Saatnya Mengenal dan Memasuki Era Internet Visual

Image dari Synexe-blog.com

Image dari Synexe-blog.com

Saat ini mana ada masyarakat kalangan menengah ke atas yang saat ini tidak memiliki #smartphone?

Tampaknya smartphone memang sudah menjelma menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan kita. Kehadiran smartphone yang dilengkapi dengan fitur kamera yang canggih juga turut membantu kita mengabadikan momen-momen berharga atau obyek foto istimewa melalui jepretan foto.

Kebanggaan dan kepuasan yang kita dapatkan saat mengoleksi jepretan foto kian didukung oleh perkembangan internet. #Internet membantu kita untuk membagikan ungkapan perasaan dan momen berharga kepada banyak orang. Hingga akhirnya muncul istilah internet visual untuk mendeskripsikan era modern yang saat ini sedang kita jalani.

Latar Belakang Era Internet Visual

Di usianya yang mencapai 25 tahun, internet sudah memiliki lebih dari 1 milyar situs yang saling terhubung satu sama lain. Jumlah situs tersebut ternyata masih kalah fantastis dengan 4.6 triliun foto yang ada di internet selama beberapa tahun terakhir. Foto-foto yang diunggah atau diunduh di internet merupakan ekspresi dari perasaan, pendapat, maupun kreativitas dari para pemiliknya.

Begitu banyaknya jumlah foto yang ada di internet sehingga kita bisa menyebutnya sebagai era internet visual. Era internet visual bisa diartikan sebagai konsep yang berbeda dengan konsep internet secara umum. Lebih tepatnya, saat ini mulai terjadi pergeseran tren, di mana konten visual yang dibagikan di internet dirasa lebih menarik efektif untuk menyampaikan sebuah makna atau pesan tertentu.

Artikel lain: Mengenal Sejarah Perkembangan Internet

Antara kita dan orang lain bisa menghasilkan penafsiran yang berbeda saat melihat suatu konten visual di internet. Yang pasti ada banyak informasi yang bisa kita dapatkan melalui unggahan konten visual yang kita temukan di internet, dan inilah bukti bahwa era internet visual telah dimulai.

Tantangan Bagi Perkembangan Internet Visual

Internet visual telah berkembang secara drastis karena dukungan dari perangkat #teknologi yang sangat canggih. Kita bisa menemukan berbagai foto atau konten visual lainnya secara bebas di internet. Demi mengatur era internet visual di masa modern ini tentu saja kita memerlukan interface yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Keberadaan interface yang mampu memberikan konten visual juga harus memperhatikan hak cipta akan konten visual tersebut. Sebab penyalahgunaan konten visual bisa memberikan kesempatan bagi perilaku plagiat yang tidak bertanggungjawab. Harus ada batasan yang jelas mengenai konten visual yang bisa digunakan secara umum maupun dengan izin tertentu. Jangan sampai ada pihak yang dirugikan di era internet visual yang serba bebas saat ini.

Betapa menyenangkannya kalau karya atau jepretan foto kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Namun tentunya manfaat tersebut harus mampu memberikan apresiasi bagi sang pemilik konten.




Era Internet Visual Membuka Peluang Bagi Media Sosial

Tidak sekadar memudahkan para pengguna internet untuk mengakses dan mendapatkan sebuah informasi, era internet visual juga membuka peluang bagi #media sosial berbasis konten visual. Lihat saja perkembangan Instagram dan Pinterest sebagai salah satu media sosial yang paling digandrungi pengguna internet.

Instagram dan Pinterest selalu melakukan eksplorasi dan pengembangan fitur guna memenuhi kebutuhan para penggunanya. Jutaan foto setiap harinya dibagikan melalui Instagram dan Pinterest sebagai salah satu media untuk berbagi informasi. Sebagai media sosial sekaligus sarana hiburan, Instagram dan interest didukung oleh kekuatan era internet visual yang sangat besar. Ketertarikan para pengguna internet terhadap konten berformat visual menjadi alasan untuk selalu penasaran dengan inovasi dari kedua media sosial tersebut.

Seni dan teknologi memang bisa diibaratkan sebagai sepasang mata pada satu tubuh. Mengelola seni dan teknologi secara efisien dan efektif akan menjadi hal yang mendukung perkembangan peradaban teknologi maupun ilmu pengetahuan.

Baca juga: Perkembangan Kecepatan Akses Internet di Indonesia

Melalui konten visual yang berkualitas, interpretasi produk-produk teknologi di masa depan dapat diperkenalkan dengan baik kepada para pengguna teknologi. Era internet visual telah memberikan banyak keuntungan bagi pengguna internet serta membuka kesempatan dan potensi yang lebih luas lagi.

Tugas kita di era internet visual adalah menjadikan era ini sebagai bahan pembelajaran yang berharga. Cerdas menggunakan internet membuat kita bisa memperoleh banyak manfaat sekaligus potensi yang mungkin sebelumnya belum pernah terfikirkan. Be Inspired!



1 comment on this postSubmit yours
  1. kabar nya next Samsung mau pakai cara gitu tuh

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud