Tips Berkompetisi di Lingkungan Kerja Tanpa Berkonflik, Ini Caranya

Berkompetisi di Lingkungan Kerja

Berkompetisi di Lingkungan Kerja via youroffice.com

Ketika menjalani sebuah karir sebagai karyawan atau pegawai, kita seringkali dituntut lebih dalam kinerja. Hal ini wajar, karena setiap perusahaan tentu ingin berkembang lebih maju setiap waktu. Keadaan ini kemudian secara alami akan menciptakan kompetisi di lingkungan kerja Anda.

Iklim kompetisi di lingkungan kerja sangat bagus untuk mendorong laju perkembangan perusahaan. Namun dengan catatan, kompetisi harus berjalan secara sehat. Yang sering menjadi persoalan adalah ketika berkompetisi dalam meningkatkan prestasi namun berujung pada konflik antar rekan kerja.

Untuk menyikapi hal ini, ada beberapa hal pokok yang perlu kita ingat agar  tidak terjebak pada keadaan semacam ini.

1. Fokuslah Pada Peningkatan Kinerja

Jika Anda ingin berkompetisi di lingkungan kerja tanpa berkonflik dengan yang lain, maka yang lebih dulu dilakukan adalah fokus saja dulu pada kinerja Anda. Tingkatkan kinerja, jangan sampai Anda sibuk mencari kelemahan rekan kerja yang lain.

Tanpa disadari, ketika Anda sibuk mencari kelemahan rekan kerja yang lain, waktu dan energi Anda akan terkuras. Sehingga tentu saja Anda akan sulit meningkatkan kinerja yang kemudian berujung pada sulitnya meningkatkan karir Anda.




Apalagi jika Anda membicarakan kelemahan rekan Anda dengan yang lain, itu sama halnya Anda menabuh genderang perang dengan yang lain. Fokus tingkatkan kinerja saja, jangan urusi hal tidak penting lainnya.

Artikel lain: 5 Resiko Menjadi Karyawan dan Solusi Menghadapinya

2. Jangan Berkompetisi untuk Menjatuhkan

Tanamkan pada diri Anda bahwa berkompetisi di tempat kerja bukanlah untuk menjatuhkan rekan kerja yang lain. Berkompetisi semata-mata untuk meraih prestasi yang muaranya untuk meningkatkan perkembangan perusahaan.

Jika Anda sudah memahami hal ini, maka dengan sendirinya Anda akan lebih nyaman dalam bekerja. Anda akan bekerja keras dengan santai tanpa ada tekanan untuk menjatuhkan teman yang lain.

Bekerja seperti ini akan jauh lebih melegakan untuk Anda dan akan membuat energi Anda tidak terkuras hanya untuk menjatuhkan teman lain. Cara ini akan meminimalisir potensi terjadinya konflik dengan teman kerja Anda, sehingga situasi kerja juga akan tetap kondusif.

3. Hindari Membuat “Geng” di Kantor

Geng (kelompok) ternyata tidak hanya di sekolah-sekolah, namun di lingkungan kerja juga ada. Ada berbagai alasan yang mendasari terbentuknya sebuah geng. Di lingkungan kerja, geng biasanya timbul karena adanya kesamaan cara berpikir ataupun memiliki tujuan yang sama.




Nah, munculnya geng seperti ini sangat rawan memicu timbulnya konflik dalam sebuah perkumpulan. Geng ini sering sekali kita jumpai di lingkungan kerja, dan yang paling sering melakukan hal ini adalah wanita.

Mungkin dengan membentuk sebuah geng akan memudahkan untuk meningkatkan prestasi kerja, bagus jika begitu. Namun kebanyakan yang terjadi adalah sebuah geng akan justru sering memicu terjadinya benturan atau gesekan dengan rekan kerja yang lain.

Maka dari itu, ada baiknya jika Anda tidak usah ikut-ikutan menjadi bagian dari geng tersebut untuk meminimalisir terjadinya konflik.

4. Jangan Bawa Masalah Pribadi

Masalah pribadi memang sering menjadi sumber konflik di lingkungan mana saja. Di lingkungan kerja juga demikian, jangan sampai membawa masalah pribadi Anda ke tempat kerja. Masalah pribadi bisa berasal dari mana saja, baik masalah pribadi Anda dengan orang di luar kantor, maupun masalah pribadi dengan rekan kerja Anda.

Terlebih jika Anda sedang memiliki masalah pribadi dengan rekan kerja, sebisa mungkin pisahkan masalah pribadi dengan pekerjaan. Selain akan mengganggu kinerja Anda, jika Anda membawa masalah pribadi ke tempat kerja bukan tidak mungkin justru akan memicu konflik baru lainnya.

Baca juga: Selain Pengalaman Kerja, Ini Pelajaran yang Bisa Diambil Saat Menjadi Karyawan

5. Tingkatkan Kualitas Komunikasi dengan Rekan Kerja

Komunikasi bisa menjadi kunci utama dalam meraih prestasi tanpa menimbulkan konflik dengan rekan kerja. Jika komunikasi yang Anda bangun dengan rekan yang lain sangat bagus dan cair, maka konflik kerja akan sangat minim terjadi, bahkan tidak sama sekali.

Cara paling gampang dalam meningkatkan komunikasi adalah dengan sering melakukan interaksi dengan rekan kerja. Biasakan menyapa jika bertemu dengan teman kerja, menanyakan kabar juga sangat baik. Atau sekedar ngopi bersama di luar jam kerja juga akan sangat membantu meningkatkan kualitas komunikasi Anda dengan teman kerja Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud