SaweranSosial ~ Platform Online Solusi Pendanaan Kegiatan Sosial Kemanusiaan Di Indonesia

SaweranSosial ~ Platform Online Solusi Pendanaan Kegiatan Sosial Kemanusiaan Di Indonesia

saweransosial
Image dari SaweranSosial.com

Sudah menjadi pemahaman umum bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Tidak ada manusia yang bisa hidup secara mandiri tanpa bantuan ataupun dukungan baik dari orang terdekat maupun lingkungan sekitar. Inilah yang kemudian membuat kita sebagai manusia harus memahami adanya keterkaitan antara satu individu dengan individu lain yang tidak bisa dipisahkan begitu saja.

Pada konteks nyata, contoh paling mudah yang bisa kita amati adalah aksi saling tolong menolong. Terlebih di negara kita ini, masih banyak sekali saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan dalam berbagai bentuk. Beberapa diantaranya, merupakan korban dari bencana alam atau mempunyai kekurangan dalam fisik hingga kesulitan ekonomi.

Pemikiran inilah yang kemudian mendasari #startup SaweranSosial yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan, membuat sebuah platform pengembang pendanaan berbasis online yang dapat diakses siapa saja untuk berbagai keperluan sosial atau untuk menyelesaikan masalah tertentu yang terjadi di masyarakat.

Pentingnya Platform Pendanaan Sosial Secara Online

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa di luar sana masih sangat banyak saudara kita yang membutuhkan bantuan. Belum lama ini, banyak saudara kita yang berada di kawasan Garut mengalami bencana banjir yang tentunya tidak hanya menelan kerugian material namun juga menyisakan luka yang amat dalam bagi para korban. Selain itu, banyak juga kaum duafa, fakir miskin, yatim piatu serta pihak lain yang sangat membutuhkan uluran tangan dari sesama.

Sebenarnya sudah banyak juga individu atau kelompok yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap masalah atau kegiatan sosial yang ada di sekitar kita. Namun yang menjadi masalah adalah terkait dengan pendanaan yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan sosial tersebut. Sebagian mungkin bisa mencukupi kebutuhan pendanaan secara mandiri, namun tidak sedikit pula kelompok yang bergerak dalam bidang sosial tidak mempunyai sokongan dana cukup untuk menjalankan agenda yang telah direncanakan.

Artikel lain: GandengTangan, Startup Untuk Membantu Para Pengusaha Sosial

Pada tahap selanjutnya, sebenarnya pemerintah atau banyak badan swasta lain di Indonesia juga bisa menjadi solusi pendanaan bagi kegiatan sosial tersebut. Namun lagi-lagi masalah tidak berhenti di situ saja, untuk mendapatkan pendanaan dengan cara ini, terkadang sebuah kelompok harus mempunyai legalitas serta identitas yang resmi.

Padahal pada kenyataannya, banyak sekali sekelompok orang yang sebenarnya memiliki keinginan yang besar untuk membantu sesama, namun belum mempunyai kapasitas untuk membentuk organisasi resmi.

Dari sinilah dibutuhkan platform yang lebih luwes untuk mengakomodir kebutuhan pengumpulan dana untuk kegiatan sosial kemanusiaan. Dan sebagai solusi cara galang dana, hadirlah startup SaweranSosial.com.

Sekilas Tentang SaweranSosial

Mungkin sebagian rekan-rekan juga termasuk dari kelompok atau organisasi kecil yang ingin menjalankan kegiatan sosial atau menyelesaikan sebuah masalah di masyarakat. Namun karena tidak mempunyai pendanaan yang cukup akhirnya cenderung terhambat dan tidak bisa segera menjalankan program.

Bergerak dari pemikiran tersebut, sebuah pengembang mendirikan startup yang diberi nama SaweranSosial.com. Secara sederhana, startup ini ingin menjadi platform online penggalangan dana untuk kegiatan bertema sosial kemanusiaan. Mengutamakan kemudahan mulai dari pendaftaran, pengumpulan dana hingga tahap pengawasan pelaksanaan program, SaweranSosial berupaya untuk menjadi alternatif bagi mereka yang masih merasa kesulitan dalam pencarian dana sosial.

Dalam hal ini, rekanan yang bisa ikut masuk mengajukan dana diantaranya mulai dari komunitas, yayasan, aktivis mahasiswa, korban bencana bahkan hingga perorangan yang mempunyai program tertentu untuk menyelesaikan masalah di lingkungan masyarakat.

Untuk menjamin semua dana yang diberikan oleh donatur dapat disalurkan dengan tepat dan maksimal, SaweranSosial juga telah mempunyai sistem terintegrasi untuk masalah assessment serta verifikasi setiap program sosial yang diajukan. Nantinya pihak pengaju dana, juga memiliki kewajiban untuk memberikan laporan dan kondisi terkini terkait dengan program sosial yang sedang dijalankan. Laporan tersebut akan langsung diberikan kepada para donatur sehingga pengawasan bisa jalankan dengan baik.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, salah satu kelebihan dari SaweranSosial yakni mampu mengakomodir para penggalang dana yang belum mempunyai legalitas organisasi. Jadi nantinya, kelompok dari masyarakat umum pun bisa langsung mengajukan dana. Namun untuk menjaga semua proses berjalan dengan tempat dan tidak ada pelanggaran, SaweranSosial tetap mengedepankan unsur pengawasan dan tanggung jawab dari pihak pengaju dana lewat beberapa syarat dan ketentuan.

Sejumlah Program Sosial yang Telah Digalakkan

saweransosial-1

Meskipun didirikan dalam waktu yang belum terlalu lama, startup SaweranSosial telah berhasil mengumpulkan sejumlah dana untuk berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Beberapa diantaranya yakni program Mobil Operasional Free Food Car yang merupakan aksi pemberian makanan secara gratis bagi mereka yang membutuhkan seperti yatim, dhuafa, fakir miskin serta musafir yang sedang dalam perjalanan jauh dan membutuhkan makanan.

FFC hingga saat ini mempunyai cakupan layanan hampir di 10 kota di Indonesia. Selain itu dengan jumlah dana yang masuk sudah mencapai Rp18 juta, program yang digalakkan oleh Sekolah Relawan ini, diharapkan akan terus bertambah hingga akhir tahun 2016 ini.

Baca juga: IndoKasih, Startup Online Kegiatan Donasi Pertama di Indonesia

Selain itu sebagai contoh sederhana, SaweranSosial juga berhasil menyelesaikan proyek bertajuk “Bantu Anak Yatim Sunat” yang berhasil mengumpulkan pendanaan lebih dari 7 juta (melebihi target yakni 5 juta) untuk membantu beberapa anak yatim yang berada di kawasan Flores, untuk bisa melakukan khitan. Selain itu tentunya, masih banyak proyek sosial kemanusiaan lain yang bisa diajukan pendanaan agar segera bisa dilaksanakan.

Di sisi lain, bagi rekan-rekan yang ingin menjadi donatur juga bisa dengan mudah menyalurkan bantuannya dengan mengikuti panduan lengkap di situs SaweranSosial.com.

“Saat melihat ke bawah kita dapat mengerti penderitaan orang lain, dan dengan membantu kita dapat menjadi bagian dari kehidupan yang lebih baik.”

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan