Sebelum Sewa Kantor Virtual, Pertimbangkan 5 Hal Penting Berikut Ini

Sewa Kantor Virtual

Image dari Pixabay

Sewa Kantor Virtual – Virtual Office atau biasa dikenal sebagai kantor virtual merupakan sebuah lokasi usaha yang hanya ada di dunia maya. Dapat dikatakan kantor virtual karena merupakan fasilitas berupa sebuah alamat kantor fisik untuk disewakan yang memungkinkan penyewanya untuk menggunakan alamat virtual office tersebut sebagai alamat bisnisnya.

Sebuah kantor virtual adalah ruang bersama, seperti kantor fisik pada umumnya. Sebuah virtual office memiliki semua manfaat dari kantor pada umumnya, seperti telepon, email, fax dan beberapa kebutuhan fisik lainnya yang merupakan bagian integral menjaga operasional kantor normal.

Virtual office ini adalah salah satu cara yang efektif untuk memulai sebuah bisnis di abad ke-21. Bagi pebisnis yang sedang menjalankan usaha, keberadaan kantor tentunya sangat diperlukan agar kegiatan operasional perusahaan sehari-hari dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, keberadaan kantor juga menarik kepercayaan dari konsumen maupun klien. Namun kenyataannya, di kota besar seperti Jakarta, lahan perkantoran semakin terbatas dan harga sewanya juga semakin tinggi.

Hal itulah yang sering kali menjadi kendala bagi pebisnis. Menyikapi hal ini, sebenarnya sudah banyak konsep kantor virtual (virtual office) untuk memenuhi kebutuhan perkantoran. Kantor virtual memungkinkan para pegawai untuk melakukan pekerjaan di luar kantor. Kantor yang diperkirakan akan menjadi kantor masa depan ini memang seperti memberikan angin segar bagi para pebisnis.

Artikel terkait: Co-working Space, Inovasi Konsep Ruang Kerja Modern

Tips Sebelum Menyewa Kantor Virtual

Menyewa kantor virtual memang membantu para pebisnis. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pemilik usaha sebelum sewa kantor virtual. Apa sajakah? Berikut ulasannya.




  1. Menentukan lokasi

Lokasi adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum Anda memilih kantor virtual. Lokasi yang jelas, strategis, dan dekat dengan kantor-kantor penting menjadi beberapa bahan pertimbangan bagi Anda untuk menentukan kantor yang tepat.

Perlu diingat bahwa lokasi kantor yang strategis akan membuka peluang bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Ketika menentukan kantor virtual yang akan Anda sewa, penting untuk tetap memperhatikan lokasinya. Meskipun hanya berwujud dalam kantor virtual, bukan berarti Anda mengabaikan faktor lokasi.

  1. Fasilitas yang Akan Didapat

Selain lokasi, fasilitas juga menjadi aspek penting untuk dipertimbangkan sebelum memilih kantor virtual. Kelengkapan fasilitas yang diberikan oleh kantor virtual bisa menjadi acuan kualitas dari perusahaan penyedianya, misalnya ruang meeting, ruang pengendali perusahaan, atau hall room.

Fasilitas tersebut dianggap penting karena akan memudahkan Anda saat klien ingin mengadakan pertemuan. Selain itu, alamat dan nomor telepon juga tidak boleh diabaikan dan harus bisa dipertanggungjawabkan.

  1. Harga Terjangkau

Harga yang ditawarkan untuk menyewa kantor virtual memang menjadi pertimbangan penting suatu perusahaan. Sebelum menyewa kantor virtual sebaiknya Anda melakukan perbandingan harga dengan fasilitas yang ditawarkan. Pastikan Anda memilih jasa sewa virtual office yang menawarkan harga terbaik dan sesuai dengan bujet perusahaan.




  1. Konsep Perusahaan Kantor Virtual

Anda perlu mengetahui konsep dari perusahaan penyedia kantor virtual tersebut. Konsep ini akan menjadi acuan utama untuk bidang bisnis yang sedang Anda jalankan.

Pilihlah kantor virtual yang mengusung konsep sejalan dengan bisnis Anda sehingga akan terjalin kerja sama yang menguntungkan. Anda bisa melihat konsep kantor virtual dari segi pelayanan,  pimpinan perusahaan, serta sistem kepegawaian.

Baca juga: Kantor Virtual :: Solusi Mahalnya Biaya Sewa Tempat di Jakarta

  1. Pegawai

Hal terakhir yang tidak kalah penting untuk diperhatikan sebelum memilih virtual office adalah para pegawai yang nantinya akan bekerja sama dengan Anda. Tidak semua pegawai bisa langsung beradaptasi dengan mudah karen memang konsep kantor virtual ini belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, Anda perlu kebijakan dan ketentuan yang tepat. Bagi beberapa orang yang terbiasa bekerja di kantor konvensional (fisik) tentunya membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan konsep kantor virtual. Namun, bisa juga mereka tidak sanggup untuk melakukannya. Jika tidak, Anda bisa saja kehilangan pegawai Anda.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum menggunakan jasa sewa virtual office. Bagi pengusaha pemula, sewa kantor virtual bisa menjadi pilihan yang tepat karena praktis dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Jadi, tertarik menjalankan bisnis dengan menggunakan jasa sewa virtual office?

Rekomendasi :  Virtual Office Solusi Bisnis Untuk Pemula
Author : Agung Bagaskara
Facebook : Legalo.id



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud