Tehnik Simpel ini Akan Membuat Iklan Youtube Jadi Makin Efektif

Membuat-Iklan-Youtube

Penggunaan internet secara rutin telah menjadi bagian hidup yang tak bisa dipisahkan dari kebiasaan masyarakat modern. Bahkan tak sedikit pengguna internet yang memperoleh penghasilan dari internet. Salah satu caranya yakni dengan memasang iklan mengenai bisnis online melalui berbagai #media sosial.

Memasang iklan melalui media sosial memberikan hasil yang positif bagi popularitas suatu bisnis online. Dari sekian banyak media sosial, #Youtube menjadi salah satu primadonanya karena konsep audio visual yang ditawarkan. Dalam sebuah buku berjudul “Ultimate Guide to Google AdWords”, Perry Marshalls, Mike Rhodes dan Bryan Todd selaku ahli di bidang online advertising dan Google AdWords sempat memaparkan langkah-langkah promosi online melalui Youtube.

Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Fitur yang Akan Digunakan

Setelah menghubungkan akun Youtube dengan akun AdWords yang kita miliki, pilihlah fitur “biaya maksimum per klik” yang akan menentukan berapa besar biaya yang harus kita keluarkan saat iklan yang kita pasang disaksikan oleh para pengguna Youtube. Selain itu, kita juga bisa memilih satu dari sekian banyak format iklan yang ditawarkan oleh Youtube. Untuk proses promosi pertama, Anda bisa menggunakan kisaran harga US$ 0.1 hinggaUS$ 0.4 dengan nilai lanjutan yang bisa disesuaikan setelah proses promosi berlangsung.

Artikel lain: Sosok 3 Serangkai Di Balik Kesuksesan YouTube

2. Tentukan Target Audience yang Kita Inginkan

Setelah menentukan jenis dan harga iklan yang akan kita gunakan, tahap selanjutnya adalah menentukan target audience yang sesuai dengan promosi yang kita inginkan. Pada tahap ini, kita dapat memilih target berdasarkan klasifikasi umur dan gender para pengguna Youtube.




Selanjutnya, kita juga dapat menentukan topik dan sub topik iklan yang akan dipasang. Sebagai contoh, jika kita ingin mempopulerkan produk cemilan bercitara pedas, maka secara teori mungkin kita bisa menggunakan topik “makanan”, namun akan lebih efektif lagi bila kita menggunakan sub topik “cemilan pedas” atau “snack pedas”. Mulailah menggunakan kata kunci yang menarik dan tempatkan URL Youtube pada channel Youtube yang tepat dan sering dilihat oleh banyak pengguna internet.

3. Sesuaikan Target Dengan Apa yang Dicari Pengguna Youtube

Selain membuat perencanaan mengenai kata kunci iklan yang kita pasang di Youtube, kita juga bisa mulai memprakirakan target apa yang ingin dicari oleh para pengguna Youtube saat sedang menggunakan Youtube. Menentukan minat dan demografi pada iklan Youtube akan membuat iklan yang kita pasang segera muncul ketika para pengguna Youtube mengetikkan frasa atau kata-kata tertentu pada kolom pencarian Youtube. Kata kunci yang unik dan populer akan memperbesar peluang bagi akses iklan yang kita pasang.

4. Mulailah Berkreasi Dengan Format Iklan

Pada tahap ini, kita dapat memilih saluran Youtube yang akan menjadi sarana iklan kita. Tak sampai disitu saja, kita juga harus memilih format kemunculan iklan di Youtube. Secara garis besar, ada 2 jenis iklan yang ditampilkan di Youtube, yakni iklan yang muncul sebelum suatu video diputar dan iklan yang muncul di display kanan halaman Youtube.

Bila memutuskan untuk menggunakan iklan yang muncul sebelum video diputar, pastikan awal iklan tersebut menarik dan tak membuat para pengguna Youtube menekan tombol skip sebelum iklan selesai. Sementara untuk iklan yang ditampilkan di display halaman Youtube, kreasi visual yang menarik menjadi salah satu penentu apakah iklan tersebut akan banyak diklik oleh para pengguna Youtube atau tidak.

5. Memilih Atribut Iklan

Tahap terakhir dalam proses pemasangan iklan di Youtube adalah penetuan atribut iklan. Atibut iklan yang dimaksud disini adalah penentuan UR tujuan, thumbnail gambar, nama iklan dan teks iklan (untuk iklan yang dipasang di display halaman Youtube). Pilihlah destinasi yang akan mengarahkan para pengguna Youtube ke halaman ke video atau saluran Youtube tertentu ketika mengklik iklan yang kita pasang. Disamping menentukan destinasi, kita juga bisa menggunakan companion banner berukuran 300×60 saat memasang iklan di display halaman Youtube.




Baca juga: Tips Membuat Channel Youtube yang Sukses

Kelima langkah tersebut adalah langkah-langkah simpel untuk mulai memasang iklan di Youtube. Dengan memilih fitur iklan yang tepat, kita bisa memperoleh manfaat promosi yang efektif melalui penggunaan Youtube.




5 total comments on this postSubmit yours
  1. Sedot wc lentera jaya melayani jasa sedot wc melancarkan saluran mampet tersumbat biaya murah wil Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Jombang, Lamongan, Pasuruan 085100571532

    • Buset, dikira di sini banyak toilet ya hahaha. Om, promosi bisnis jasa sedot WC jangan di sini

  2. Umur adsense youtubeku udah setahun setengah dan video udah ada 11 video tapi sampai skrg pendapatan masih nol mas :D

  3. okelah kalau begitu, izin share gan untuk dibagikan,

  4. pengin nyoba youtube sih tp gak ada kuota buat upload video :(

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud