IndoKasih, Startup Online Kegiatan Donasi Pertama di Indonesia

IndoKasih-Startup-Online-Kegiatan-Donasi-Indonesia

Perkembangan teknologi memberikan kita banyak kemudahan hidup. Mencari informasi, berkirim surat, menjalin komunikasi dan memasarkan bisnis adalah beberapa hal yang mudah dilakukan dengan bantuan #teknologi. Meski menjadi salah satu bagian dari masyarakat modern masa kini, kita tentu tidak boleh melupakan salah satu kegiatan yang berguna bagi orang lain di sekitar kita, yakni beramal.

Melalui kecanggihan teknologi, beramal atau memberikan donasi semakin mudah untuk dilakukan. Tanpa harus mengunjungi panti asuhan, panti jompo atau yayasan sosial lainnya, donasi bisa kita lakukan melalui IndoKasih, startup online pertama yang memfasilitasi kegiatan donasi di Indonesia.

Tentang IndoKasih

IndoKasih.com adalah sebuah #startup donasi online yang bertujuan untuk memfasilitasi para penggunanya untuk melakukan atau menggalang donasi secara online. IndoKasih didirikan oleh beberapa founder yaitu Adam d’Archi, Wilson Yanaprasetya, Theodora Sunarli, Nayoko Kho dan Arne van Looveren.

Pihak penggalang dana yang ingin memanfaatkan fasilitas IndoKasih dapat mencantumkan beberapa informasi mengenai proyek penggalangan dana, alasan diadakannya proyek, target pendanaan dan yayasan yang ditunjuk sebagai fasilitator penerimaan dana. Disamping itu, informasi kegiatan penggalangan dana juga bisa dibagikan melalui beberapa #media sosial seperti Facebook dan Twitter. Cara ini diharapkan dapat menjangkau donatur secara maksimal melalui pemanfaatan berbagai media sosial.

Artikel lain: Tips Untuk Memajukan Startup Pada Situasi Yang Sulit

Berbagai Tantangan Seru Dari Para Penggalang Dana

Para penggalang dana yang ingin menggunakan fasilitas yang disediakan IndoKasih dapat melakukan berbagai tantangan seperti tantangan untuk event jalan sehat, kegiatan lari pagi, aksi berhenti merokok atau berbagai kegiatan lainnya. Penyelenggaraan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan usaha konkret untuk melakukan penggalangan dana.

Tak hanya kalangan individu yang bisa melakukan penggalangan dana, karena pihak perusahaan juga bisa menggalang dana dan menunjuk yayasan yang ingin didanai. Pihak perusahaan dapat menantang para karyawannya untuk ikut berpartisipasi dalam program donasi tersebut.

Memberikan Donasi Melalui IndoKasih

Mekanisme pemberian donasi melalui IndoKasih dapat dilakukan secara cepat dan praktis. Kita tinggal meng-klik tombol “klik disini untuk donasi” pada halaman penggalangan dana. Langkah selanjutnya, IndoKasih akan meminta informasi mengenai jenis pembayaran (melalui kartu ATM atau kartu kredit), jumlah donasi, pesan yang ingin disampaikan serta pilihan anonimous (donasi tanpa nama).

Setelah berhasil memberikan donasi, IndoKasih akan memberikan tanda terima donasi berupa receipt via email atau media sosial. Tak hanya itu, donasi yang diberikan akan ditampilkan pada halaman penggalangan dana dan tim penggalang dana akan memperoleh notifikasi setiap kali terdapat donasi baru yang masuk ke akun penggalang dana tersebut.

Perkembangan dan Proses Inovasi IndoKasih

Hingga periode November 2014, IndoKasih masih beroperasi dengan konsep bootstrap, atau pendanaan dan operasional berasal dari dana pribadi para founder-nya. Sementara mengenai monetisasi, pihak IndoKasih hanya memperoleh komisi sebesar 5% dari setiap proyek penggalangan dana yang dilakukan. Besaran komisi tersebut biasanya digunakan untuk mendukung kegiatan operasional startup IndoKasih.

Hingga penghujung tahun 2014 ini, IndoKasih sudah memiliki sekitar 350 pengguna yang membuat halaman pengalaman dana melalui situsnya. Sementara pengguna aktif yang terdaftar jumlahnya telah lebih dari 1.000 orang. IndoKasih juga sudah menjalin kerjasama dengan beberapa yayasan seperti Indonesia Mengajar, PMI, WWF dan Care4Kids. Walaupun bekerjasama dengan beberapa yayasan, IndoKasih juga memungkinkan para penggunanya untuk menunjuk yayasan lain yang belum bekerjasama dengan IndoKasih.




Menurut tim IndoKasih, hingga akhir tahun 2014 ini IndoKasih belum memiliki kompetitor yang bersifat head to head. Kendati demikian, beberapa website crowdfunding seperti KitaBisa atau AyoPeduli juga bisa berpotensi menjadi pesaing bagi startup IndoKasih.

Baca juga: Posisi Penting yg Mendukung Perkembangan Sebuah Startup

Saat kita memanfaatkan fasilitas donasi yang disediakan oleh IndoKasih, berarti kita sudah memanfaatkan teknologi untuk melakukan kegiatan kemanusiaan yang begitu berarti dan berguna bagi orang lain. Karena teknologi tak hanya bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi atau berkomunikasi, melainkan bisa dimanfaatkan untuk membantu mewujudkan hidup yang lebih layak bagi banyak orang.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud