Tantangan Ini Harus Dihadapi oleh Seorang Entrepreneur

Tantangan-Ini-Harus-Dihadapi-oleh-Seorang-Entrepreneur

Beberapa tahun belakangan ini bisnis online sudah menjadi tren bisnis baru di masyarakat. Tak hanya pebisnis yang sudah mahir saja yang dapat menjalankan #bisnis online, namun hampir semua kalangan masyarakat lainnya seperti pelajar, mahasiswa atau ibu rumah tangga juga bisa menjalankan bisnis online. Menggunakan desktop atau gadget canggih dengan koneksi internet, maka bisnis online bisa segera dimulai dengan mudah dan praktis, tentu saja bila Anda tahu caranya.

Sayangnya, menjalankan bisnis online secara konsisten tak semudah yang kita bayangkan. Banyak tantangan dan pertimbangan yang harus dihadapi dan diputuskan secara bijak demi kemajuan bisnis online. Beberapa tantangan yang mungkin kita hadapi ketika memiliki bisnis online yaitu:

1. Tantangan Untuk Selalu Mengikuti Tren Terbaru

Hampir sama seperti bisnis real pada umumnya, mungkin kita berpikir untuk menyimpan persediaan banyak barang untuk memenuhi permintaa pelanggan. Padahal tak selamanya menyimpan stok berbagai jenis barang dapat menjamin kesuksesan bisnis online yang kita rintis, bahkan akan lebih baik bila kita memfokuskan diri pada produk yang lebih spefisik.

Mulailah untuk menjual produk yang sedang tren atau sedang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, jangan lupa untuk menentukan target pelanggan yang akan menjadi sasaran pemasaran kita.

Artikel lain: Cermatlah Sebelum Memutuskan Bekerja dari Rumah

2. Harus Memiliki Website Untuk Bisnis Online

Banyak pebisnis online yang tak mau direpotkan dengan urusan mengenai pembuatan dan pengelolaanwebsite untuk bisnis online. Padahal suatu bisnis online yang memiliki website akan memberikan kesan yang lebih profesional dan lebih terpercaya dibandingkan dengan bisnis yang hanya mengandalkan #media sosial, aplikasi chat atau nomor hp.

Bila kita memiliki website bisnis online, kita bisa mencantumkan form pemesanan produk melalui website tersebut. Sehingga kita tinggal menerima order dan melakukan proses transaksi jual beli. Tentu lebih praktis dan hemat waktu dibandingkan bila harus merespon setiap order melalui SMS atau aplikasi chat.

3. Memenuhi Ekspektasi Pelanggan

Pelanggan adalah pihak yang membantu bisnis online kita menjadi lebih maju dan sukses. Oleh sebab itu, jangan pernah meremehkan ekspektasi atau kritik yang diajukan oleh pelanggan. Jalinlah kedekatan yang komunikatif agar kita bisa mengetahui hal apa yang sebenarnya diharapkan pelanggan dari bisnis online kita.

4. Bersiap Untuk Persaingan Sehat

Meski tampak mudah untuk dimulai, menjalankan bisnis online harus dilakukan dengan strategi yang jitu agar kita bisa memenangkan persaingan dengan cara yang halal dan sehat. Jadi, mulailah untuk menunjukkan beragam keunggulan bisnis online milik kita dibandingkan dengan kompetitor sejenis. Keunggulan tersebut secara tak langsung akan membuat para pelanggan akan memberikan kepercayaan dan loyalitasnya pada kita.

5. Belajar Mempertahankan Pelanggan

Mempertahankan lebih sulit daripada meraihnya

Ungkapan tersebut tentu harus dipahami betul oleh para pelaku bisnis online. Pelanggan mungkin tertarik untuk membeli pertama kalinya karena ada keunggulan, diskon atau produk yang menarik perhatian mereka. Namun tentu harus ada alasan lainnya bagi mereka untuk kembali membeli dari bisnis online kita secara terus menerus. Lakukanlah beragam inovasi agar para pelanggan tak pernah bosan dengan kejutan yang kita tawarkan.

6. Memilih SDM Juga Jadi Tantangan

Saat bisnis online yang kita rintis sudah mulai berkembang dan menjadi besar, merekrut SDM yang handal tentu menjadi keharusan. Jadi, kita juga harus merekrut SDM yang berkualitas, dapat diandalkan dan memiliki visi misi yang sama dengan kita. Tak pernah ada ruginya menjalin hubungan yang baik dan akrab dengan para pekerja kita karena secara tak langsung mereka juga menjadi ujung tombak yang turut menyukseskan bisnis online yang kita bangun.




7. Membangun Hubungan yang Positif

Walaupun hanya menjalankan bisnis online dan tak pernah bertatap muka langsung dengan para pelanggan, tak ada salahnya menyapa para pelanggan atau membuat grup yang berisi para pelanggan setia kita. Jangan hanya memberikan informasi seputar produk-produk bisnis online, karena kita juga harus menyajikan informasi menarik yang bisa mengakrabkan kita dengan para pelanggan bisnis online.

Baca juga: Ingin Jadi Internet Marketer Profesional? Pelajari Dulu Hal-hal Ini!

Meski banyak tantangan yang akan dihadapi seorang entrepreneur saat mengelola bisnis online, ingatlah selalu bahwa tak ada kesuksesan yang diraih tanpa tantangan dan kerja keras. Belajarlah untuk selalu tekun dan cermat dalam menghadapi setiap tantangan dalam perjalanan bisnis online yang kita rintis.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud