Ini 5 Tanda Anda Terlalu Ambisius Dalam Berkarir, Waspadalah

Terlalu Ambisius

Wanitia Ambisius

Terlalu Ambisius Dalam Berkarir – Dalam hal apapun, menjadi seseorang yang ambisius bukanlah hal yang buruk. Namun bisa menjadi sangat buruk ketika ambisi tersebut justru menjadi belenggu kebahagiaan Anda.

Di lingkungan kerja pun juga demikian, sah-sah saja menuntut diri untuk menjadi lebih baik. Ambisi yang tinggi akan bisa membawa Anda pada karir yang lebih bagus. Namun perlu diwaspadai ketika ambisi tersebut berkembang semakin besar tanpa bisa dikontrol.

Kondisi ini akan membawa seseorang menjadi pribadi yang terlalu ambisius dan bisa membuatnya merasa tersiksa. Bukan tidak mungkin Anda malah justru akan kehilangan kesempatan untuk bisa menikmati hidup.




Lalu apa saja tanda-tanda tersebut, simak ulasannya berikut ini:

  1. Terlalu Banyak Mengorbankan Hal Penting Demi Karir

Untuk mencapai prestasi dalam berbagai hal termasuk pekerjaan, cukup wajar bila seseorang kadang mengorbankan sesuatu. Namun menjadi berlebihan jika Anda terlalu banyak mengorbankan hal penting (misalnya keluarga) demi karir yang lebih baik.

Bagi orang yang terlalu ambisius, dalam hidupnya tidak ada yang lebih penting kecuali karirnya, bahkan lebih penting dari keluarga dan kesehatan mereka. Sehingga tak jarang orang seperti ini mudah frustrasi dan depresi ketika tujuannya dalam berkarir tidak/ belum tercapai.

Hal ini tentu sangat tidak baik untuk Anda sendiri dan untuk keluarga. Keseimbangan dalam menjalankan segala sesuatu tetap diperlukan meski memang bukan perkara mudah untuk mendapatkannya.

Artikel lain: Tips Berkompetisi di Lingkungan Kerja Tanpa Berkonflik

  1. Selalu Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Bagi orang yang terlalu ambisius, mereka cenderung tidak ingin berada di bawah orang lain dalam hal apapun. Sehingga hal ini kemudian membawanya kepada sikap suka berkompetisi dan selalu membandingkan diri dengan orang lain.

Orang seperti ini sejatinya akan sibuk melihat pencapaian orang lain dari pada meningkatkan kemampuan diri sendiri. Sehingga tidak disadari semakin lama orang yang terlalu ambisisus akan justru semakin tertinggal dari orang lain.




Maka jika Anda terlalu sibuk membandingkan diri dengan orang lain, segeralah sadar bahwa apa yang Anda lakukan adalah tidak benar.

  1. Tidak Bisa Menjadi Orang yang Rileks

Rileks bukan berarti tidak serius. Orang yang memiliki ambisi tidak terkendali biasanya akan sulit menikmati hidupnya. Mereka cenderung terus berpikir bagaimana bisa mencapai tujuan atau target mereka, bahkan pada saat santai sekalipun.

Ketika liburan misalnya, orang seperti ini akan selalu berusaha mencuri waktu untuk pekerjaannya barang sebentar. Dan selalu saja seperti itu sampai pada akhirnya waktu liburan pun berakhir tanpa merasa libur. Ayo, apakah Anda pernah mengalami hal itu?

Jika Anda seperti ini, maka Anda harus segera membenahi diri agar tidak terjerumus semakin dalam dalam ambisi Anda.

  1. Selalu Merasa Tidak Punya Waktu

Waktu akan selalu menjadi masalah besar bagi orang yang terlalu ambisius. Mereka seakan selalu kekurangan waktu untuk mencapai apa yang diinginkan.

Perasaan panik dan cemas kerap melanda karena waktu yang selalu terasa sangat sempit karena banyaknya deadline yang dibuat sendiri. Jika seperti ini yang Anda alami, maka Anda harus segera merevisi deadline Anda agar tidak membunuh Anda perlahan-lahan.

Jadilah manusia normal yang menghargai waktu, waktu untuk bekerja, waktu untuk rekreasi, dan lain sebagainya.

  1. Melakukan Segalanya Untuk Mencapai Tujuan

Ini yang berbahaya, bagi orang yang terlalu ambisius dengan karir, mereka sering seperti gelap mata. Mereka akan melakukan segala cara untuk bisa mencapai targetnya.

Mungkin pada awalnya hanya sesuatu yang kecil seperti sedikit berbohong, sedikit menghasut, dan lainnya. Hal semacam ini jika terus dibiasakan, lama kelamaan akan melekat pada diri seseorang dan kemudian menjadi sifat permanen orang tersebut.

Orang yang terlalu ambisius akan mudah menghalalkan segala cara untuk mendapatkan yang diinginkan, meski itu dilakukan dengan cara yang tidak sportif. Ambisi yang tak terkendali akan merusak perangai Anda sendiri jika didiamkan terus menerus.

Baca juga: 20 Situs Lowongan Kerja Terbaru dan Terpercaya

PENUTUP

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan seseorang adalah orang yang terlalu ambisius. Jika ada satu atau dua pada diri Anda, maka sebaiknya segera hilangkan agar hidup Anda menjadi lebih bahagia.

Memiliki ambisi yang tinggi memang bagus, namun harus tetap di dalam koridor yang tidak berlebihan sehingga menyiksa diri sendiri.

 



1 comment on this postSubmit yours
  1. Mantabb gan, ini dia diriku terlalu ambisius dalam mengejar sesuatu sehingga dapat mengorbankan keluarga,, mulai hari ini saya akan rileks menjalaninya..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud