Mengenal Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah-Perkembangan-Internet

Perkembangan teknologi dan kecanggihan integrasi jaringan telah membuat #internet menjadi salah satu bagian penting dari kehidupan masyarakat dunia. Hal ini sepertinya bukan sebuah pernyataan yang berlebihan. Tengok saja betapa besarnya manfaat internet yang dirasakan oleh sebagian besar masyarakat kalangan menengah ke atas yang banyak memanfaatkan internet dalam aktivitas sehari-hari.

Tak ada hari yang dilewati tanpa menggenggam #smartphone di tangan, tanpa menggunakan fasilitas browser di laptop serta tanpa aktivitas bisnis lainnya yang membutuhkan integrasi jaringan internet. Internet bukan saja menjadi hak monopoli bagi kalangan eksekutif, namun sudah merambah dan mempengaruhi kepentingan masyarakat dari berbagai kalangan.




Apakah Anda sudah mengetahui sejarah perkembangan internet? Pasti banyak dari Anda yang belum mengetahui sejarah awal perkembangan internet hingga menjadi sistem teknologi raksasa seperti sekarang ini. Untuk itu mari luangkan sedikit waktu senggang anda untuk membaca ulasan mengenai sejarah perkembangan internet di dunia dan di Indonesia.

Artikel lain: Leonard Kleinrock ~ Tokoh Dunia Teknologi Penemu Internet

Dari Mana Internet Berasal?

Cikal bakal internet modern berasal dari jaringan komputer yang dibentuk oleh departemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Proyek jaringan komputer milik Amerika Serikat itu disebut  ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). ARPANET dibuat untuk kepentingan militer dengan tujuan mengatasi masalah serangan nuklir dan mempercepat penyebaran informasi militer. Prinsip kerja ARPANET adalah menghubungkan beberapa software dan hardware komputer berbasis UNIX agar bisa melakukan komunikasi dalam jarak tertentu melalui saluran telepon.

Perkembangan pesat ARPANET membuat sistem ini diperkenalkan secara umum pada tahun 1972. ARPANET kemudian dibagi menjadi dua kelompok yakni MILNET untuk kepentingan militer dan ARPANET baru untuk kepentingan lainnya seperti sarana komunikasi di beberapa universitas. Gabungan dari kedua jenis jaringan tersebut adalah DARPA internet yang kini lebih populer dengan sebutan internet.

Internet masa kini sudah jauh lebih canggih dan dapat menjadi sarana komunikasi yang menghubungkan masyarakat dari belahan dunia mana pun. Sebuah teknologi besar yang lahir dari kepentingan akan sarana komunikasi militer akhirnya menjadi salah satu sarana yang menunjang komunikasi dan berbagai aktivitas masyarakat dunia.




Internet mempermudah seseorang untuk mengakses informasi dalam beragam bentuk seperti tulisan, gambar, suara, file audio visual atau bentuk informasi lainnya. Lalu bagaimana perkembangan internet sejak pertama kali masuk ke Indonesia?

Artikel lain: 7 Tokoh Inisiator Kemajuan Teknologi Internet

Masa “Pra-sejarah” Internet di Indonesia

Hingga tahun 1985, upaya untuk membangun jaringan komputer dengan koneksi internet sudah mulai dilakukan di sekitar Eropa. Kala itu Eropa membuat EuropaNET dan EBONE sebagai sistem yang mengintegrasikan jaringan komputer berteknologi internet di kawasan Eropa. Perkembangan teknologi ini kemudian diikuti oleh sejumlah negara-negara kawasan Asia seperti Jepang, Cina, Korea dan India. Pada akhir dekade 80-an untuk pertama kalinya teknologi internet menjangkau kawasan negara Indonesia.

Pada awal perkembangannya di Indonesia, internet baru mencakup kegiatan yang bersifat hobi dan non-komersial. Pada awal tahun 1990-an hanya komunitas akademisi, mahasiswa serta ahli telekomunikasi saja yang menjadi segmentasi pengguna internet. Meski demikian, pembangunan infrakstruktur untuk menyambut teknologi internet tetap dilakukan secara gencar dan teliti.

Selanjutnya muncullah IndoNET sebagai salah satu Internet Service Provider (ISP) pertama di Indonesia yang menyediakan layanan jaringan internet. Momen tersebut merupakan salah satu momen berharga yang menorehkan sejarah baru dalam bidang penggunaan Internet di Indonesia.

Internet Indonesia di Masa Kini

Di masa kini, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna internet terbesardi kawasan Asia. Gaya hidup masyarakat mulai bergeser dan memanfaatkan sejumlah fasilitas yang disediakan internet. Semua kalangan umur mulai dari anak kecil hingga orang-orang tua tak mau ketinggalan dalam memanfaatkan keberadaan jaringan internet. Bahkan sejumlah lembagaakademis pun turut membuat sistem teknologi baru yang mendukung proses pembelajaran agar tak kalah dengan pengaruh internet sebagai media hiburan.

Perkembangan internet di Indonesia juga turut membawa angin segar bagi perkembangan ISP. Sejumlah provider berlomba-lomba menarik perhatian para pengguna internet dengan menjanjikan tarif murah dan kecepatan koneksi yang prima.

Baca juga: Jimmy Wales – Pendiri Wikipedia, Situs Referensi Terbesar Di Dunia

Internet memang telah menjadi fasilitas yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Namun perlu diingat bahwa hubungan sosial antar manusia tetap tak dapat ditandingi dengan kehebatan internet. Sebab manusia tidak dapat hidup sebagai internet geek yang anti-sosial dan hanya hidup mengandalkan kecanggihan internet.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. terima kasih atas informasinya,terhadap internet

  2. Seiring berjalanya waktu internet semakin berkembang, kita juga jangan pernah mau ketinggalan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud