkirkan dari friend list. Mungkin Anda sering di tandai foto produk dari teman yang merupakan seller. Selain itu, bisa saja teman Anda mengirim postingan promosi dagangan ke time line yang akhirnya membuat ‘kotor’ time line Facebook Anda.

Beruntunglah jika itu adalah promosi dagangan yang memang sesuai dengan hobi maupun kebutuhan Anda. Bagaimana jika itu adalah promosi produk yang tidak Anda butuhkan, atau produk yang sama sekali tidak berhubungan dengan minat Anda? Tentu sangat mengganggu bukan?

5. Teman yang Menggunakan Auto like dan Auto Comment

Auto like merupakan cara otomatis untuk like (suka) terhadap status dari teman di jejaring sosial Facebook. Selain itu juga ada auto komen dimana itu adalah cara otomatis memberi komentar pada postingan orang lain. Ternyata hal ini sangat mengganggu karena merupakan hasil dari tindakan ‘robot’ bukan manusia atau pemilik akun.

Sebenarnya Facebook sudah memberlakukan aturan mengenai penggunaan sistem auto like atau auto status, dimana penggunanya akan mendapatkan roadblock. Perbuatan ini bisa mengganggu kegiatan bersosial di Facebook. Jadi jangan pikir panjang untuk melakukan remove teman yang sering melakukan cara tidak terpuji seperti ini, apalagi bila akun tersebut bukan teman Anda di dunia nyata.

6. Teman Facebook yang Merupakan Akun Palsu

Untuk apa Anda berteman dengan akun tidak jelas yang mencurigakan dan terkesan palsu. Penting untuk melakukan remove tipe teman seperti ini untuk keamanan. Mungkin saja pengguna akun palsu tersebut punya maksud tidak baik terhadap Anda. Bukan berpikiran negatif lho ya, tapi berjaga-jaga karena ranah maya rentan dengan tindak kejahatan.

Biasanya akun palsu menggunakan avatar foto orang lain atau gambar yang tidak jelas, dan dengan menggunakan keterangan pada fitur ‘Tentang’ yang tidak wajar. Selain itu, perhatikan juga album fotonya. Jika akun tersebut tidak punya foto-foto seperti yang dimiliki oleh para pengguna Facebook, maka Anda layak untuk mencurigai akun tersebut. Kalau memang Anda tidak kenal, ya remove saja dari friend list karena tidak akan ada manfaatnya buat Anda.

Baca juga: Cara membuat akun Facebook / FB

Nah di atas tadi adalah beberapa tipe teman Facebook yang harus Anda remove dari friend list. Mulai sekarang bijaklah menggunakan Facebook dan carilah teman yang juga bijak dalam menggunakan Facebook.





8 total comments on this postSubmit yours
  1. Yang paling ane risi itu kalau orang yang terlalu over promosi

  2. kalau memiliki teman yang selalu mengirim permintaan main games
    perlu diremove juga ya?

    • Kalau udah mengganggu menurut saya diremove saja mas, dua teman FB saya terpaksa saya unfriend karna hampir tiap hari ngirim undangan main game

  3. Kalau yang suka comment2 ga jelas di remove juga ga ya min?

  4. menurut saya alangkah baiknya jika kita perlu mengatur ulang settingan facebook kita, atau kita atur sendiri mulai dari membuat post , sistem tag dan juga kita dapat mengunscribed atau unfollow tanpa harus mendelete atau bisa yang hanya kepada siapa kita perlihatkan ketika kita membuat postingan, toh mereka yang sukanya huru hara juga yang bikin dunia siber kita jadi rame (ada aja yang dibicarakan), kadang ngeselin kadang ya bisa bkin ketawa juga. tp ya kembali kepada individu kita masing2 ,,, , kalau emang masih dan terlalu berlebihan bikin kekacauan ya langsung block aja.

  5. Klo saya pilih yang nomor 3 dan 5 mas. Khusus nomor 5, terkesan seperti tidak ikhlas memberikan komen atau like..

  6. Saya lebih sering hapus teman yang pake auto komen gan, risih aja masak komennya gak jelas banget
    :)

  7. Thanks, memang benar…banyak teman yang suka mengganggu tatkala kita menggunakan sosial media. Tips yang bermanfaat

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud