Sukseskan Bisnis Katering Sehat, Dengan Beberapa Kiat Berikut Ini

bisnis katering sehat

Image dari Thebridedept.com

Pada salah satu artikel yang telah kita bahas sebelumnya, di dalamnya membahas tentang peluang dan potensi untuk mengembangkan bisnis kuliner yang mengutamakan varian menu sehat. Jenis kuliner seperti ini ternyata semakin lama semakin banyak menarik minat dari para konsumen yang tentunya ingin mendapatkan asupan makanan dengan kualitas baik serta dapat menjamin kesehatan mereka.

Fenomena ini ternyata tidak hanya berlaku di luar negeri saja, di Indonesia sendiri masyarakat perkotaan juga semakin banyak yang sadar akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat. Inilah yang kemudian membuat beberapa pelaku bisnis kuliner mulai melirik peluang ini, dalam bentuk layanan bisnis katering sehat.

Potensi Mengembangkan Bisnis Katering Sehat

Pada dasarnya mengembangkan bisnis katering sehat, tidak terlalu berbeda dengan bisnis katering pada umumnya. Yang membedakan tentu dari sajian dan varian menu yang mengutamakan kombinasi serta komposisi gizi sesuai dengan keperluan konsumen. Menengok di ibukota Jakarta, saat ini sudah cukup banyak pengembang yang menjalankan bisnis katering sehat seperti contohnya 3skinnyminnies,My Meal Katering, Slim Gourmet dan beberapa pelaku katering sehat yang lain.

Tentu tidak terlalu mengejutkan, melihat fakta semakin tumbuhnya kesadaran masyarakat perkotaan untuk mengkonsumsi makanan sehat. Dari segi keuntungan, margin pemasukan yang bisa didapatkan oleh para pengelola katering sehat juga terbilang lebih tinggi daripada katering biasa. Namun, tidak bisa ditampikkan, persaingan di industri yang satu ini tentu juga berlangsung cukup sengit.

Artikel lain: Kiat Cerdas Membangun Branding Dalam Bisnis Makanan Ringan

Oleh karena itu dibutuhkan upaya untuk melahirkan inovasi layanan yang lebih baik agar mampu bersaing dengan kompetitor. Karena pada kenyataannya tidak sedikit pula, pelaku bisnis kuliner sehat yang akhirnya harus gulung tikar karena tidak mampu menawarkan hal baru atau pelayanan yang maksimal. Berikut ini ada tiga poin yang bisa kita terapkan, dalam mengembangkan bisnis katering sehat agar dapat mencapai kesuksesan.

1. Mencantumkan Resep dan Bahan Makanan

Salah satu upaya untuk dapat menimbulkan kepercayaan dari konsumen terhadap jasa katering sehat yang kita kelola adalah, memperlihatkan dengan detil perihal resep dan juga bahan makanan. Mengapa informasi seperti ini layak untuk dikirim kepada konsumen?

Jawabnya tentu sangat mudah, karena mereka bisa lebih faham serta mengerti tentang kandungan dari makanan yang mereka konsumsi. Selain daripada itu, mencantumkan resep dan bahan makanan yang memang terbukti sehat, bisa menjadi tanda bahwa bisnis yang kita jalani mengutamakan asas profesionalisme yang tinggi.

Namun perlu diperhatikan bahwa mencantumkan resep dan bahan makanan tersebut tidak bisa dilakukan secara asal-asal. Selain justru bisa menurunkan kepercayaan konsumen, tidak jarang pula terdapat konsumen yang memang mengerti betul terkait dengan kandungan gizi makanan. Jika memang apa yang kita cantumkan tidak sesuai, maka bukan tidak mungkin mereka akan menyampaikan kekecewaannya secara luas dan akhirnya memicu ketidakpercayaan konsumen.

2. Menargetkan Klien Tertentu

Langkah berikutnya yang bisa ditempuh yakni dengan menargetkan beberapa klien tertentu yang sekiranya potensial untuk mengembangkan bisnis katering sehat ini. Sebagai contoh kita bisa menyasar beberapa perusahaan besar yang tentunya membutuhkan pasokan makanan untuk para karyawannya.




Umumnya perusahaan semacam ini juga sangat mengutamakan kualitas dari makanan yang mereka pesan. Dengan kelebihan dari sisi kesehatan dan juga manfaat tertentu, bisa menjadi daya tarik agar perusahaan tersebut mau bekerjasama dengan kita. Tidak hanya perusahaan, kita juga bisa menargetkan klien potensial lain seperti instansi pemerintahan atau sekolah berskala internasional.

Baca juga: 4 Formula Untuk Menunjang Kesuksesan Bisnis Kemasan Makanan

3. Menyajikan Beragam Varian Makanan Sehat

Dan tips terakhir untuk bisa sukses mengembangkan bisnis katering sehat adalah, selalu mampu menghadirkan varian makanan sehat yang berbeda. Hal ini sangat penting, karena umumnya makanan sehat memang tidak mempunyai rasa yang senikmat makanan biasa. Inilah yang kemudian membuat, para konsumen makanan sehat cenderung lebih cepat bosan apalagi jika diberikan menu yang monoton.

Hadirkan beragam jenis makanan sehat yang diolah dengan cara yang berbeda. Tidak hanya dalam menu makanan utama seperti nasi dan lauk sehat, kita juga bisa menambahkan jenis menu lain yang lebih atraktif seperti smoothie buah, salad ataupun oatmeal aneka rasa yang dikemas dalam wadah menarik.

Tidak sedikit dari perusahaan makanan sehat yang akhirnya bisa menuai kesuksesan berkat inovasi dalam varian makanan. Bahkan, jika dimungkinkan kita bisa juga menawarkan layanan menu custom yang disesuaikan dengan minat ataupun kebutuhan konsumen. Sebagai contohnya yakni menu diet ataupun untuk mereka yang menderita diabetes.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud