Tak Hanya Jago Tikung, Inilah Bukti Valentino Rossi Juga Lihai Di “Lintasan” Bisnis

Tak Hanya Jago Tikung, Inilah Bukti Valentino Rossi Juga Lihai Di “Lintasan” Bisnis

Image dari Smh.com.au
Image dari Smh.com.au

Valentino Rossi, satu nama yang sangat identik dengan dunia balap Moto GP. Semua pecinta dunia balap pasti sudah familiar dengan nama tersebut. Dengan torehan prestasi yang luar biasa di dunia balap membuat Valentino Rossi dikagumi dan memiliki banyak fans di seluruh dunia, demikian juga di Indonesia.

Valentino Rossi adalah seorang legenda di dunia balap motor pasti semua orang sudah tahu, namun tentang fakta bahwa Rossi adalah seorang pebisnis mungkin tidak semuanya mengetahui. Ya, Rossi selain menjadi seorang pembalap, ternyata ia juga menjalankan sebuah bisnis. Mungkin ini sebagai persiapan kelak ketika ia sudah pensiun dari dunia balap, mengingat usianya kini yang sudah tidak muda lagi yaitu 36 tahun. Apa bisnis dan bagaimana ia mengelolanya? simak kisahnya di bawah ini.

Bisnis Valentino Rossi Masih Berhubungan Dengan Balapan

Kesadaran Rossi bahwa ia tidak mungkin akan selamanya menekuni dunia bisnis nampaknya yang menjadi alasan ia membangun dan merintis sebuah bisnis. Saat ini ia mulai merintis sebuah bisnis yang tidak jauh-jauh dari dunia yang ia cintai yaitu dunia balap motor. Valentino Rossi pembalap yang berjuluk “The Doctor” ini mendirikan sekolah balap yang dinamai VR46 Riders Academy. Sekolah tersebut berdiri sejak tahun 2014 yan lalu. Misi yang dibawa dari sekolah yang didirikan tersebut adalah untuk menjaring potensi-potensi muda dalam dunia balap yang berbakat. Sejauh ini, sekolah tersebut masih dibuka hanya untuk orang Italia saja.

Untuk pelatih di sekolah tersebut, Valentino Rossi turun langsung untuk melatih para pembalap muda tersebut. Selain Rossi, dia dibantu juga oleh rekan satu negaranya sekaligus salah satu sahabatnya yaitu Mattia Passini yang dulu pernah turun membela NGM Forward Racing pada ajang Moto2.

Artikel lain: Alan – Susi, Inspirasi Mantan Atlet yg Menjadi Pebisnis Sukses

Dalam membangun bisnis yang masih baru dirintis ini, Rossi dibantu oleh sebuah tim profesional yang menangani berbagai bidang dalam bisnis tersebut. Tim profesional tersebut bertugas menangani beberapa hal penting seperti hubungan dengan tim motorsport, logistik, dukungan kontrak dan juga bidang pembinaan dan administrasi pada perusahaan.

Menjalin Relasi Untuk Kembangkan Prestasi

Dalam mengelola VR46 Racing Academy, tampaknya Rossi tidak main-main. Ia juga mengontak dan menjalin kerjasama dengan Jorge Martinez dari Aspar Racing. Ini ditujukan untuk mempermudah anak didik di sekolahnya agar bisa tampil di ajang balap motor nasional di Spanyol yang bernama CEV (Campeonato de Espana de Velocidad).

Langkah yang diambil Rossi ini cukup strategis dalam hal untuk meningkatkan mutu dan prestasi anak didik di sekolahnya. Ketika anak didik di akademi motor yang dikembangkan Rossi berprestasi, tentu itu menjadi sebuah cara berpromosi yang sangat efektif.

Apa yang dilakukan Rossi ini menunjukkan keseriusan Rossi dalam mengelola bisnis dalam bidang balap motor. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ketika seseorang menyukai suatu hal, maka dengan sendirinya ia akan melakukannya dengan maksimal. Dunia balap yang tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan Rossi, membuatnya juga akan melakukan yang sama pada bisnis seperti ketika dirinya memacu sang kuda besi.

Baca juga: Inilah 4 Tips Sukses Berbisnis Ala Michael Jordan

Persiapan Menghadapi Masa Pensiun 

Tidak kata tua untuk menjadi seorang pengusaha, kata mutiara itu mungkin yang menjadi prinsip dari Valentino Rossi. Meski usia sudah tidak muda lagi, namun ia tidak ragu untuk memulai usaha untuk menyambut masa pensiunnya. Sebuah pilihan yang tentunya akan banyak perhitungan di dalamnya, mengingat Valentino Rossi masih minim pengalaman di dunia bisnis.

Namun dengan pengalaman yang tinggi di ajang MotoGP dan keahlian yang dimiliki sebagai pembalap, itu bisa menjadi modal yang sangat berharga untuk mengelola sebuah bisnis yang berbasis pada dunia balap motor.

Dengan menggeluti dunia baru bagi Rossi, selain untuk berbisnis tentunya juga untuk mencari generasi-generasi penerusnya setelah ia pensiun kelak. Terutama di Italia sendiri sebagai negara asal Rossi, karena untuk sementara waktu VR46 Racing Academy masih tersedia untuk orang Italia saja.

2 KOMENTAR

  1. esa putra tanjung

    I Am Legend | Valentino Rossi

  2. Ini pembalap favorit saya juga mas, mantap ya perjuangannya, setelah pensiun balap merintis bisnis yang berhubungan dengan dunia balapan, pasti passion banget si Rossi.

Tinggalkan Balasan