Beranda Bisnis Peluang Bisnis Sewa Kipas Angin Air, Meraup Untung dari Penyejuk Udara

Peluang Bisnis Sewa Kipas Angin Air, Meraup Untung dari Penyejuk Udara

Kebutuhan alat pendingin di sebuah acara sekarang menjadi kebutuhan yang wajib ada untuk menunjang kenyamanan bagi para tamu yang hadir. Jika dulu alat pendingin yang banyak disewakan adalah AC standing, kini sudah ada inovasi yang menghadirkan alat pendingin baru yang lebih ramah lingkungan dan lebih murah daripada sewa AC standing yaitu sewa kipas angin air.

Sewa alat ini kini mulai banyak peminatnya dibandingkan alat pendingin sewaan lainnya. Alat ini tidak seperti kipas angin standing biasanya, karena memiliki ukuran yang lumayan besar dan terhubung dengan kotak atau tangki tempat air untuk menghasilkan hembusan yang sejuk seperti AC.

Meski terlihat sederhana namun kesejukkan yang dihasilkan alat ini tidak kalah dengan alat pendingin portabel lainnya.

Sistem Kerja Kipas Angin Air

Sewa Kipas Angin Air
Kipas Angin Air

Kipas angin air memiliki prinsip kerja yang sama dengan air cooler, dimana alat ini mengubah air yang ada di tangki yang disemprotkan menjadi percikan dalam bentuk yang sangat kecil, dan akan bercampur dengan angin yang dihasilkan baling-baling sehingga memunculkan udara yang sejuk.

Partikel air yang disemprotkan ke depan baling-baling akan mengikat udara panas yang ada di sekitarnya. Prinsip ini sama seperti cara kerja dari proses pendinginan air cooler menjadi udara yang sejuk. Alat pendingin yang memanfaatkan penguapan air yang bercampur dengan udara ini tergolong kedalam Evaporative Air Cooler (EAC).

Meskipun sejuk air cooler seperti kipas angin air ini tidak bisa menghasilkan udara semaksimal AC karena fungsi dari kipas ini adalah untuk menyejukkan udara bukan untuk mendinginkan udara. Udara yang sejuk lebih sehat untuk semua kalangan, karena udara yang sejuk cukup untuk membuat badan tidak merasakan panas atau gerah, namun tidak sampai membuat orang merasa kedinginan.

Sebaliknya udara yang dihasilkan Air Conditioner memang bertujuan untuk mendinginkan udara, sehingga suhu yang dihasilkan alat ini terasa sangat dingin dan bagi beberapa orang yang tidak kuat dengan suhu terlalu dingin bisa mengalami kembung atau masuk angin.

Kelebihan Sewa Kipas Angin Air

Kipas Angin Air

Kipas angin air ini memiliki lebih banyak manfaat bagi tubuh maupun kulit dibandingkan pendingin seperti AC. Kipas ini mengeluarkan udara sejuk yang dihasilkan dari air sehingga dapat meningkatkan kelembaban udara, sedangkan AC menghasilkan udara dingin dari kompresor dan refrigeran yang justru menurunkan kelembaban udara.

Penggunaan kipas angin air ini juga dapat membantu lingkungan menjadi lebih baik karena, penggunaan alat pendingin ini mampu mengurangi adanya emisi gas yang dapat menyebabkan menipisnya lapisan ozon yang disebabkan karena zat gas CFC yang berasal dari AC selain itu alat ini juga dilengkapi dengan filter. Dingin sejuk yang dihasilkan kipas dengan tangki air ini didapat dari proses penguapan air yang terjadi secara alami di sekitar orang-orang.

Selain lebih baik untuk lingkungan, penggunaan kipas ini juga dapat lebih menghemat penggunaan daya listrik, inilah yang membuat zaman sekarang semakin banyak yang memilih kipas dengan beruap air sejuk ini untuk dipasang di berbagai acara. Dengan daya listrik yang lebih hemat, semakin banyak juga unit yang bisa dipasang. Hal ini menjadikan bisnis dari alat pendingin ini semakin menjanjikan kedepannya.

Perawatan dari alat pendingin yang satu ini juga lebih mudah dan murah, sehingga Anda akan semakin nyaman untuk mengelola bisnis sewa kipas angin air. Meskipun terlihat besar, kipas ini memang didesain untuk bersifat portabel sehingga bisa dipindah-pindahkan kemana saja dengan mudah. Terdapat roda di bagian bawahnya supaya kipas ini dapat didorong untuk berpindah tempat.

Ada juga roda bagian depan yang dibuat khusus sebagai penahan agar kipas ini tidak lari kemana  mana sehingga penggunanya merasa aman. Kipas air angin ini adalah satu-satunya alat pendingin yang mampu digunakan untuk acara di luar ruangan. Seperti yang anda ketahui acara indoor untuk berbagai keperluan sangat populer akhir-akhir ini, sehingga jasa sewa kipas angin air menjadi peluang yang sangat bagus terkait situasi tersebut.

Mengenai modal untuk menyediakan unitnya, harga per unit dari kipas ini tidak semahal AC, karena kisaran harga alat pendingin ini sebesar Rp 600 ribu hingga mencapai Rp 2,5 juta. Untuk harga yang paling mahal, biasanya kekuatan angin yang dihasilkan sangat besar.

Banyaknya kelebihan yang dimiliki alat pendingin ini, membuat banyak pihak EO atau Event Organizer berburu tempat sewa kipas angin air untuk dijadikan mitra kerja. Peluang ini adalah salah satu keunggulan dari bisnis sewa alat pendingin ini, yaitu Anda bisa menjalin kerjasama dengan jenis usaha lain.

Semakin banyak Anda menjalin kerjasama dengan berbagai pihak event organizer, maka semakin banyak pula keuntungan yang akan Anda dapatkan secara rutin, karena seperti yang kita tahu bahwa sebuah EO jarang sepi dari pelanggan. Apalagi di kota besar, tidak hanya acara pernikahan saja banyak orang akan menggunakan EO, namun untuk semua jenis acara bahkan acara kecil seperti ulang tahun pun banyak orang di kota besar yang menggunakan EO. Melihat berbagai prospek yang bagus ini, tidak salah jika Anda memilih untuk membuka bisnis sewa kipas angin air di kota besar, karena dijamin akan laris manis.

Dari apa yang sudah dibahas dalam artikel ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa bisnis penyewaan kipas dengan uap air sejuk di berbagai kota besar sangat menjanjikan, karena di seluruh acara kenyamanan pasti adalah hal yang diutamakan dan untuk membuat para tamu undangan nyaman serta terhindar dari hawa panas, biasanya pihak yang mengurus pengadaannya sebuah acara akan menyediakan alat pendingin.

Alat untuk mendinginkan ruangan yang sedang tren saat ini adalah kipas angin air, karena alat ini menyejukkan ruangan tanpa menimbulkan buangan gas CFC yang berbahaya jika dihirup terlalu banyak, selain itu kipas ini juga lebih hemat daya listrik dan mudah untuk dipindahkan karena bersifat portabel.

Kipas angin air juga sekaligus menjadi alat yang bisa digunakan sebagai pendingin untuk acara outdoor, inilah keunggulan dari kipas ini yang tidak dimiliki oleh alat pendingin lainnya. Karena sifatnya yang sangat fleksibel membuat banyak pebisnis EO mencari tempat sewa kipas angin air untuk dijadikan mitra bagi kebutuhan alat pendingin sebagai pelengkap properti mereka, hal ini menjadi poin tambah bagi bisnis kipas yang bisa menghasilkan udara sejuk dari penguapan air ini, karena Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak dengan cara berkelanjutan jika bisa bekerjasama dengan pihak lain seperti pebisnis event organizer.

Untuk membeli unit kipas angin air ini juga tidak diperlukan biaya yang terlalu besar karena harga per unitnya berkisar antara Rp 600 ribu hingga Rp 2,5 juta. Dari berbagai penjelasan di atas, tentu Anda menjadi semakin yakin untuk segera memulai usaha sewa kipas angin air bukan?

Baca juga: Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

3 KOMENTAR

  1. adem-adem basah gimana gitu. bener-bener nyegerin sih ini. btw kalau udah sukses hanya dengan sewa kipas angin, bisa banget kali ya kalau mengembangkan bisnisnya dengan menyewakan kursi susun untuk keperluan pesta.

  2. Rizki Gusnandar

    Mas, air yang disemprot dari kipas angin tersebut apakah tidak membasahi lingkungan sekitar? Kasihan juga tamunya pada basah kalau memang demikian. hihi

Tinggalkan Balasan