Fantastis, Dalam 6 Tahun Saja Dana Akuisisi Facebook Setara Dengan Pendapatan Satu Negara

dana akuisisi Facebook

Image dari Limetreeonline.com

Perkembangan industri #teknologi nampaknya akan terus naik tajam dari waktu ke waktu. Hal ini sudah mampu dibuktikan dari besarnya kapasitas bisnis yang berasal diraup oleh beberapa perusahaan raksasa di bidang tersebut. Sebagai contohnya untuk perusahaan yang berkutat dalam industri teknologi layanan internet, nama Facebook tentu tidak lagi asing di telinga kita.

Perusahaan yang di kepalai oleh Mark Zuckerberg tersebut, merupakan salah satu perusahaan teknologi paling maju dan mapan abad ini. Pencapaian tersebut tentu bukan merupakan sesuatu yang instan. Ada proses yang sangat lama hingga akhirnya #Facebook bisa menempati posisi sebagai raja media sosial.

Dari kenyataan tersebut, terungkap juga fakta mengejutkan terkait dengan nilai pengembangan bisnis Facebook dalam beberapa tahun belakangan. Tercatat di tahun 2015, dana yang dikeluarkan Facebook untuk melakukan akuisisi perusahaan lain selama kurun waktu 6 tahun nilainya sama dengan pendapatan negara Uganda yakni sebesar US$22 miliar atau setara dengan Rp 260 triliun!!

Angka Akuisisi Bisnis yang Fantastis

Data yang diperoleh tersebut merupakan data pasti dari rekam jejak proses akuisisi perusahaan atau startup yang dilakukan oleh perusahaan Facebook. Dimulai dari tahun 2010 hingga tahun 2015, Facebook memang telah mencaplok sejumlah perusahaan yang tentunya masih sejalan dengan bisnis teknologi, internet dan media sosial.

Secara detail, dana yang luar biasa besar tersebut dikeluarkan untuk mengakuisisi sejumlah perusahaan yang sudah terkenal seperti WhatsApp, Oculus, #Instagram serta perusahaan-perusahaan lain yang beberapa diantaranya masih berstatus sebagai startup. Seperti contohnya yang terbesar yakni penggelontoran dana US$ 19 miliar ketika Facebook resmi meminang pengembang aplikasi chatting Whatsapp.

Artikel lain: Inilah 10 Perusahaan Teknologi Informasi (TI) Terbesar yang Ada di Dunia

Diikuti dengan perusahaan perangkat teknologi visual Oculus yang menghabiskan dana tak kurang dari US$2 miliar. Selain itu ada juga media sosial berbasis foto sharing Instagram yang menyedot dana US$ 1 miliar dari kantong Facebook. Dan sisanya sebesar US$426 juta digunakan untuk mengakuisisi tak kurang dari 45 perusahaan berbeda.

Membandingkan Penggunaan Dana Akuisisi Facebook

Dari jumlah sebesar US$22 miliar, kita bisa membandingkan penggunaan dana tersebut jika diterapkan untuk keperluan lain. Seperti misalnya untuk dalam hal Gross Domestic Bruto atau GDP, dana sebesar 22 miliar dollar mampu digunakan untuk menjalankan bailout sebuah negara bahkan hingga mencapai titik kemakmuran.

Kenyataan ini mengacu pada data GDP dari beberapa negara berkembang seperti diantaranya Uganda sebesar $ 22,6 miliar, Bahrain sebesar  $ 28,36 miliar, Afganistan sebesar $ 20,65 miliar dan  Honduras sebesar $ 18,88 miliar. Bisa dibayangkan bahwa dana raksasa tersebut mampu melakukan sesuatu yang sangat besar dan memberikan perubahan signifikan untuk sebuah negara berkembang.

Bergeser pada industri lain yakni perfilman, kita juga bisa membandingkan dana akuisisi Facebook dengan besaran biaya untuk membuat beberapa judul film populer seperti contohnya Pirate of Carribean, Harry Potter, Avatar, Titanic dan top 10 film lainnya, hanya sebesar US$2,4 miliar atau tak lebih dari 12% nya saja.




Masih bisa dibandingkan lagi dalam bisnis jenis lain. Jika dibandingkan dengan the most valuable sport franchise versi Forbes, yakni klub sepakbola Manchester United, angkanya juga masih kalah tinggi dibanding dengan dan akuisisi Facebook. Harga Manchester United ditaksir hanya sekitar $US2 hingga $US2,5 miliar yang tentunya jauh lebih kecil.

Baca juga: Inilah 4 Kisah Akuisisi Perusahaan Asia terhadap Perusahaan Raksasa Teknologi Barat

Dari beberapa perbandingan tersebut, kita bisa membayangkan betapa besarnya perputaran uang yang ada dalam industri teknologi. Ini hanya baru pada satu perusahaan saja yakni Facebook, belum dengan perusahaan raksasa lain seperti Microsoft ataupun #Google tentu total nilainya akan membuat kita menganga lebih lebar.

Namun tentunya, jumlah dana fantastis ini tidak menguap begitu saja. Penggunaan dana akuisisi telah di pikirkan matang-matang oleh perusahaan seperti Facebook, yang nantinya akan kembali memberikan keuntungan dalam beberapa waktu setelahnya.

Terlepas dari itu semua, bagi kita pribadi, fakta di atas bisa menjadi inspirasi sekaligus motivasi bahwa industri teknologi selalu menawarkan kesempatan baru bagi siapa saja yang mau mencoba dan berusaha. Dan jika kita berhasil, maka kekayaan melimpah bukan lagi impian untuk bisa kita miliki.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud