Sebenarnya Apa Kunci Sukses Dari Silicon Valley?

Kunci-Sukses-Dari-Silicon-Valley

Banyak sekali wacana di Indonesia bahwa akan membuat sebuah daerah seperti Silicon Valley. Orang-orang luar mungkin berpikir bahwa Silicon Valley mudah untuk direplikasi dan diterapkan karena mereka dapat mengumpulkan dana ataupun engineering talent-nya. Namun, komponen yang sulit untuk ditiru adalah ketersediaan akses dan infrastrukturlah yang justru menjadi faktor penting untuk kesuksesan sebuah #startup dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Selain infrastruktur, hubungan berkesinambungan dari para startup yang telah sukses dengan startup yang baru akan menanjak haruslah terbina supaya terjadi sebuah regenerasi dimasa yang akan datang.

Buat Anda yang belum tahu apa itu Silicon Valley, menurut Wikipedia Silicon Valley (terj. harfiah: Lembah Silikon) adalah julukan bagi daerah selatan dari San Francisco Bay Area, California Amerika Serikat. Julukan ini diraih karena daerah ini memiliki banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor. Daerahnya termasuk San Jose, Santa Clara, Sunnyvale, Palo Alto, dll. Perusahaan-perusahaan teknologi ternama lahir disana di antaranya adalah: Adobe Systems, Apple Computer, Cisco Systems, eBay, Google, Hewlett-Packard, Intel, danYahoo!.

Lalu apa kunci sukses dari silicon valley yang dapat kita petik? simak informasi berikut ini.

Artikel lain: Silicon Valley ~ Tempat Kelahiran Pusat Teknologi Dunia

1. Bahu Membahu Antara Si Sukses Dengan yang Belum Sukses

Di Silicon Valley memiliki sebuah kondisi yang tidak dimiliki oleh kondisi industri teknologi di tempat lain. Di sana antara alumni startup yang telah sukses dengan yang belum sukses terjalin dengan sangat erat. Tidak ada saling memamerkan kesuksesan yang telah diraih, semua berhubungan dan berkomunikasi dengan penuh rasa respect dan tidak ada keangkuhan. Semangat saling membantu yang terus terjaga.




2. Niat Saling Membantu

Meskipun di Silicon Valley terjadi persaingan yang begitu ketat, namun individu-individunya memiliki sikap yang patut dicontoh, yaitu niat saling membantu satu sama lain. Bukan materi namun dukungan dan ilmu pengetahuan. Materi bukan segala dalam usaha namun ilmu pengetahuanlah yang sangat berharga. Hal tersebutlah yang membuat industri teknologi di Silicon Valley terus berkembang dan sangat berwarna.

3. Ingat Balas Budi

Di Silicon Valley mempunyai sebuah kultur yang sangatbaik dan kental yaitu saling membantu yang diserap hingga orang-orang yang berada di puncak, dan saya rasa hal tersebut adalah perbedaan utama yang membuatnya berhasil. Pada banyak industri, orang-orang yang berada di puncak cenderung meremehkan startup. Sebaliknya di Silicon Valley, banyak orang-orang sukses yang tetap rendah hati dan merasa senang untuk membantu para startup jika mereka merasa startup tersebut menarik.

4. Ciptakan Sumber Daya TI yang handal

Harus ada pembentukan sumber daya di bidang TI untuk dapat lebih berperan sebagai engineers yang paham akan keseluruhan struktur dan cara kerja sebuah system kemudian memuncul sebuah solusi teknologi terbaru. Jadi bukan hanya sebagai system intgrator saja yang kegiatannya menjual produk dan mengimplementasikannya saja kepada pelanggan tanpa membuat sebuah perubahan yang berarti.

Harus ada program edukasi lanjutan kepada orang – orang awam akan kemajuan teknologi, jadi pada saatnya nanti kita bukan hanya sebagai pemakai saja namun sebagai pencipta sebuah teknologi yang jauh lebih bermanfaat dari teknologi yang sudah ada.

Baca juga: Apa Itu Startup? Bgmn Perkembangan Dunia Bisnis Startup di Indonesia?




Nah poin-poin di ataslah yang membuat industri teknologi di silicon valley terus berkembang, Kultur yang kental dengan aroma kebaikan tersebutlah yang harusnya di terapkan, bukan hanya sekedar menerapkan infrastruktur saja. Industri Startup di Indonesia saat tengah sangat menanjak. Semoga semua unsur tidak hanya memikirkan kepentingan kelompok saja dan hanya memberikan infrastrukturnya saja. Namun hal yang paling penting adalah dibina dan diberi dukungan yang tepat. Supaya industri startup kita semakin baik dan dapat berkompetisi secara sehat.

Semoga para founder di Indonesia yang telah sukses melihat ini dan mau membantu mereka yang sedang merintis startup, bukan karena imbalan sesuatu tapi karena memang ini adalah hal yang baik untuk dilakukan. Dan bagi mereka yang telah dibantu hendaknya jangan pernah melupakan siapa yang telah membantu, dan berterimakasihlah dengan cara yang pantas.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud