Terapkan Sistem Jaringan Online Untuk Dukung Bisnis Budidaya Jamur

bisnis budidaya jamur

Image dari Tabloidpeluangusaha.com

Saat ini persaingan bisnis sudah semakin ketat hampir di semua lini usaha. Tidak hanya yang bersifat konvensional, bisnis online pun juga menawarkan banyak sekali persaingan yang tentunya tidak mudah untuk dilalui. Seperti contohnya pengembangan untuk bisnis budidaya tanaman pangan khususnya jamur, banyak petani jamur yang juga mulai memanfaatkan fasilitas online untuk memasarkan produknya.

Hal seperti ini tentu merupakan tanda yang positif untuk perkembangan industri pertanian di Indonesia. Namun pertanyaannya adalah, ketika memasarkan sebuah produk offline utamanya dalam bentuk produk pangan basah seperti jamur apakah para petani bisa menjalankannya dengan baik? Mengingat tingginya persaingan di ranah bisnis online.

Jawabnya tentu tergantung, karena pada beberapa pebisnis memang sudah ada yang mempunyai basic pengetahuan yang cukup di bidang bisnis online. Namun bagi mereka yang tidak mengetahui sama sekali, tentu akan menjadi tantangan bagi mereka. Oleh karena itu salah satu strategi yang bisa kita tawarkan dalam hal pemasaran bisnis jamur lewat media online adalah melalui member jaringan. Seperti apakah sistem ini dijalankan? Berikut ulasannya.

Sekilas Tentang Pemanfaatan Media Online Untuk Pemasaran Budidaya Jamur

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, saat ini sudah cukup banyak pelaku budidaya ataupun petani jamur yang memanfaatkan media online sebagai alat marketing. Pilihan yang paling mudah mereka menggunakan media sosial untuk memperkenalkan produk jamur miliknya. Mulai dari jamur segar hingga berbagai olahan jamur sudah lazim kita temui dipromosikan lewat media sosial.

Namun tentunya masih ada beberapa cara lain yang bisa ditempuh untuk memasarkan budidaya jamur. Caranya yakni menggunakan sistem jaringan member online. Secara umum sistem ini bekerja hampir serupa dengan jaringan offline. Yang terpenting adalah adanya hubungan erat antara pelaku bisnis dan juga konsumen dalam satu tempat yang sama.

Artikel lain: Growbox, Gencarkan Budidaya Jamur Dengan Kreatif

Menggunakan Fasilitas Forum Online

Langkah pertama untuk bisa membuat sebuah jaringan online yang mendukung bisnis budidaya jamur adalah dengan membuat sebuah forum online. Mengapa harus forum online? Alasan yang pertama adalah karena mampu menjadi wadah bertemunya para pengusaha jamu dengan calon konsumen. Dalam sebuah forum online kita mengenal adanya masyarakat atau komunitas online yang mengembangkan forum tersebut.

Kesamaan minat dan juga kebutuhan inilah yang menjadi kunci kekuatan sebuah forum online. Kemudian kita harus menjalin sebuah komunikasi yang efektif tidak hanya dari pihak kita selaku budidaya namun juga dengan pelaku bisnis lain serta yang paling penting tentunya para konsumen yang membutuhkan produk jamur.

Menciptakan Ikatan Dalam Jaringan Online

Langkah berikutnya setelah kita membuat sebuah forum online yakni kita harus menciptakan sebuah ikatan yang kuat dari jaringan member online. Adanya ikatan emosional lewat kedekatan baik secara lisan maupun pertemuan langsung, upayakan tetap terjaga antara Anda dengan konsumen. Jika tidak bisa bertemu secara langsung, setidaknya kita bisa mengirimkan beragam informasi tentang bisnis kita atau informasi umum yang tentunya bermanfaat bagi para konsumen.

Informasi tersebut bisa seperti contohnya, bagaimana mengolah jamur, mengenali jamur yang bisa di konsumsi atau bahkan memberikan panduan bagaimana mengembangkan budidaya jamur bagi konsumen yang tertarik untuk menekuninya. Yang harus kita pahami adalah memperkenalkan peluang budidaya jamur tidak lantas akan menambah persaingan dengan bisnis kita sendiri, kita harus berfikir bahwa nantinya para pengusaha baru tersebut bisa menjadi jaringan bisnis yang menguntungkan di kemudian hari.




Baca juga: Rial Aditya ~ Sukses Besar Bisnis Jamur Sang Petani Berdasi

Memberikan Insentif Pada Member

Setelah kita mempunyai sebuah komunitas online yang kuat yang diisi orang member member yang memiliki keterikatan dalam dengan bisnis kita, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah memberikan insentif kepada member tersebut. Insentif bisa dilakukan dalam berbagai bentuk seperti contohnya bonus tunai, pembelian produk dengan harga yang lebih murah atau bentuk insentif lain.

Dari situ bisnis jamur kita akan terus berkembang. Secara sederhana, apa yang telah kita upayakan di atas merupakan wujud dari investasi jangka panjang untuk membuat jaringan bisnis. Pengembangannya bisa dalam bentuk membuat program reseller yang bisa dijalankan oleh member. Lama-kelamaan, jaringan bisnis Anda agar semakin melebar bahkan mampu mencapai pasar yang sangat luas.

Tertarik mencoba strategi ini? Mulailah dari hal yang kecil dan mulailah sekarang juga.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud