6 Teknik Membangun Otoritas Blog Mulai Dari Nol

6 Teknik Membangun Otoritas Blog Mulai Dari Nol

blog otoritas

Blogger yang sejati adalah #blogger yang akan membangun otoritas blognya sebelum melakukan monetisasi. Apa itu otoritas blog? Dan apa manfaatnya bagi seorang blogger? Otoritas blog adalah sebuah blog yang akan memberikan informasi terpercaya layaknya seorang pakar sehingga selalu menjadi rujukan  dan sumber utama bagi beberapa blog atau website lainnya.

Blog dengan otoritas yang kuat akan otomatis membuat traffik yang tinggi. Selain besarnya tingkat kunjungan, blog dengan otoritas yang kuat akan meningkatkan #branding. Dengan kondisi yang demikian, maka para advertise pun tak akan ragu untuk memasang iklan pada blog Anda.

Manfaat yang diberikan blog yang berotoritas kuat ini tentunya sangat penting bagi setiap blogger yang ingin menghasilkan pundi-pundi uang dari aktivitas bloggingnya. Maka untuk itu, untuk bisa mendapatkan otoritas blog yang kuat tersebut, Anda harus mengerti teknik-tekniknya. Berikut beberapa teknik membangun otoritas blog yang bisa Anda praktikkan.

1. Berfokuslah Pada Minat, Hobi dan Keahlian Anda

Tak bisa dipungkiri bahwa untuk mendapatkan sebuah otoritas atau kepercayaan sebagai tempat rujukan blog lain Anda harus sangat ahli dan konsisten dengan satu topik untuk dibahas. Semakin mendalam penguasaan blogger pada suatu topik, maka semakin tinggi pula tingkat otoritas blog tersebut. Maka dari itu, mulailah untuk fokus untuk mencari minat, hobi dan keahlian yang benar-benar Anda kuasai.

Telusuri diri Anda secara mendalam tentang hal ini. Jangan ikut-ikutan pada arus tren atau hal yang sedang populer atau berkembang dunia blog. Namun percayalah pada diri Anda, yakini pada apa yang telah menjadi keahlian dan minat Anda. Jangan terpaku pada tema besar, karena blog dengan topik sederhana pun bisa saja sukses dan mendapatkan otoritas jika Anda benar-benar ahli dan serius menekuninya.

Artikel lain: Panduan Belajar Blogging Untuk Pemula, Tips Membangun Blog

2. Berikan yang Terbaik Bagi Pembaca

Setelah Anda menemukan topik yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda, maka saatnya untuk menulis. Untuk membangun sebuah otoritas blog, Anda harus menulis konten yang berbobot dan menarik bagi pembaca Anda. Dalam membangun  otoritas blog, bobot tulisan memang akan menjadi taruhannya.

Semakin berbobot dan mendalam tulisan Anda, maka semakin dekatlah Anda pada sebuah otoritas dan sebaliknya. Yang pasti untuk membangun otoritas blog Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi pembaca blog Anda.

3. Buat Tulisan Orisinil dari Pengalaman Anda Sendiri

Bagian lain yang perlu diperhatikan dalam tahapan penulisan konten guna membangun otoritas adalah sumber atau rujukan tulisan. Untuk menjadi blog yang berotoritas kuat sebagai tempat rujukan jelas mengharuskan Anda untuk menulis konten yang tidak hanya orisinil namun juga berdasarkan pengalaman Anda sendiri.

Ini artinya tulisan yang Anda buat bukanlah tulisan hasil rujukan blog lain. Untuk lebih memperkuat tulisan, bila perlu Anda bisa menambahkan foto atau #video dari hasil pengalaman Anda tersebut.

4. Dapatkan Endorsement dari Blogger Lain

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk semakin memperkuat otoritas blog Anda adalah berusaha mendapatkan endorsement (pengakuan atau dukungan) dari blogger lain dengan niche yang sama.

Untuk mendapatkan endorsement dari blogger lain, Anda bisa meminta secara langsung kepada blogger lain atau memberikan kesempatan kepada blogger lain untuk terlibat dalam aktivitas di blog Anda. Dengan adanya endorsement dari blogger lain, maka pengunjung blog Anda akan semakin percaya dengan blog dan otoritas yang Anda miliki.

5. Tunjukkan Bukti Otoritas Anda

Dengan semua hal terkait otoritas blog yang telah Anda dapatkan, akan menjadi sia-sia jika Anda kemudian menyembunyikannya dari publik. Maka setelah blog Anda sudah terbangun dengan otoritas yang kuat, Anda harus membuktikannya pada pembaca blog Anda. Ini bukan sebagai ajang kesombongan, namun hal ini untuk meyakinkan pengunjung blog bahwa informasi yang Anda sajikan telah kuat dan terpercaya.

Salah satu bukti otoritas blog yang bisa Anda tunjukkan pada pembaca adalah jumlah pelanggan RSS Feed blog atau jumlah follower #Twitter dan fanpage Facebook Anda. Tentu saja Anda harus menampilkan jumlah statistik yang banyak dari komponen tadi jika ingin mendapatkan otoritas yang kuat.

Baca juga: Blogging Tanpa “Nyawa” ~ Kesalahan Dlm Pemasaran Online

6. Bantu Blogger Lain Dengan Otoritas Anda

Langkah terakhir untuk menguatkan otoritas blog adalah dengan membantu blogger lain dengan otoritas Anda. Dunia maya memang terkadang memiliki banyak kemiripan dengan dunia nyata. Jika Anda ingin dihormati orang lain, maka Anda harus menghormati orang lain. Jika Anda ingin sukses, maka Anda harus bisa membuat sukses orang lain.

Dalam dunia #blogging hal ini ternyata juga berlaku. Maka saat blog Anda telah memiliki otoritas yang kuat, jangan ragu untuk membantu blog yang memang membutuhkan bantuan Anda untuk membangun otoritas blognya. Dengan membantu blogger lain, yakinlah bahwa otoritas blog Anda tidak akan menurun, justru kepercayaan dan kekuatan blog yang akan semakin Anda dapatkan.

11 KOMENTAR

  1. nice infoh gan… ane juga masih belum bisa fokus soalnya saking semangatnya ane pingin nulis macam2

  2. ini penting namun harus telaten..kebanyakan blogger newbie mengandalkan uang..beli akun g+ yang banyak followernya dan beli adsense…. memang sih cepat kembali modal tapi ya menurut ku g josh lah….

  3. Sangat bermanfaat mas bro… Terimakasih sangat cocok untuk tips apalagi untuk saya sebagai bloger pemula .thanks mas bro senang mampir di blog anda..

  4. contoh dari otoritas blog yang baik adalah blognya mas Marikxon, karena selalu menjadi rujukan atau sumber utama dari blog lain, termasuk saya..!

  5. Sepakat dengan artikel diatas. Sangatlah penting mengurusi otoritas blog dengan serius. Selain meningkatkan branding image, juga meningkatkan trust dari pembaca dan selama blogger. Ilmu yg bermanfaat buat saya. Terimakasih

  6. bagus tuh artikelnya,buat saya yang ingin membangun otoritas blog

  7. Artikel ini sangat memotivasi saya untuk yakin pada pilihan awal yang harus dijalani dengan percaya diri dan tidak boleh terpengaruh oleh tren yang selalu berganti-ganti dalam dunia blog, Thanks Gan, I’m very excited

  8. Masbro Max. Sy punya blog yg memakai fitur Brain Hippo, namun krn Brainhippo tidak mendukung fitur Mobile Friendly di mata Google. sehingga saya khawatir web saya susah tampil di halaman pertama di Google. Jadi terpaksa saya harus migrasi dr BHP ke WordPress. Bagaimana langkah2 migrasi dr BHP ke WordPress?

    • Terus terang saya tidak paham tentang BHP mas Z. Tapi biasanya ada forumnya, coba tanyakan di forumnya deh. Thanks

  9. Waah pnjelasan yg mengena.
    Tepat sekali untuk blog saya nih…

  10. Tips yang bermanfaat untuk mengarahkan saya sebagai blogger otoritas….meskipun sekarng masih gado2

Tinggalkan Balasan