Beranda Bisnis 10 Situs Freelance Indonesia dan Mancanegara yang Bisa Jadi Ladang Bisnis

10 Situs Freelance Indonesia dan Mancanegara yang Bisa Jadi Ladang Bisnis

Situs Freelance Indonesia

Apakah Anda sedang mencari situs freelance Indonesia dan mancanegara yang bisa dijadikan ladang penghasilan secara online? Jika ya, maka Anda harus menyimak artikel ini hingga akhir karena mungkin saja informasi di dalamnya dapat mengubah masa depan Anda.

Seperti kita ketahui, ada banyak keahlian yang bisa menjadi ladang bisnis online yang menguntungkan dan bisa dijalankan dari mana saja. Dan saat ini, menjadi tenaga kerja freelance (freelancer) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan pekerja lepas telah menjadi profesi yang banyak dilakoni banyak orang.

Apa Itu Freelance

Secara singkat, pengertian freelance adalah suatu cara kerja dimana seseorang melakukan pekerjaan tertentu secara mandiri tanpa terikat kontrak atau perjanjian jangka panjang dengan seseorang atau sebuah perusahaan.

Seorang freelancer dapat bekerja sesuai dengan waktu yang dimilikinya tanpa harus menetap di suatu tempat. Dengan kata lain, pekerjaan sebagai freelancer dapat dilakukan secara full time maupun part time di luar pekerjaan utamanya.

Baca juga artikel Maxmanroe.com yang membahas mengenai pengertian freelance dan beberapa jenis pekerjaan yang banyak dilakukan oleh para freelancer.

Bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi situs freelance Indonesia dan mancanegara, berikut ini Maxmanroe.com membahasnya secara ringkas.

Daftar Situs Freelance Indonesia

1. Freelancer Indonesia

Daftar Situs Freelance Indonesia

Situs www.freelancer.co.id

Freelancer merupakan salah satu situs freelance terbaik dan terbesar yang ada di dunia dan di Indonesia. Freelancer Indonesia dengan alamat website freelancer.co.id merupakan versi lokal dari Freelancer.com yang berasal dari Australia.

Di situs Freelancer Indonesia, setiap orang dapat menjual berbagai jasa sesuai dengan keahliannya. Mulai dari jasa desain, pemasaran, penerjemah, jurnalistik, pembuatan website, dan lain-lain.

Setiap harinya para freelancer dapat menemukan banyak sekali pekerjaan di situs ini. Masing-masing pekerjaan disertai dengan penjelasan yang cukup lengkap, mulai dari deskripsi pekerjaan, keahlian yang dibutuhkan, deadline, upah pekerjaan, dan jumlah orang yang melamar pekerjaan tersebut.

Di situs ini juga terdapat kontes dimana para freelancer bersaing untuk mendapatkan suatu proyek dari klien. Pada kontes tersebut, klien akan memilih freelancer yang sesuai dengan kebutuhannya.

Sebelum bergabung di situs ini, pastikan bahwa Anda memiliki kartu kredit atau akun Paypal karena proses pembayaran dilakukan melalui kedua platform tersebut.

2. Projects

Situs Freelance Indonesia 2

Situs projects.co.id

Situs freelance Indonesia yang satu ini pun sudah sangat populer, khususnya bagi para pekerja lepas di Indonesia.

Seperti halnya situs freelance, Anda dapat menjual berbagai jenis jasa di Projects. Mulai dari pekerjaan di bidang IT, pemasaran online, jurnalistik, pembuatan website, pembuatan software, dan lain-lain.

Selain itu, di Projects juga bisa dilakukan transaksi jual beli produk digital, seperti desain kaos, ebook, template website, dan lain sebagainya.

Satu hal yang unik dari situs ini adalah adanya sistem affiliasi. Jadi, jika seseorang yang terdaftar di Projects.co.id mempromosikan suatu pekerjaan (dengan url khusus tentunya) dan terjadi transaksi, maka orang tersebut akan mendapatkan komisi 10% – 20% dari nilai proyek tersebut.

3. Sribulancer

Situs Freelance Indonesia

Situs www.sribulancer.com

Sribulancer merupakan website freelance Indonesia yang juga sangat populer di kalangan pekerja lepas Indonesia. Di situs ini para freelancer bisa menjual keahliannya di bidang tertentu, seperti; jasa menulis, desain grafis, pemasaran online, penerjemah, dan lain sebagainya.

Di Sribulancer para freelancer mendapatkan pekerjaan dengan dua cara:

  • Pertama, dengan melamar pekerjaan dengan status open,  kepada orang lain yang membutuhkan dan pemilik pekerjaan akan menyeleksi pelamar yang sesuai dengan kebutuhannya.
  • Kedua, dapat ditunjuk langsung oleh pemilik pekerjaan yang melihat sebuah profil freelancer dan menganggap orang tersebut sesuai dengan yang dibutuhkannya.

Proses transaksi di situs ini pun banyak pilihan dan cenderung lebih mudah. Misalnya melalui transfer bank yang lebih diminati kebanyakan orang Indonesia.

4. Sribu

Situs Freelance Indonesia

Situs www.sribu.com

Sribu merupakan anak perusahaan dari Sribulancer. Perbedaannya adalah Sribu lebih fokus pada bidang desain grafis (graphic designer) dan menggunakan sistem kontes bagi para freelancer untuk mendapatkan sebuah proyek dari klien.

Sribu memiliki sistem kontes yang cukup unik dimana pemilik pekerjaan melakukan pembayaran dan menjelaskan detail kebutuhannya di situs Sribu.com. Selanjutnya para freelancer membuat desain dan mengajukan karya mereka tersebut ke dalam kontes. Pada akhirnya, pemilik pekerjaan akan memilih karya yang paling sesuai dengan yang dibutuhkan.

Adapun beberapa jenis jasa desain grafis yang ditawarkan oleh para freelancer di situs ini diantaranya:

  • Pembuatan logo
  • Pembuatan kartu nama dan kop surat
  • Desain banner, flyer/ brosur, maskot, company profile, poster, kartu undangan
  • Desain kemasan/ label
  • Desain aplikasi, website
  • Desain seragam, merchandise, kalender

5. Fastwork

Situs Freelance Indonesia

Situs fastwork.id

Satu lagi startup situs freelance Indonesia karya anak Indonesia, yaitu Fastwork.id. Di situs ini para freelance bebas menawarkan jasa sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing.

Seperti halnya website freelancer lainnya, di situs Fastwork para pemilik pekerjaan bisa mencari freelancer terbaik yang sesuai dengan kebutuhannya.

Bagi para pemiliki kerja, alurnya sangat sederhana, yaitu:

  • Buka situs Fastwork.id dan mendaftar sebagai anggota
  • Cari freelancer sesuai dengan kategori pekerjaan
  • Diskusikan detail project dengan freelancer
  • Lakukan pembayaran aman melalui platform Fastwork
  • Terima hasil kerja bila puas dengan hasil yang diberikan.

Daftar Situs Freelance Mancanegara

1. 99Design

Situs Freelance Mancanegara

Situs 99designs.com

99Design merupakan salah satu website freelance mancanegara yang sangat populer. Sesuai dengan namanya, di situs ini jasa yang ditawarkan adalah desain grafis.

Situs ini juga menggunakan sistem kontes bagi para freelancer. Pemilik proyek menjelaskan detail desain yang dibutuhkannya, lalu para freelancer akan mengajukan desain hasil karya mereka.

Selanjutnya, pemilik proyek akan memilih satu karya yang paling sesuai dengan yang mereka butuhkan.

2. Upwork

Situs Freelance Mancanegara

Situs www.upwork.com

Upwork juga website freelance mancanegara yang sangat populer di dunia. Situs ini berbasis cloud yang memungkinkan para freelancer menjangkau berbagai bisnis dan perusahaan dengan berbagai ukuran.

Upwork disebut-sebut sebagai situs freelance terbaik bagi para pemilik pekerjaan yang membutuhkan talenta-talenta terbaik. Di sisi lain, para freelancer mendapatkan banyak keuntungan dari fitur canggih di situs ini, misalnya fitur untuk mendeteksi apakah klien mendaftarkan suatu proyek asli atau palsu.

Ketika membuka situs Upwork, para pengguna akan menemukan halaman antar mukanya sangat mudah digunakan dengan sistem navigasi yang user-friendly.

Beberapa bidang jasa yang ditawarkan di situs Upwork, diantaranya:

  • Web developer
  • Mobile developer
  • Design
  • Writing
  • Admin support
  • Customer service
  • Marketing
  • Accounting

3. Toptal

Situs Freelance Mancanegara

Situs www.toptal.com

Toptal adalah website freelance dengan jaringan ekslusif bagi para freelancer di bidang software developer, desainer, ahli keuangan, product manager, dan project manager dari seluruh dunia.

Para klien Toptal adalah perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan talenta terbaik untuk mengerjakan proyek penting. Dengan kata lain, agar bisa mendaftar di situs ini maka Anda harus memiliki beberapa portofolio berkualitas dan melalui proses seleksi yang ketat.

Tentu saja jaminan kualitas yang diberikan akan sepadan dengan upah yang diterima oleh para freelancer. Selain itu, freelancer juga dapat memilih proyek jangka pendek atau jangka panjang.

5. Freelancer

Situs Feelancer Mancanegara

Situs www.freelancer.com

Freelancer merupakan salah satu situs freelance terbaik di dunia dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Menurut freelancer.com, saat ini ada 44 juta pengguna global dari 247 negara, baik itu pemberi kerja maupun para pekerja lepas.

Di situs ini ada lebih dari 1350 kategori pekerjaan yang ditawarkan, beberapa diantaranya;

  • Logo design
  • Graphic design
  • Website design
  • Internet marketing
  • Copywriting
  • Legal
  • Finance

Seperti halnya di situs freelance lainnya, di freelance.com para pekerja lepas dikenakan biaya jika telah mengajukan delapan proposal kepada pencari jasa.

4. Fiverr

Situs Freelance Mancanegara

Situs www.fiverr.com

Fiverr adalah sebuah platform bagi freelancer untuk menawarkan layanan atau jasa kepada pelanggan di seluruh dunia secara online.

Pada awal berdirinya Fiverr, setiap jasa yang ditawarkan harganya hanya $5. Jika ada tambahan permintaan dari pemberi kerja maka akan dikenakan biaya tambahan, tergantung tingkat kesulitan.

Seiring perkembangan Fiverr, saat ini semakin banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh para freelancer. Harganya pun menjadi lebih beragam, yaitu mulai dari $5 hingga $500 per project.

Perlu diketahui juga bahwa saat ini ada banyak sekali freelancer asal Indonesia yang menghasilkan uang dari Fiverr. Namun, tentu saja Anda harus bisa berbahasa Inggris agar bisa berkomunikasi dengan klien dari mancanegara.

Kesimpulan

Di atas telah disebutkan beberapa situs freelance Indonesia dan mancanegara yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis untuk menambah penghasilan.

Tentunya Anda harus memilih beberapa situs freeance paling sesuai dengan bidang yang dikuasai dan menentukan target market yang paling mudah.

Misalnya, jika Anda memiliki keahlian di bidang desain dan hanya ingin menarget pasar Indonesia maka situs FL terbaik adalah Sribu, Fastwork, Projects, dan Freelancer Indonesia.

Jika ada situs freelance Indonesia yang bagus dan belum dibahas di artikel ini, Anda bisa menyebutkannya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

2 KOMENTAR

  1. Bener mas, freelance itu banyak lho yang hidupnya berkelimpahan. Memang kerjanya terlihat tak menentu karena tergantung pesanan, tapi kembali lagi, kalau punya keahlian dan kerjanya bagus pasti akan dapat klien rutin.

  2. memang freelancer ini kadang bagi sebagian yang tidak tahu dianggap sebelah mata, tapi ada teman saya yang kaya dari 99 design.. kerjanya tiap hari design melulu..kadang start jam 10 malam sampe jam 3 subuh…sekarang tinggal di Bali sama istrinya…haduh enak banget dah idupnya. Sedangkan ane masih kerja jam 08 sampe 17 tiap hari..nunggu gajian….namanya rejeki beda-beda kali ya

Tinggalkan Balasan