Soraya Feruzia ~ Bangun Startup Online Fasilitasi Pencarian Teman Sekamar

Soraya Feruzia

Image dari Swa.co.id

Tren mendirikan perusahaan rintisan alias startup digital di Indonesia nampaknya masih belum akan memasuki titik jenuh. Hal tersebut dibuktikan karena hampir setiap bulan selalu muncul startup digital baru yang ditenagai oleh para generasi muda Indonesia.

Salah satunya seperti yang diprakarsai oleh Soraya Feruzia. Gadis yang pernah menempuh pendidikan di Institut Pertanian Bogor ini, terinspirasi untuk  membangun #startup online bernama Serumah.com.

Beranjak dari ide sederhana untuk mencari teman atau rekan yang mau menyewa kamar atau kontrakan bersama-sama, Soraya berharap Serumah.com mampu menjadi alternatif bagi pengguna utamanya para mahasiswa yang selama ini masih kerepotan mencari teman sekamar.

Terinspirasi Dari Pengalaman Pribadi

Ketika masih berstatus sebagai mahasiswa di Institut Pertanian Bogor, sama seperti mahasiswa pada umumnya Soraya Feruzia yang berasal dari Bandar Lampung ini harus mencari tempat kost selama menghabiskan masa pendidikan. Hingga pada suatu saat, ia berfikir untuk mencari rumah kontrakan dengan beberapa alasan.

Namun yang menjadi masalah adalah biaya menyewa rumah tentu tidaklah murah jika harus ditanggung oleh dirinya sendiri. Namun ketika mencari teman untuk sama-sama menyewa rumah tersebut pada kenyataannya tidaklah begitu mudah.




Artikel lain: Nabilah Alsagoff ~ Rela Jarang Tidur Demi Mengawal Kesuksesan Startup Miliknya

Dari situlah, selepas menamatkan pendidikan ia terinspirasi untuk membangun sebuah startup yang dapat menyelesaikan masalah pencarian teman saat akan menyewa rumah kontrakan atau kos-kosan. Dengan bantuan seorang cofounder yang juga sahabatnya, Selwyn, Soraya bersama tim berjumlah 5 orang akhirnya mulai mengembangkan startup Serumah.com mulai dari nol.

Tantangan Mendirikan Startup

Ketika awal mendirikan startup, tentu ada saja masalah dan juga kendala yang dihadapi oleh tim Serumah.com. Salah satunya yakni untuk menyelesaikan berbagai tugas di tengah keterbatasan tim yang ada.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Soraya membagi tim dengan tugas masing-masing. Seperti contohnya tim riset yang mempunyai tanggung jawab untuk menentukan gambaran pasar, keperluan serta kegunaan dari layanan yang ditawarkan.

Selain itu dari sisi pendanaan, Soraya tidak ingin setengah langkah membangun bisnisnya tersebut. Sebagai bukti, dana sebesar Rp550 juta siap dikucurkan yang terdiri dari dana pribadi dan juga investor.




Sistem Startup Serumah.Com

Mengenai konsep yang ditawarkan oleh startup Serumah.com, sebenarnya bisa dibilang cukup unik karena belum terlalu banyak pesaingnya. Secara umum, Serumah.com bisa digunakan sebagai platform online bagi pengguna yang ingin sharing atau berbagi tempat tinggal baik itu dalam bentuk rumah kontrakan ataupun rumah kos. Selain mampu menghemat biaya, mencari teman untuk patungan tentu memberi beberapa keuntungan karena umumnya memang cukup sulit untuk mencari partner menyewa.

Dari situ semua proses mulai dari pencarian serta listing orang yang ingin mencari kawan penyewa dijalankan secara virtual melalui situs Serumah.com. Dengan salah satu fitur yakni “cari teman sekamar” kita bisa menemukan profil teman yang sesuai dengan kriteria kita.

Yang menjadi tantangan, dalam proses ini adalah terkait dengan faktor keamanan. Karena tidak menutup kemungkinan, ada saja oknum atau pengguna yang terkadang memiliki kecenderungan buruk sehingga memungkinkan mengganggu atau bahkan membahayakan pengguna lain.

Untuk menyelesaikan permasalahan ini, Serumah.com membuka jalur komunikasi yang beragam agar nantinya setiap pengguna bisa terlebih dahulu berhubungan secara personal sebelum memutuskan untuk menyewa bersama-sama.

Tidak hanya digunakan untuk media pencarian teman menyewa kamar atau kontrakan. Platform online Serumah.com juga mampu menjadi media pengiklanan properti. Dalam hal ini, properti yang dimaksud adalah bagi mereka yang mempunyai kamar kost atau rumah yang akan dikontrakkan. Kelebihan ini, tentu menjadi faktor pendukung antara pencari dan penyedia tempat tinggal sementara.

Baca juga: Sumber Inspirasi, Inilah 5 Kartini Masa Kini yang Sukses Berkarya di Bidang Teknologi

Tantangan Pengembangan

Menyadari bahwa industri startup digital adalah ranah yang sangat kompetitif dan dinamis, Soraya Feruzia mengaku bahwa masalah terbesar untuk bisa mengembangkan Serumah.com adalah dalam hal penyebaran informasi terkait dengan layanan tersebut. Oleh karena itu ditempuh lah  beberapa langkah promosi seperti melalui akun #media sosial, pengoptimalan mesin pencari serta mengikuti kampanye iklan CPC.

Setelah mulai dikembangkan pada bulan Juni 2016 lalu, Soraya selaku founder Serumah.com mengaku sangat optimis nantinya startup besutannya tersebut mampu dapatkan perhatian pengguna dalam beberapa waktu mendatang. Hal tersebut dikarenakan masalah pencarian teman sekamar masih jadi problematika umum utamanya bagi para mahasiswa atau pekerja yang merantau di kota besar.

Dengan bantuan teknologi yang semakin maju, Soraya Feruzia menyebut bahwa tujuan utama Serumah.com adalah menjadi pasar kamar sewa terbesar berbasis teknologi yang dapat melayani pengguna di Indonesia.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. @salman: Kalo punya ide bagus tapi terbentur dana kamu bisa coba gabung di situs2 crowdfunding, disana ketemu investor yang tertarik mendanai startup kamu. Bisa juga tampilkan proyek kamu di wujudkan.com, proyek2 yg berbasis sosial biasanya cepat dapat perhatian :))

  2. keren ide nya.. tapi kalau kita punya ide untuk membangun bisnis start Up tapi punya keterbatasan dana gimana caranya ya? apa harus buat proposal dulu? dan ngajuinnya kemana ya?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud