Tips Membuat Channel Youtube yang Sukses

Membuat-Channel-Youtube-yang-Sukses

Youtube telah menjadi website konten audiovisual yang berhasil sebagai media penyebaran informasi di internet. Para pengguna internet pasti sudah pernah menggunakan #Youtube, baik untuk media hiburan maupun untuk mencari berbagai informasi dan video tutorial. Kesuksesan Youtube di dunia internet juga memacu banyak perusahaan untuk membuat channel khusus di Youtube.

Banyak perusahaan maupun pengguna individu yang berlomba-lomba membuat channel Youtube untuk mempopulerkan suatu produk. Hal ini memang sangat wajar, mengingat Youtube menjadi sarana informasi krusial bagi para pengguna internet. Nah, jika kita berencana ingin membuat channel di Youtube, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar channel tersebut sukses meraih perhatian banyak orang. Beberapa poin yang perlu kita perhatikan antara lain:

1. Gunakan Beberapa Media Sosial Pendukung

Para selebriti yang berasal dari Youtube tidak hanya menggunakan Youtube saja untuk mencapai kepopuleran dan memperoleh perhatian dari banyak fans. Setidaknya para selebriti Youtube tersebut menggunakan bantuan dari berbagai jaringan #sosial media lainnya untuk mempopulerkan channel dan berbaga videonya di Youtube. Sebagai contoh, untuk mempopulerkan suatu link video Youtube, kita bisa menggunakan bantuan Facebook, Twitter atau membuat cuplikan teaser di Instagram untuk menarik perhatian lebih banyak orang.

2. Fokus Pada Sosial Media yang Paling Potensial

Meskipun kita berkesempatan untuk menggunakan banyak sosial media untuk mempopulerkan channel Youtube kita, alangkah baiknya bila kita berfokus pada sosial media yang paling banyak membantu kita meraih pengunjung di Youtube. Misalnya saja, Facebook cenderung mampu menjadi sosial media yang membantu menaikkan popularitas channel Youtube karena Facebook bisa memunculkan printscreen dari video Youtube kita. Kemampuan yang sama juga dimiliki oleh Instagram, yang mampu menampilkan teaser atau trailer dari keseluruhan konten video kita di Youtube.

Artikel lain: Sosok 3 Serangkai Di Balik Kesuksesan YouTube

3. Memposting Video Secara Konsisten

Ternyata tak cukup hanya mempopulerkan channel Youtube kita melalui berbagai informasi di sosial media. Kita juga harus melakukan posting konten video secara konsisten untuk menjaga loyalitas para pengunjung channel kita. Mem-posting konten secara konsisten akan membuat para pengunjung melakukan kunjungannya secara berkala ke channel kita untuk melihat sesuatu yang baru yang kita sajikan.

Posting berkala di Youtube selanjutnya bisa kita seimbangkan dengan kuantitas posting di Facebook, Twitter dan Instagram. Seperti channel PewDiePie yang sangat aktif di Facebook dan Twitter untuk mempopulerkan channel Youtubenya.

4. Buat Posting di Sosial Media yang Memancing Keterlibatan Pengguna

Setelah mengetahui frekuensi posting yang tepat untuk mempromosikan channel Youtube kita, selanjutnya hal yang harus diutamakan adalah konten posting yang menarik dan mampu meningkatkan keterlibatan para pengguna sosial media. Karena posting sosial media yang memperoleh banyak like atau share, biasanya mampu menarik perhatian banyak pengguna sosial media yang sebelumnya tidak mengetahui informasi tentang channel Youtube kita.

Banyaknya like dan share mendorong posting kita untuk tersebar secara lebih luas lagi. Para pengguna internet yang belum mengenal channel Youtube kita mungkin akhirnya tertarik melalui informasi yang dibagikan oleh kerabat atau teman di sosial media.

5. Beradaptasi Dengan Kebiasaan di Media Sosial Lain

Meskipun kita bertujuan untuk mempopulerkan produk, penyanyi atau aktris baru melalui channel Youtube, namun kita juga bisa membuat posting konten dengan format berbeda di sosial media lainnya. Misalnya melalui Facebook, kita bisa membuat posting berupa foto-foto produk yang tampak menarik, lucu atau mampu mengundang komentar dari banyak orang. Sementara melalui Twitter, kita bisa mengajak para pengguna Twitter untuk melakukan retweet agar bisa mendapatkan follow dari akun Twitter kita.

Baca juga: Dinamika Youtube ~ Jaman Bioskop Jadul Hingga Era Streaming Online




Setelah mempelajari berbagai tips yang diulas kali ini, kita tentu semakin paham mengenai cara mempopulerkan channel Youtube secara efektif. Membuat channel Youtube mungkin bukanlah hal yang sulit. Namun yang lebih sulit adalah, mempopulerkan channel tersebut dan mempertahankan popularitasnya ditengah ketatnya konten-konten audiovisual di sosial media. Membuat sajian channel Youtube yang unik dan menambahkan sistem promosi yang efektif akan membuat banyak pengguna internet menjadi tertarik untuk mengakses channel Youtube kita secara teratur.




14 total comments on this postSubmit yours
  1. jadi harus kaya gitu pantesan saya opld 2 video tidak ada stupun yang melihatnya padahal video sudah saya upld 1 tahun yg lalu haduh parah pantesan saja saya gak pake cara itu

  2. Kenapa yah setiap saya bikin chenel youtub suka berhenti di tengah jalan karena tidak ada materi bikin video nya, mohon bantuannya pada master youtuber

  3. Udah punya channel youtube, tapi yang saya bingung adalah membuat video yang bisa menarik dan viral…

  4. Mas mau nanya..Saya dapet info dari video di YouTube katanya hasil dari adsense bisa langsung ditransfer ke rekening kita..Itu bener gk?
    Thanks

  5. OOo ternyata facebook ada kegunaannya juga ya untuk hal yang lain, bukan hanya sekedar video

  6. Artikel yang bermanfaat…
    mo nanya nih gan, saya tinggal di Bekasi, tapi KTP saya Tangerang, bisa ga, kalo chek dari adsense saya minta kirim ke alamat saya di Bekasi?
    trims, kalo bisa, balas ke email saya d atas ya..

    • Saran saya, setting pembayarannya ke Wire Transfer atau Western Union aja. Proses pengiriman cek terlalu lama, belum lagi proses pencairan cek di bank.

  7. Saya punya chanel tentang lirik lagu, tapi mengandung konten berhak cipta. Padahal viewsnya lumayan, malah orang yg punya backsound yg masang iklan :'(

  8. Saya bingung gimana caranya masukin video dan cara membuat video yg lucu

  9. terima kasih mas atas tipsnya.
    sukses selalu.

  10. Ijin Share gan

  11. Terimakasih atas tutorialnya,,,,Kalau boleh saya mohon petunjuk ebook rahasia untuk sukses di youtube atau video tutorialnya dimana saya bisa mendapatkannya ?
    Terimakasih

  12. tipsnya keren banget nih min. bookmark ah

  13. Saya memang sedang belajar memaksimalkan youtube untuk mendapatkan penghasilan online, tutorial ini sangat membantu saya. terimakasih

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud