Arti Teks Marhaban Ya Ramadhan, Keutamaan Mengucapkannya

Advertisement-Scroll to Continue

Sebentar lagi ummat Islam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 2024. Teks Marhaban Ya Ramadhan mulai mewarnai jagad internet. Banyak bermunculan twibbon atau kata-kata mutiara yang mengandung ucapan ini.

Namun apakah Anda sudah tahu tentang apa sebetulnya arti dari ucapan tersebut? Jika dalam bahasa Indonesia, kiranya apa ya artinya? Tentu memang ucapan Marhaban ini berasal dari bahasa Arab.

gambar selamat puasa 1445 H

Padahal sebuah ucapan meski berasal dari bahasa Arab, seharusnya paham makna dan artinya. Sehingga nantinya bisa memberikan penalaran dan penerimaan oleh akal dan hati.

Perlunya Kreativitas Saat Membuat Teks Marhaban Ya Ramadhan

Meski kelihatannya simple hanya mengucapkan teks Marhaban Ya Ramadhan. Tapi kalau tahu artinya pasti bisa lebih kreatif pula dalam menghadirkan tulisan ucapan yang lebih panjang dan berkesan.

Memang kebanyakan ucapan selamat Ramadhan itu mengikuti yang sedang jadi tren. Seperti pada Ramadhan 1445 H kali ini, ucapan Marhaban sedang menjadi favorit.

Daripada menyampaikan selamat hari Ramadhan belaka yang terkesan biasa. Orang-orang mulai membagikan teks Marhaban secara digital dalam bentuk twibbon maupun poster melalui media sosial.

Jadi memang perlu pemahaman tentang bagaimana cara membuat teks tersebut secara digital. Dengan pembelajaran yang signifikan, pasti kreativitas melonjak naik. Saat membuat teks ucapan selamat hari Ramadhan tidak monoton lagi.

ucapan selamat Ramadhan

Anda mungkin butuh dukungan dari aplikasi membuat teks ucapan selamat yang bagus. Bisa software desain grafis atau bahkan AI image yang khusus memiliki kemampuan membuat dan generate gambar sesuai keinginan.

Tapi khusus untuk yang memiliki keahlian menggambar bebas atau mengoperasi software grafis, maka gunakan saja softwarenya. Jangan gunakan AI karena kebanyakan generator AI teks dan gambar masih monoton gambarnya.

Baca Juga: Kapan Puasa Ramadhan Tahun 2024? Persiapkan Hal Ini Sebelum Mulai

Memahami Arti Teks Marhaban Ya Ramadhan

Tahukah Anda apa sebetulnya arti dari teks ini? Ucapan selamat yang merupakan pengucapan latin dari bahasa Arab. Kata-katanya tentu mengandung arti yang baiknya diketahui dulu.

Tentu sangat aneh ketika kita menyampaikan ucapan selamat dalam bahasa Arab tapi tidak tahu artinya. Apalagi ucapan Marhaban begini sudah familiar. Siapa-siapa mengucapkan ini, terutama saat membagikan infografis tentang Ramadhan.

Pengertian kata “Marhaban” menurut Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab, Lc. MA yaitu kata ini berasal dari bahasa Arab “rahb” yang maknanya “luas” maupun “lapang”. Dapat pula diartikan sebagai “Rahbah” yang berarti sebuah ruangan yang luas yang seperti lapangan tempat perakitan dan perbaikan kendaraan.

Sehingga ketika teks Marhaban Ya Ramadhan diucapkan, itu akan memiliki arti yang kurang lebih “Selamat menyambut bulan Ramadhan” yang penuh dengan kelapangan. Hari yang luas berkahnya saat yang terbaik untuk beribadah memperbaiki diri.”

Ungkapan sambutan terhadap hari puasa Ramadhan dalam bahasa apapun memiliki tujuan yang sama. Sebagai suatu ucapan selamat kepada orang-orang terdekat. Semoga mereka pun diberi kesehatan dan kesiapan secara fisik dan psikologis agar dapat beribadah dengan lancar.

Puasa Ramadhan Ucapan

Teks Marhaban Ya Ramadhan telah terbukti menjadi semacam pengikat persaudaraan. Tali silaturahmi menjadi terjalin erat karena kebiasaan saling mengirim ucapan seperti ini, baik secara tertulis maupun lisan.

Bayangkan bila selama bulan Ramadhan, ummat Islam tidak terbiasa saling mengucapkan kalimat selamat? Mungkin kehidupan bermasyarakat jadi lengang dan terkesan sangat individualistik. Padahal sesama muslim itu bersaudara.

Sehingga mulai sekarang alangkah baiknya untuk tidak ragu mengucapkan selamat menjalani ibadah puasa Ramadhan. Kepada siapapun yang ada dalam kontak media sosial. Setidaknya kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, sahabat dan kolega.

Hukum Mengucapkan Kalimat Marhaban Ya Ramadhan

Bagaimana hukum mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan pada saat menjelang bulan suci berpuasa ini? Masih menjadi perdebatan tentang keutamaan mengucapkan kalimat selamat.

Hadits yang shahih tidak menyebutkan tentang imbauan untuk ucapan selamat. Namun hanya sebatas kabar gembira bahwa saat memasuki bulan Ramadhan, maka inilah waktu di mana pintu surga terbuka. Sedangkan pintu neraka tertutup dengan setan-setan memperoleh belenggu rantai.

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

Artinya:

“Telah datang bulan Ramadan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.” (H.R Ahmad).

Jadi tidak ada kewajiban untuk mengirim teks Marhaban Ya Ramadhan menjelang berpuasa. Namun bukan pula suatu larangan untuk mengucapkannya.

selamat hari puasa

Apalagi saat bulan puasa ini adalah saat paling tepat untuk lebih banyak beramal baik. Sebab pahala akan dilipatgandakan. Sebagaimana dalam hadits riwayat Muslim berikut:

“Setiap amal ibnu Adam (manusia) dilipatgandakan, kebaikan sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat; Allah SWT berfirman: kecuali puasa, sesungguhnya puasa milikku, dan saya akan membalasnya. Ia (orang puasa) meninggalkan syahwat dan makan karena-Ku,” (H.R Imam Muslim).

Menyampaikan kabar gembira melalui sambutan bulan Ramadhan kepada saudara sesama muslim merupakan perbuatan baik. Semoga dengan kegiatan saling memberikan selamat ini akan menjadi dorongan bagi laku ibadah yang lebih baik lagi.

Keutamaan Mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Apa saja sebetulnya keutamaan dari mengucapkan teks Marhaban Ya Ramadhan kepada orang-orang terdekat? Setelah memahami bahwa tidak hadits yang mewajibkan, begitu pun dalam Al Qur’an tidak ada keterangan mengenai kewajiban ucapan selamat ini.

Namun yang sudah pasti adalah bahwa menyampaikan kabar gembira itu suatu perbuatan yang mulia. Menjelang Ramadhan tahun ini, saling mengingatkan kapan waktu berpuasa dimulai, atau apa saja manfaat dari berpuasa juga menjadi bagian dari kabar gembira tersebut.

teks Marhaban Ya Ramadhan

Teks Marhaban Ya Ramadhan, selain untuk kabar gembira juga ada keutamaan lainnya, yaitu:

1. Mengingatkan bahwa Ramadhan Telah Tiba

Ucapan selamat menyambut hari Ramadhan akan membuat setiap individu muslim dan muslimah jadi ingat. Bulan Ramadhan yang datangnya setahun sekali ini ternyata sudah datang juga.

2. Menyapa Kawan Lama

Ada kalanya ingin menyapa kawan lama yang sudah lama tidak berkomunikasi. Namun ada perasaan malu atau bingung mau ngomong apa. Baiknya kirim saja teks Marhaban Ya Ramadhan agar tidak canggung lagi.

3. Memperat Hubungan Keluarga

Sungguh saling kirim pernak-pernik Ramadhan seperti ini dapat mempererat hubungan keluarga. Baik dengan orang tua maupun saudara kandung yang kini telah tinggal berjauhan.

4. Menjadi Cara Mengetuk Pintu Maaf

Ucapan selamat menyambut hari berpuasa Ramadhan dapat menjadi jalan mengetuk pintu maaf. Mungkin selama ini ada salah dengan orang lain. Sehingga sambil ucapkan selamat, bisa sambil minta maaf.

5. Persiapan Menyambut Bulan Puasa

Tentunya dengan kegiatan menyiapkan ucapan Ramadhan seperti ini, dapat menjadi bentuk persiapan pula. Agar diri sendiri lebih siap menjalani puasa besok.

Baca Juga: Bacaan Niat Buka Puasa Ganti Ramadhan karena Haid

Dengan berbagai keutamaan ini, maka kini saatnya untuk menyiapkan template teks Marhaban Ya Ramadhan yang terbaik. Pilih yang gambar serta untaian kalimatnya dapat mewakili apa yang hendak ingin disampaikan.

Advertisement
M Zam

Leave a Comment