Startup Lokal Bakal Sulap Bali Jadi Pulau Bitcoin

Pulau-Bitcoin-1

Di beberapa artikel sebelumnya, Maxmanroe.com pernah membahas seluk beluk serta penjelasan tentang mata uang digital #Bitcoin.  Untuk rekan-rekan yang belum sempat membaca, silahkan disimak terlebih dahulu ya agar lebih jelas seperti apa “rupa” Bitcoin itu.

Dan setelah berjalan beberapa tahun, ternyata perkembangan mata uang digital  yang satu ini cukup tinggi di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan, Bitcoin cukup bisa diterima oleh masyarakat maya Indonesia. Pertumbuhan penggunaan bitcoin pun kini kian subur, ditandai makin banyaknya pasar Bitcoin atau penyedia layanan penukaran Bitcoin lokal.

Salah satu yang terbesar yakni Bitcoin.co.id. Bergerak dengan konsep layanan Marketplace Bitcoin, #startup yang didirikan oleh seorang penggiat mata uang digital, Oscar Darmawana tersebut kini sedang menjalankan proyek besar untuk semakin memperkenalkan Bitcoin kepada masyarakat umum yakni proyek “Bitcoin Island”.

Kabarnya, proyek tersebut akan menyulap pulau Bali yang dikenal sebagai Pulau Dewata menjadi Pulau Bitcoin, wilayah pertama di Indonesia yang menerima penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran populer.

Artikel terkait: Mengenal Apa Itu BitCoin

Mengenal Proyek “Bitcoin Island” Bitcoin.co.id

Saat ini pulau Bali dikenal sebagai salah satu tujuan wisata paling banyak dikujungi di Indonesia, tidak hanya oleh wisatawan lokal namun juga wisatawan asing dari berbagai negara. Oleh karena itu, potensi ekonomi yang dimiliki Bali pun bisa dikatakan dipengaruhi tidak hanya dari dalam negeri namun juga ekonomi global. Tiap harinya ribuan bahkan puluhan ribu transaksi dengan mata uang dollar dilakukan di Bali. Mulai dari kebutuhan produk fashion, makanan hingga penyedia layanan hotel, spa, tempat hiburan dan lain sebagainya.

Potensi itulah yang ditangkap oleh startup Bitcoin.co.id untuk mengembangkap sarana alat pembayaran yang lebih ringkas dan mudah penggunaannya. Dari situs pengembang Bitcoin Indonesia (www.bitcoin.co.id) dengan bantuan sebuah startup sejenis yakni Coin of Sale (coinofsale.com) telah membuat perencanaan yang matang untuk mulai mengubah image pulau Bali sebagai surganya para pengguna bitcoin.

Tomas Forgac, pendiri Coin of Sale yang pertama kali mengemukakan ide brilian ini ketika melihat potensi pulau Bali sebagai salah satu objek wisata populer di dunia. Bahkan data tercatat menyatakan bahwa ada lebih dari 3.2 juta turis asing yang berkunjung ke Bali sepanjang periode tahun lalu dan diprediksi akan terus meningkat kedepannya. Hal ini merupakan suatu kesempatan yang besar untuk mulai mengembangkan penggunaan bitcoin di Bali.

Artikel lain: Penggunaan Bitcoin Rawan Kasus Pidana, Waspadalah!

Proyek “Bitcoin island” sendiri dirancang tidak hanya menguntungkan para turis asing namun secara umum juga mampu memberikan dampak ekonomi yang positif bagi masyarakat lokal Bali. Turis tentu akan merasa diuntungkan bila mereka dapat melakukan transaksi dengan mudah tanpa harus menukarkan banyak uang mereka ke dalam mata uang rupiah jika toko atau merchant yang mereka kunjungi hanya menerima pembayaran mata uang lokal.




Dengan penerapan system pembayaran Bitcoin secara massal, nantinya mereka dapat menikmati liburan yang menyenangkan hanya dengan bermodalkan ponsel yang telah dilengkapi teknologi Bitcoin Wallet (blockchain.info/id/wallet). Sosialisasi penggunaan bitcoin juga dinilai dapat membantu Indonesia untuk menekan laju inflasi karena peredaran bitcoin yang tidak dapat dimanipulasi. Sangat menguntungkan nampaknya.

Saat ini tim Bitcoin Indonesia dan Coin for Sale sudah mulai menggalakkan penggunaan bitcoin di Bali melalui beberapa penjual yang mau menerima bitcoin (kafe kecil dan tempat penginapan).Target jangka pendek yang ingin dicapai pada tahun 2014 adalah terwujudnya penggunaan bitcoin pada lebih dari 100 merchant di Kuta, Legian dan Seminyak yang merupakan daerah paling populer di Bali dan banyak dikunjungi para wisatawan asing. Dalam beberapa waktu ke depan diharapkan semakin banyak para penjual produk dan jasa di Bali yang mau bekerja sama untuk mewujudkan pulau Bali sebagai bitcoin island dengan segala kemudahan fasilitas transaksi secara modern.

Baca juga: 8 Startup Developer Game Smartphone Tersukses Di Indonesia

Namun, proyek tersebut tentunya bukan perkara yang mudah untuk diterapkan. Selain dibutuhkan dana yang cukup besar untuk sarana prasarana penukaran Bitcoin, sulitnya merubah mindset penduduk lokal juga menjadi tantangan bagi pihak penggagas Bitcoin Island. Namun bagaimanapun hal ini merupakan usaha dari anak bangsa yang patut untuk diapresiasi. Ingin berlibur ke Bali? Mungkin anda akan menemukan lebih banyak Bitcoin center dalam beberapa waktu kedepan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud