Ingin Kerja Dari Rumah? Cermatlah Sebelum Memutuskannya

Bekerja-dari-Rumah

Tiap hari jalanan macet! Ya, setiap hari itulah masalah utama yang dihadapi oleh masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. Kemacetan mengharuskan kita untuk berangkat kerja lebih pagi dan pulang lebih larut. Siapa sih yang tidak ingin bekerja tanpa harus terganggu dengan kemacetan. Belum lagi di musim penghujan kita biasanya disibukkan dengan genangan banjir di sejumlah ruas-ruas jalanan. Kalau sudah begini. Bekerja dari rumah tentu terdengar sangat menyenangkan.

Kecanggihan teknologi #internet  menjadi salah satu sarana untuk memulai pekerjaan atau berbisnis dari rumah. Banyak sekali lho freelancer yang mendulang rupiah dari “pekerjaan rumah” mereka. Memiliki usaha yang bisa dijalankan dari rumah kan tak harus selalu di rumah, kita bisa pergi ke cafe atau tempat-tempat lain yang nyaman untuk bekerja.

Kendati demikian bekerja dari rumah bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak hal yang harus kita cermati sebelum memutuskan untuk mulai berbisnis dari rumah. Hal-hal tersebut adalah:

1. Personality yang Baik

Tak mudah lho sebenarnya memulai pekerjaan dari rumah. Kita dituntut untuk lebih kreatif walaupun tidak menjalin kerjasama dengan banyak orang. Inspirasi dan ide-ide inovatif tetap harus berkembang setiap hari. Meskipun kita mungkin tak keluar dari kamar untuk berusaha menyelesaikannya.

Artikel lain: Mindset Yang Harus Dimiliki oleh Seorang Entrepreneur

2. Buatlah Suasana Senyaman Mungkin

Sering terganggu dengan tamu atau hiruk pikuk anggota keluarga? Mungkin sudah saatnya kita memikirkan bagaimana membangun dan menempati sebuah ruangan nyaman khusus bekerja di rumah. Dengan demikian, seluruh konsentrasi dan ide-ide kita bisa berkembang secara maksimal di salah satu sudut rumah yang membuat kita lebih nyaman.




3. Jadilah Pribadi yang Disiplin

Tak ada pribadi tak disiplin yang sukses bekerja dari rumah. Rumah begitu nyaman sehingga kadangkala bisa membuat kita kurang berkonsentrasi serta menunda pekerjaan. Tak ada macet, tak ada baju yang formal dan tak ada atasan yang mengawasi kita. Hal ini secara tak langsung menuntut kita untuk memiliki sikap disiplin di atas rata-rata.

4. Interaksi Sosial Juga Penting lho

Kita mungkin tak menyadari pekerjaan yang kita lakukan dari rumah membuat kita menjadi pribadi yang individualistis dan jarang bergaul. Padahal pergaulan adalah hal yang penting untuk menjaga relasi dengan orang lain. Bekerja dari email bukanlah satu-satunya pilihan yang baik untuk kita.

Jadi, mulailah keluar rumah dan berinteraksi dengan orang-orang lain yang mendukung karir kita. Mengenal banyak teman dan kerabat baru akan membuat kita merasa lebih bersemangat dan mendapat inspirasi dari banyak hal.

5. Tak Semua Hal Bisa Dilakukan Secara Online

Bagaimana caranya merayakan keberhasilan bersama dengan para rekan kerja dari dunia virtual? Hal ini tentu tak seru kan bila dilakukan secara virtual juga. Maka dari itu, pandai-pandailah untuk menjalin hubungan baik secara langsung. Bertemu dengan rekan-rekan pekerjaan online dapat menjadi agenda kegiatan seru yang membuat hari-hari kita jadi lebih menyenangkan.

6. Rumah adalah Tempat Untuk Relaks

Anggapan ini seringkali membuat orang-orang yang bekerja dari rumah tak dapat meluangkan waktu untuk rileks dan berhenti dari semua aktivitas pekerjaan mereka. Nah, kita jangan sampai melakukan hal itu ya. Kita harus lebih teliti dan cermat menyusun waktu yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan. Jangan lupa pula sisihkan waktu untuk bersantai dan berinteraksi bersama anggota keluarga di rumah.




7. Tetap Sehat Walaupun Bekerja di Rumah

Apa yang kita lakukan saat memiliki waktu luang di sela-sela pekerjaan? Mungkin kita memilih untuk asyik menyaksikan video-video di Youtube atau sibuk berurusan dengan #media sosial . Sebaiknya kita mengurangi kegiatan tersebut, dan fokus pada hal-hal yang lebih sehat bagi tubuh. Kita bisa pergi ke tempat gym atau berwisata kuliner mencicipi aneka makanan sehat di luar sana. Karena bekerja dari rumah bukan berarti kita harus mengabaikan kesehatan diri sendiri.

Baca juga: Belajar Konsep 3C – Sukses Berbisnis via Sosial Media

Ternyata bekerja dari rumah kedengarannya sangat mengasyikkan dan seru, ya. Banyak sekali kebebasan yang bisa kita raih melalui kegiatan bekerja dari rumah. Namun tentunya kebebasan tersebut harus diimbangi dengan tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaan. Jangan sampai kebebasan tersebut kita salahgunakan hingga seluruh pekerjaan jadi terbengkali dan merugikan diri sendiri maupun orang lain.




4 total comments on this postSubmit yours
  1. benar lho…., bekerja di rumah harus disiplin banget. kadang malah ada gangguan kecil yang membuat tidak fokus.Ya tapi sih kita harus tetep semangat menjalaninya.^^

  2. bermanfaat banget tipsnya mas gan, artikel ini cocok buat freeelance yang udah pada sukses hehe. Maxmanroe adalah salah satu blog favorite ane loh hehe. Artikelnya selalu membuat saya terkesan dan ingin selalu mencari ilmu di blog ini, khususnya tentang SEO hehe. sekalian mau nanya walaupun ini bukan tenatng SEO gk pa2 kan, bagaiman menampilkan artikel/url di blog wp kita agar belakangnya html mas gan? contoh h**ps://www.maxmanroe.com/cermatlah-sebelum-memutuskan-bekerja-dari-rumah.html kalau punya saya begini h**ps://www.maxmanroe.com/cermatlah-sebelum-memutuskan-bekerja-dari-rumah aja, tapi klo di blogspot otomasih kayanya ya? apakah itu berpengaryh dalam hal SEO Mas, terimakasih atas jawabannya.

    • Itu Saya setting manual dari WordPress nya mas. Dari menus Settings > Permalinks. Lalu pilih custom structur, pada bagian kolom kosongnya isi dengan /%postname%.html lalu save. Udah gitu aja caranya, mudah kan? :)

  3. terimah kasih buat artikelnya gan, memang benar bekerja dari rumah itu lebih mengasikkan tapiketika saya pernah coba mau terjun kesana saya metasakan bahwa kita butuh semangat motivasi yang tinggi, klau tdk pasti nyerah,,salam sukses

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud