Tak Ragu Kucurkan Rp30 Triliun Untuk Beli Minecraft, Inilah Keuntungan yang Bakal Didapatkan Microsoft

microsoft akuisisi minecraft

Image dari Gsmarena.com

Seperti diketahui saat ini game populer Minecraft sudah berada di bawah payung perusahaan teknologi besar Microsoft. Pembelian dengan nilai kontrak sebesar US$2,5 miliar atau setara dengan Rp30 Triliun, menjadi nilai yang begitu besar mengingat akuisisi yang dilakukan oleh Microsoft ini bukan merupakan pembelian perusahaan mayor.

Bahkan sebagian pihak menilai bahwa pembelian Minecraft oleh #Microsoft, dilihat sebagai langkah gegabah dan putus asa setelah terjadi kemunduran kinerja bisnis dari perusahaan Microsoft. Memang tidak bisa di tampik begitu saja, kondisi perusahaan Microsoft sedang mengalami kemunduran paska munculnya banyak pesaing baru untuk produsen perangkat teknologi.

Spekulasi ini mungkin saja ada benarnya, namun secara umum pembelian game Minecraft oleh Microsoft tentu telah dipertimbangkan terlebih dahulu oleh para eksekutif. Terlebih melihat basis game Minecraft yang sudah begitu mengakar di seluruh dunia, tentu ada beberapa keuntungan yang bakal dimiliki Microsoft pasca akuisisi. Beberapa keuntungan tersebut antara lain, akan kita bahas pada artikel di bawah ini.

1. Besarnya Peran Generasi Muda Dalam Perusahaan Microsoft

Dalam beberapa waktu belakang, Microsoft memang sudah mengeluarkan berbagai produk baru yang mempunyai fokus untuk mobilitas tinggi bagi para penggunanya. Hal ini tentu mengacu pada semakin besarnya tingkat penggunaan perangkat teknologi yang disandingkan dengan banyaknya aktivitas masyarakat urban. Penggunaan perangkat terus, juga difasilitasi oleh Microsoft dengan adanya teknologi yang saling terintegrasi dari satu perangkat dengan perangkat lain.

Seperti contohnya ketika Windows Phone dirilis sebagai salah satu pilihan smartphone yang mendukung teknologi Microsoft. Kala itu, beberapa produk Windows Phone memang mendapat sambutan yang hangat terutama bagi para generasi muda. Dan inilah yang akan diangkat sebagai kekuatan Microsoft bersama dengan Minecraft ke depannya.




Artikel lain: Resmi, Microsoft Akuisisi LinkedIn Dengan Nilai Fantastis Rp 349 Triliun, Inilah yang Terjadi Dibalik Pembelian Tersebut

Seperti diketahui, basis pengguna #game Minecraft sudah begitu kuat tidak hanya di Amerika namun hingga ke seluruh dunia. Utamanya untuk anak muda, game ini sangat menarik dan juga mampu menjadi platform social digital yang bersifat masif. Kelebihan lain dari game Minecraft yang sesuai dengan jati diri generasi muda adalah adanya pilihan untuk custom dunia permainan sesuai dengan imajinasi mereka.

Hal ini sesuai juga dengan jiwa generasi muda yang terkadang sulit untuk ditebak. Mereka cenderung sangat dinamis dalam hal kegemaran ataupun pemikiran. Inilah keuntungan besar dari keputusan akuisisi Microsoft terhadap pengembang game Minecraft.

2. Mempunyai Kepopuleran yang Menyeluruh

Keuntungan kedua yang didapat oleh perusahaan Microsoft dari pembelian game Minecraft adalah, diversifikasi penggemar game. Selain bagi para anak muda, ternyata game Minecraft juga dimainkan oleh anak kecil bahkan orang dewasa. Hal ini menjadi keuntungan tentunya bagi Microsoft yang ingin merangkul lebih banyak pengguna. Bahkan, tidak seperti beberapa judul game yang disinyalir menjadi penyebab timbulnya perilaku negatif bagi anak-anak, game Minecraft justru direkomendasikan oleh sejumlah orang tua yang merasa bahwa game ini mampu memberikan pengalaman positif bagi buah hati mereka.

Fakta menunjukkan bahwa, untuk versi PC atau desktop dari game Minecraft sudah terjual tak kurang dari 16 juta kopi. Selain itu untuk versi game mobile, Minecraft juga menempati posisi kedua untuk aplikasi paling populer di Apple App Store dan menjadi yang pertama di jajaran Google Play Store Android.




Kepopuleran dari game ini juga nampak dari banyaknya gamer Minecraft yang mengupload video gameplaynya lewat situs berbagi video #YouTube. Dari video tersebut, tak sedikit orang yang baru mengenal akhirnya tertarik dan mencoba bahkan menjadi pecinta game berbasis pixel ini. Diprediksi bahwa, dalam beberapa waktu ke depan Microsoft akan memanfaatkan kekuatan viral yang dimiliki oleh game Minecraft untuk pengembangan bisnis lain.

Baca juga: Fantastis, Dalam 6 Tahun Saja Dana Akuisisi Facebook Setara Dengan Pendapatan Satu Negara

3. Minecraft Dihuni Oleh Gamer Kreatif Dan Penuh Antusias

Saat ini kita mengenal beberapa judul game yang sudah mempunyai basis penggemar luar biasa besar dan salah satunya adalah Minecraft. Pada game Minecraft sendiri, banyak pemainnya yang sudah mendedikasikan hidupnya tidak hanya untuk bermain namun menjadi bagian dari pengembangan game. Menciptakan dunia baru lewat permainan digital yang begitu kompleks, tentu menjadi tantangan dan juga menimbulkan rasa candu untuk terus memainkan game yang satu ini.

Dari situ tak sedikit gamer yang mau memberikan tenaga, waktu, bahkan kreativitas untuk membuat game ini semakin maju. Event yang digelar secara online maupun offline juga telah banyak bermunculan di seluruh dunia. Dampaknya bagi Microsoft, perusahaan ini bisa ikut menumpang naik tanpa harus mengeluarkan biaya ataupun upaya yang terlalu besar.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud