20 Situs Lowongan Kerja Terbaru dan Terpercaya di Indonesia

Situs Lowongan Kerja

Situs lowongan kerja via Inquisitr.com

Situs Lowongan Kerja – Jika Anda sedang membaca artikel ini, maka kemungkinan besar Anda sedang mencari info lowongan kerja terbaru. Mencari informasi lowongan pekerjaan via internet adalah langkah yang sangat tepat dan efektif karena saat ini ada banyak sekali website atau situs penyedia informasi lowongan kerja. Selain Anda bisa mendapatkan info yang uptodate, situs loker juga bisa memberikan informasi lowongan pekerjaan terbaru dan sesuai dengan minat atau latar belakang pendidikan Anda.

Dari sekian banyak situs lowongan kerja yang kita temukan di internet, hanya ada beberapa situs yang memberikan informasi yang akurat dan terpercaya. Berdasarkan riset kecil-kecilan yang saya lakukan, saat ini ada 20 situs lowongan kerja terpercaya dan terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan rujukan.

Berikut ini adalah daftar dan penjelasan singkat mengenai 20 situs lowongan kerja tersebut:

1. Situs Lowongan Kerja JobStreet (JobStreet.co.id)

JobStreet.co.id adalah situs lowongan kerja yang sangat populer di kalangan para pencari kerja di Indonesia. Situs JobStreet.co.id adalah bagian dari JobStreet.com yang berdiri di Malaysia pada tahun 1995. Meskipun didirikan di Malaysia, JobStreet banyak menyediakan informasi lowongan pekerjaan di negara lain di Asia, diantaranya Singapura, Vietnam, Jepang, Filipina, dan Indonesia.

JobStreet yang saat ini sudah berusia 10 tahun memiliki banyak sekali mitra di berbagai negara, mulai dari negara Australia hingga Afrika. Tak heran jika mereka mengklaim diri sebagai situs rekrutmen online terbaik dan terpercaya di Asia Pasifik, karena JobStreet menyediakan banyak sekali informasi lowongan kerja berkualitas dan akurat dari mitra mereka. Saat artikel ini dibuat, ada 21.221 lowongan pekerjaan yang bisa ditemukan di situs JobStreet dan ini akan terus bertambah.




Penggunaan situs JobStreet ini sangat mudah.

  • Langkah pertama adalah mendaftar di situs JobStreet.co.id. Anda bisa mendaftarkan diri dengan menggunakan akun Facebook,
  • Langkapi data diri dan resume di akun JobStreet (nama lengkap, alamat, latar belakang pendidikan, dan lain-lain)
  • Mulai mencari informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikan Anda

2. Info Lowongan Kerja di JobsDB (Jobsdb.com/id)

Situs lowongan kerja yang bermarkas di Hongkong ini mulai berdiri pada tahun 1998 dan menjadi situs pencarian lowongan kerja terfavorit di Asia pada saat itu. Situs ini memberikan informasi lapangan pekerjaan di beberapa negara di kawasan Asia, diantaranya adalah Tiongkok, Singapura, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

Situs JobsDB memiliki fitur yang cukup canggih dan memudahkan para pencari informasi pekerjaan. Kita bisa mencari lowongan pekerjaan berdasarkan lokasi, fungsi, dan industri bisnis sesuai dengan yang diinginkan.

Selain itu, situs ini juga bisa menemukan lowongan kerja berdasarkan gaji yang diinginkan oleh para pencari kerja. Misalnya Anda mencari pekerjaan dengan range gaji minimal Rp 5 juta hingga Rp 10 juta, situs ini akan menemukan pekerjaan dengan range gaji tersebut.

Yang membuat situs JobsDB unik adalah adanya informasi lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di situs tersebut. Selain itu, JobsDB juga menyediakan aplikasi mobile untuk pencarian lowongan pekerjaan sehingga memudahkan kita untuk menemukan lowongan pekerjaan terbaru melalui perangkat smartphone.




3. Situs Karir (Karir.com)

Situs lowongan pekerjaan Karir.com mulai berdiri sejak tahun 1998 silam. Situs pencari lowongan pekerjaan ini didirikan oleh PT. Karir Komunika Pratama yang berlookasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Situs yang dipimpin oleh Dino Martin (mantan Vice President Sales and Marketing BMW Indonesia) ini sangat populer di kalangan pencari kerja di Indonesia.

Sama seperti situs lowongan kerja lainnya, Karir.com menawarkan fitur pencarian lowongan pekerjaan berdasarkan kota (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makasar, Medan), berdasarkan industri (banking, retail, manufacturing, etc), nama perusahaan, dan kata kunci tertentu yang diketikkan oleh si pencari kerja. Situs ini juga bisa menemukan lowongan kerja berdasarkan posisi, dan juga gaji.

Situs Karir.com telah diakuisisi oleh EMTEK Group dan dikembangkan lebih profesional. Saat ini Karir.com telah bekerjasama dengan banyak perusahaan besar penyedia lowongan kerja, dan juga bekerjasama dengan beberapa universitas ternama di Indonesia.

4. Situs CareerJet (CareerJet.co.id)

Situs lowongan kerja Careerjet.co.id adalah mesin pencari pekerjaan yang dirancang untuk memudahkan para pencari kerja untuk menemukan lowongan pekerjaan yang diinginkan. Daftar lowongan pekerjaan yang ada di situs ini diklasifikasikan berdasarkan jenis kontraknya.

Artinya, saat kita mencari lowongan pekerjaan di Career.co.id kita bisa memilih pekerjaan dengan jenis kontraknya, misalnya kontrak paruh waktu, kontrak tetap, atau freelance.

Tidak seperti situs lowongan kerja lainnya, situs ini bisa digunakan tanpa harus mendaftar dan login ke websitenya. Tentu saja jika Anda menjadi member di situs ini maka Anda akan mendapatkan fitur tambahan dari Careerjet. Beberapa fitur tambahan bagi mereka yang melakukan registrasi di Careerjet adalah fitur “Pasang CV Anda” dan fitur “Peringatan Pekerjaan”. Selain itu, member Careerjet juga bisa melakukan pengiriman lamaran pekerjaan melalui website Careerjet.co.id.

Situs Careerjet.co.id adalah bagian dari Careerjet.com yang diluncurkan pada tahun 2000 silam di Perancis. Situs ini memiliki teknologi pintar yang bisa mendeteksi situs serta mengidentifikasi daftar pekerjaan yang ada di internet, misalnya situs perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Disebutkan bahwa teknologi tersebut mendeteksi lebih dari 58.000 situs setiap harinya dan kemudian akan menambahkan daftar lowongan pekerjaan terbaru yang ada di internet ke dalam indeks lowongan pekerjaan di situs Careerjet.

5. Lowongan Pekerjaan di JobPlanet.com (Jobplanet.com/id)

Situs JobPlanet.com adalah platform sosial bagi para pencari kerja dan juga karyawan perusahaan. Situs ini digunakan untuk saling berbagi informasi yang berhubungan dengan dunia kerja. Informasi yang bisa didapatkan di Jobplanet adalah seputar gaji, kisi-kisi wawancara, informasi umum tentang perusahaan, hingga budaya kerja yang ada di sebuah perusahaan.

Layanan Jobplanet pertamakali dikembangkan di Korea, yaitu pada tahun 2014 lalu. Perusahaan yang memiliki jaringan internasional ini terus berkembang menjdai salah satu situs terpercaya bagi mereka yang mencari lowongan pekerjaan.

Salah satu kelebihan dan menjadi kekuatan situs Jobplanet adalah adanya kombinasi input data yang bisa dilakukan oleh para pegawai/ karyawan dari berbagai perusahaan. Selain itu, para karyawan yang berhasil masuk ke sebuah perusahaan bisa memberikan review terhadap lowongan kerja yang dilamarnya. Tentu saja hal ini bisa memberikan informasi tambahan bagi para pencari lowongan kerja lainnya, dan bisa menjadi tolak ukur tim HRD dalam memantau tingkat kepuasan para karyawan yang mereka rekrut.

6. Situs Jobs (Jobs.id)

Ketika kita membuka situs Jobs.id, maka kita akan membaca tagline mereka yang berbunyi “Dapatkan Peluang Karir yang Akan Mempengaruhi Hidup Anda”. Tampaknya inilah salah satu alasan penting mengapa situs ini banyak diakses oleh para pencari kerja di Indonesia.

Halaman muka situs lowongan kerja ini memiliki tampilan yang sederhana, namun bila kita masuk ke dalamnya maka akan menemukan informasi lapangan pekerjaan yang lengkap dan disusun berdasarkan industri bisnisnya.

Para pencari kerja bisa mencari lowongan pekerjaan berdasarkan lokasi (misalnya Medan, Bali, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Batam, Balikpapan, dan kota besar lainnya), berdasarkan industri, berdasarkan posisi, berdasarkan perusahaan, dan berdasarkan bidang.

Selain itu, pencarian lowongan kerja di Jobs.id bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur pencarian. Anda bisa mengetikkan nama pekerjaan yang sedang dicari dan kota di kotak pencarian, lalu klik enter. Nanti akan muncul banyak lowongan pekerjaan berdasarkan kata kunci. Situs Jobs.id bisa digunakan dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Inggris.

7. Website Jobindo (JobIndo.com)

Situs lowongan kerja Jobindo.com mulai beroperasi sejak tahun 2005 silam. Dengan tagline “Cara cepat cari kerja”, Jobindo menjadi salah satu situs lowongan kerja yang sangat banyak dikunjungi oleh para pencari kerja di Indonesia.

Di bawah naungan PT. Jobindo Indonesia, situs Jobindo.com menawarkan fitur pencarian info lowongan kerja yang bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja. Pada halaman utama situs ini, kita bisa melihat informasi lowongan pekerjaan terbaru serta lowongan kerja berdasarkan lokasi dan kategori industri.

Selain itu, situs Jobindo.com juga memiliki fitur “Lowongan Kerja Premium”. Fitur ini menampilkan lowongan pekerjaan untuk posisi-posisi tertentu pada perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia.

8. Situs Lowongan Kerja Monster (Monster.co.id)

Namanya memang agak menyeramkan, tapi situs ini sama sekali tidak membahas tentang monster. Situs Monster.co.id adalah anak perusahaan dari Monster.com, sebuah perusahaan asal Amerika yang bergerak di bidang informasi karir global yang didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Taylor. Ketika artikel ini dibuat, disebutkan bahwa situs ini telah mempunyai cabang bisnis di 50 negara lain.

Mungkin situs ini belum terlalu familiar bagi sebagian orang. Tapi Anda sebaiknya tidak memandang sebelah mata pada situs ini karena faktanya di situs Monster.co.id banyak sekali informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan bonafit di Indonesia.

Ketika kita mengunjungi website Monster.co.id, kita bisa langsung melakukan pencarian lowongan kerja dengan menggunakan kotak pencarian di situs tersebut. Cara lain untuk mencari pekerjaan di situs ini adalah dengan mengarahkan kursor Anda ke bagian “Jobs” lalu memilih salah satu link yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya memilih salah satu kategori pada Top Industries sesuai dengan latar belakang pendidikan atau keahlian Anda.

9. Informasi Lowonga Kerja di Hiredtoday (Hiredtoday.com)

Situs Hiredtoday.com awalnya adalah Careerbuilder.co.id. Situs pemberi informasi lowongan pekerjaan ini berada di bawah naungan Careerbuilder.com, sebuah perusaahan asal Amerika yang bergerak di bidang informasi lowongan pekerjaan dan karir.

Di Indonesia, Hiredtoday berlokasi di Jakarta Selatan (Menara Jamsostek). Dengan tampilan situs yang sederhana dan elegan, Hiredtoday memberikan informasi lowongan kerja dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Situs ini sangat mudah digunakan oleh para pencari kerja. Setelah masuk ke situs Hiredtoday, kita bisa langsung melakukan pencarian lowongan pekerjaan terbaru dengan mengisi kotak pencarian di situs tersebut.

Pada bagian kotak pencarian, kita bisa mengisi Jabatan/ Kemampuan, Tingkatan Pekerjaan, Peran Pekerjaan, dan Lokasi, lalu menekan tombol pencarian. Seketika daftar lowongan pekerjaan akan muncul di situs tersebut.

10. Situs Loker (Loker.id)

Sangat sesuai dengan namanya, Loker merupakan situs yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan di Indonesia. Berada di bawah naungan CV. Jemari, situs Loker.id yang berdiri sejak tahun 2007 ini pernah mengklaim diri sebagai pionir lokal di ranah informasi loker di Indonesia.

Di situs ini kita bisa menemukan ratusan lowongan kerja terbaru dan terpercaya yang masuk setiap harinya. Semua lowongan kerja tersebut sudah melalui proses screening dan diperiksa secara manual oleh tim redaksi Loker, sehingga keabsahan dan keakuratannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Di situs ini Anda bisa mencari lowongan pekerjaan dengan mengetikkan kata kunci (posisi/nama perusahaan) di bagian kotak pencarian, lalu memilih Lokasi. Selain itu, para pencari kerja bisa langsung mengirimkan resume-nya di situs Loker.id. Ini menjadi keuntungan bagi pencari kerja dan juga perusahaan pencari tenaga kerja karena perusahaan pencari tenaga kerja bisa langsung melihat resume Anda melalui situs Loker.

11. Jobscdc (Jobscdc.com)

Jobscdc adalah singkatan dari kata Jobs and Career Development Center. Situs yang mulai online sejak tahun 2011 ini sering dikunjungi oleh para pencari kerja di Indonesia. Namun, sayangnya situs ini hanya menyediakan informasi lowongan kerja saja, para pencari kerja tidak bisa mengirimkan CV mereka melalui situs ini.

Di situs ini ada beberapa kategori bidang pekerjaan, termasuk informasi loker BUMN dan PNS. Walaupun situs ini menggunakan platform gratisan dari Blogger.com, ternyata situs ini dikelola dengan cukup serius. Hal ini terlihat dari update-nya informasi lowongan kerja di situs ini setiap harinya.

Selain tidak bisa mengirimkan CV, kekurangan dari blog lowongan kerja ini menurut saya adalah tampilan iklan yang sangat banyak di setiap halaman websitenya sehingga cukup mengganggu visitor. Selain itu, bahasa yang digunakan di dalam websitenya menggunakan bahasa Inggris yang akan menyulitkan mereka yang kemampuan bahasa Inggris-nya kurang baik.

12. KerjaKarir (Kerjakarir.co.id)

Situs Kerjakarir merupakan salah satu pendatang baru untuk layanan informasi lowongan pekerjaan di Indonesia. Situs ini memiliki sejumlah fitur yang sangat bermanfaat bagi para pencari kerja dan juga perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Di situs ini kita bisa langsung melihat daftar lowongan pekerjaan di halaman utama. Namun, tentu saja kita bisa mencari informasi lowongan kerja sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman, manfaatkan saja fitur pencarian di situs tersebut.

Situs Kerjakarir juga menyediakan fitur “Tambah resume” yang bisa Anda kita manfaatkan jika ingin memasukkan data diri sehingga nantinya bisa ditracking oleh perusahaan yang mencari tenaga kerja. Fitur ini sangat mudah digunakan, cukup dengan menambahkan beberapa informasi seperti nama, jenis kelamin, nomor telepon, email, serta file resume berekstensi Pdf, doc, jpeg, dan lainnya.

13. Urbanhire (Urbanhire.com)

Startup ini didirikan dan dikembangkan oleh 3 orang profesional yang ahli di bidang masing-masing. Mereka adalah Hengki sebagai CTO, Benson Kawengina sebagai CEO, dan Jepri Sinaga sebagai SVP Produk & Engineering.

Awalnya situs Urbanhire hanya menampilkan informasi lowongan kerja dari beberapa perusahaan yang merupakan rekanan mereka. Namun pada perkembangannya, startup teknologi yang menghadirkan layanan rekrutmen pegawai berbasis software dan aplikasi ini berkembang menjadi salah satu perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi penyedia informasi lowongan kerja ternama di Indonesia.

Di situs Urbanhire.com kita bisa melihat banyak info lowongan pekerjaan terbaru yang selalu uptodate. Selain itu, situs ini juga memberikan berbagai tips bermanfaat yang berhubungan dengan pekerjaan dan pengembangan karir. Tidak selesai sampai di sana, Urbanhire juga telah meluncurkan Urbanhire Search, yaitu produk agregator untuk lowongan kerja yang ditawarkan secara online.

14. Indeed (Indeed.com)

Situs Indeed.com adalah mesin pencari lowongan kerja global. Kabarnya situs ini sudah beroperasi di enam puluh negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Tampilan situs ini sangat sederhana dan sangat mudah digunakan. Pada halaman utama situs ini perhatian kita akan tertuju pada dua kotak pencarian yaitu kotak untuk memasukkan jabatan, kata kunci, atau nama perusahaan, kotak untuk memilih lokasi. Fitur ini akan sangat membantu para pencari kerja untuk menemukan informasi lowongan pekerjaan yang mereka butuhkan.

Di situs ini kita akan bisa menemukan lowongan kerja dari partner Indeed.com. Selain itu, disebutkan juga bahwa Indeed memiliki fitur agregator yang memungkinkan situs ini untuk melakukan pencarian informasi lowongan kerja dari tempat lain, misalnya laman karir di situs perusahaan, surat kabar, dan lain-lain.

15. Situs Lowongan Kerja Jobfinder (Jobfinder.co.id)

Situs pencari kerja Jobfinder.co.id berbasis di negara Jerman. Namun pada perkembangannya Jobfinder juga menyasar para pencari kerja yang ada di Indonesia. Jobfinder yang bekerja sebagai mesin pencari ini menyediakan informasi lowongan pekerjaan dari ribuan industri dan berbagai kategori.

Situs ini adalah agregator informasi lowongan pekerjaan, dan para pencari kerja tidak bisa menitipkan lamaran melalui situs ini. Namun, bila Anda menemukan lowongan pekerjaan yang diinginkan di situs Jobfinder maka Anda bisa melamar ke perusahaan yang dituju melalui situs Jobfinder.

Ketika kita membuka sebuah lowongan kerja di Jobfinder.co.id, pada bagian bawah ada link tombol “Lamar” untuk mengirimkan lamaran ke perusahaan yang dituju. Klik tombol tersebut, lalu masukkan data dan resume Anda melalui formulir tersebut, lalu klik “Lamar” maka surat lamaran pekerjaan Anda akan terkirim. Untuk menggunakan fitur ini Anda harus mendaftar terlebih dahulu di situs Jobfinder.

16. Info Loker di Glints (Glints.id)

Situs penyedia informasi lowongan kerja asal Singapura ini hadir di Indonesia sejak tahun 2016. Ketika artikel ini dibuat, disebutkan bahwa Glints telah memiliki lebih dari 20.000 orang yang terdaftar sebagai member di situs ini. Dan sebagian besar dari member tersebut adalah dari kalangan muda.

Yang menarik dari situs lowongan kerja yang satu ini adalah adanya jaminan kepada penggunanya bahwa para pencari kerja akan mendapatkan pekerjaan dalam waktu 14 hari sejak mengirimakan resume mereka. Klaim ini memang sangat mungkin, mengingat saat ini Glints telah memiliki partner lebih dari 2000 perusahaan yang mengirimkan listing lowongan pekerjaan di sana.

Selain itu, Glints juga memberikan banyak informasi lowongan magang. Lowongan magang ini sangat cocok bagi mereka yang ingin meningkatkan skill dan menambah networking di dunia kerja profesional. Lowongan magang ini terdapat dua fitur unggulan;

  1. Live Career Consultations, yaitu jasa konseling dan rekomendasi pengembangan karir melalui live chat
  2. Dynamic Career and Skills Path Explorer, yaitu layanan membantu kandidat untuk menjelajahi bidang karir lainnya dan pelatihan keahlian khusus untuk berkarir di bidang yang diminati

17. Situs Jora (Jora.com)

Situs ini mirip dengan Jobfinder, merupakan agregator untuk menemukan berbagai lowongan pekerjaan dari situs-situs lowongan kerja yang ada di internet. Bila Anda tidak ingin membuka situs lowongan kerja satu persatu, maka Jora bisa menjadi solusi.

Situs ini berbasis di Australia dan cukup banyak digunakan oleh masyarakat di Indoensia untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Yang unik dari situs ini adalah tampilannya yang sangat minim dan sederhana.

Disebutkan bahwa Jora sudah bekerjasama dengan beberapa portal lowongan kerja ternama di Indonesia. Bahkan saat ini Jora sudah memiliki hak eksklusif untuk menampilkan lowongan kerja dari situs Jobstree dan JobsDB.

Situs ini juga menampilkan lowongan pekerjaan dari perusahaan dan agen rekrutmen yang mencari kandidat untuk menempati bebeberapa posisi penting di perusahaan pencari kerja.

18. Situs Lowongan Kerja Kompas Karier (Kompaskarier.com)

Pertamakali membaca situs Kompas Karier, mungkin yang terlintas di pikiran kita adalah lowongan kerja dan pengembangan karir di perusahaan Kompas. Tapi sayangnya bukan seperti itu. Perusahaan besar di bidang media ini ternyata merambah dunia lowongan pekerjaan dengan mendirikan Kompas Karier.

Di situs Kompaskarier.com kita bisa menemukan banyak informasi lowongan pekerjaan terbaru, lowongan kerja pilihan, dan juga berbagai artikel tips pengembangan karier. Di situs ini juga kita bisa melihat lowongan kerja yang paling banyak dilihat dan paling banyak diminati oleh para pencari kerja.

Situs ini bisa digunakan secara gratis oleh perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja dan juga para pencari kerja. Uniknya ketika kita ingin memasang lowongan kerja, akan diarahkan ke situs Urbanhire.com.

19. Situs Qerja (Qerja.com)

Situs Qerja merupakan situs yang bisa memfilter pencarian lowongan pekerjaan berdasarkan bidang pekerjaan, lokasi, industri/ perusahaan, dan gaji. Situs ini juga memungkinkan para penggunanya untuk membagikan informasi lowongan kerja dan memberikan ulasan di sebuah perusahaan.

Selain itu, Qerja juga menyediakan opsi Fresh Graduate yang akan menampilkan informasi lowongan kerja bagi mereka yang baru lulus. Saat ini Qerja telah bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Pemerintah Indonesia sehingga informasi lowongan pekerjaan yang tampil di situs ini akan selalu uptodate dan terpercaya.

20. Job-Like (Job-like.com)

Situs Job-Like.com adalah situ penyedia informasi lowongan kerja buatan Indonesia. Job-Like.com memiliki konsep yang mirip dengan Jobfinder dimana kita tidak bisa menitipkan resuma di situs ini. Namun, ketika kita menemukan lowongan kerja yang ingin dilamar, kita bisa langsung mengirimkan lamaran ke sebuah perusahaan melalui situs Job-Like.

Situs ini menyediakan informasi lowongan pekerjaan dari seluruh provinsi Indonesia, termasuk lowongan kerja PNS dan lowongan kerja BUMN.

Penggunaan situs ini pun sangat mudah. Selain fitur pencarian, kita juga bisa mencari lowongan kerja berdasarkan spesialisasi/keahlian atau latar belakang pendidikan, misalnya Teknik Sipil, Software Enginer, Legal Officer, dan lain-lain.

***

Teknologi informasi memberikan kemudahan pada kita untuk menemukan berbagai informasi penting dan terupdate. Bagi Anda yang saat ini sedang mencari informasi seputar lowongan kerja, mulailah membuka satu atau dua situs yang disebutkan di atas untuk menemukan pekerjaan impian Anda. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.



5 total comments on this postSubmit yours
  1. jobstreet mantep min,,, saya dapet kerja dari jobstreet :D

  2. Kira-kira kalau ngelamar kerja ke suatu perusahaan dari informasi situs di atas diminta uang nggak mas pas di perusahaannya, ??

  3. artikelnya bener-bener membantu mas, berkunjung ke blog ini ibarat serasa tinggal di hotel bintang 5, betahhh,lanjut mas

  4. Terimakasih mas max. Izin share ya biar berkah artikelnya..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud