Inilah 4 Tips Sukses Berbisnis Ala Michael Jordan

biografi michael jordan

Jika kita mendengar nama Michael Jordan, tentu yang ada dalam benak kita adalah seorang legenda basket yang luar biasa hebatnya. Memang, sebagai seorang pebasket, tidak ada yang meragukan kesuksesan Michael Jordan. Namun tahukah teman-teman bahwasannya Michael Jordan pun juga sukses dalam menjalankan bisnisnya.

Yup, Michael Jordan ternyata adalah seorang pebisnis sukses dengan berbagai macam bentuk usaha. Diantara usahanya, tercatat Michael Jordan memiliki tujuh restoran, dealer mobil, dan beberapa usaha lainnya. Termasuk luar biasa bagi seorang dengan latar belakang atlet basket namun mampu mengelola berbagai bisnis sampai seperti sekarang ini.

Pasti ada banyak tips bisnis yang bisa kita pelajari dari kesuksesan Michael Jordan dalam berbisnis. Yuk kita pelajari bersama-sama rahasia sukses bisnis Michael Jordan di bawah ini.

1. Selalu Memiliki Ambisi Untuk Sukses

Ambisi sangat diperlukan dalam rangka proses meraih kesuksesan dalam berbisnis. Nampaknya ini juga yang diyakini oleh Michael Jordan dalam setiap langkah mengelola bisnisnya. Kesuksesan yang didapatkan oleh Michael Jordan dalam berbisnis tidak ia peroleh begitu saja.

Andrew Walters mantan penasihat bisnis Jordan menyebutkan bahwa bukan kebetulan bahwa Michael Jordan bisa mencapai tahap sukses berbisnis seperti saat ini. Dalam memimpin sebuah bisnis, Jordan adalah seorang yang memiliki kemampuan untuk berpikir cepat, dan selalu memiliki kesungguhan untuk menjadi yang terbaik.

Artikel lain: 6 Rahasia Sukes Jack Ma, Bos Raksasa Ecommerce Alibaba

“Saya mengamati gaya kepemimpinannya, berpikir cepat, dan kesungguhannya untuk menjadi yang terbaik,” begitu ungkap Walters. Mungkin jiwa atletnya yang selalu menjadi yang terbaik masih terpatri di dalam dirinya. Sehingga dalam dunia bisnis pun ia selalu ingin menjadi yang terbaik di bidangnya. Ini adalah suatu hal yang sangat positif untuk seseorang yang ingin sukses dalam membangun sebuah bisnis.

2. Mampu Rebound Dari Kegagalan

Dalam setiap perjalanan kehidupan, dalam karir apapun, saya yakin setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan. Sikap dan cara menghadapi kegagalan yang menjadikan faktor pembeda bagi masing-masing orang. Bahkan kegagalan sangat mungkin untuk terjadi tidak hanya sekali, hanya bagaimana Anda menyikapinya.

Apakah Anda memiliki keberanian untuk terus maju atau justru hanya berhenti pada kegagalan tersebut. Nah, Michael Jordan pun juga demikian. Ia juga sering mengalami kegagalan sebelum bisa menapaki sukses seperti saat ini. Bahkan dalam dunia basket yang merupakan keahliannya pun ia juga pernah mengalami kegagalan.

Dulu ketika masih setingkat SMA, Jordan pernah ditolak masuk tim basket sekolah karena pelatihnya menilai kemampuan Jordan tidak cukup baik. Bahkan ketika sukses menjadi pemain basket profesional pun Jordan juga pernah mengalami kegagalan.




“Saya gagal lebih dari 9.000 tembakan dalam karir saya,” kata Jordan. “Saya pernah kalah hampir 300 pertandingan. 26 kali, saya dipercaya untuk melakukan tembakan yang menentukan kemenangan, namun saya gagal. Saya sudah gagal berulang-ulang dalam hidup saya. Dan itulah sebabnya saya berhasil,” begitu tutur Jordan.

Lantas apakah kegagalan membuat Jordan berhenti begitu saja? Jawabannya adalah tidak. Setiap kali ia mendapatkan kegagalan ia terus berusaha untuk “rebound” dan bangkit kembali. Ia terus berjuang dan selalu mencoba untuk mendapatkan kesuksesan.

3. Penguasaan Teknik Dasar yang Benar

Tak ubahnya menjadi seorang atlet profesional, seorang pengusaha pun juga dituntut untuk memiliki kemampuan dasar ketrampilan yang maksimal. Jangan sampai dalam menekuni dunia bisnis Anda tidak memiliki sama sekali skill dasar yang dibutuhkan.

Ketrampilan bisa dilatih sesuai dengan industri bisnis yang sedang ditekuni. Intinya adalah kemampuan Anda dalam menguasai teknik dasar dalam berbisnis menjadi hal yang sangat penting. Dan perlu diingat bahwa dalam penguasaan teknik dasar harus benar dulu prosesnya.

“Anda dapat berlatih menembak delapan jam sehari. Tetapi jika teknik Anda salah, maka anda akan sangat ahli dalam menembak dengan cara yang salah,” Jordan mengingatkan. “Kuasai hal mendasar dan level yang Anda lakukan akan naik,” demikian kata Jordan.

Baca juga: Tahukah Anda, Bill Gates Jadi Dermawan Karena Sosok Ibunda

4. Mampu Melindungi Hak

Dalam proses meraih kesuksesan, pasti ada saja orang lain yang baik sengaja ataupun tidak akan mencoba memanfaatkan Anda dan bahkan menjatuhkan bisnis Anda. Anda tidak boleh diam dengan keadaan seperti itu. Anda harus mampu menjaga kedaulatan diri Anda sendiri dari berbagai ancaman yang ada. Ada saatnya Anda sendiri yang bisa menuntaskannya.

Seorang Michael Jordan pun juga pernah mengalaminya. Suatu saat namanya pernah digunakan untuk iklan pada sebuah supermarket tanpa izinnya. Jordan pun menggugat mereka dan memenangkan gugatan. Akhirnya Jordan mendapatkan ganti rugi sebesar sekitar Rp 127 miliar yang kemudian ia donasikan untuk lembaga amal.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud